Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

14 April 2013

, , , , ,

Seven Before You Go

Share


Dengan intensitas bepergian yang cukup tinggi, biasanya beberapa teman bertanya kepada saya mengenai kebiasaan saya packing ataupun persiapan sebelum berangkat traveling.

Jujur saja meski sudah cukup sering bepergian, terkadang masih ada beberapa hal yang terlewati dan baru disadari setelah sampai di lokasi tujuan. Inilah pentingnya persiapan sebelum bepergian.

Saya merunut tujuh hal setidaknya yang perlu dipersiapkan sebelum traveling.
  • Selesaikan pekerjaan. Ini biasanya selalu saya cek terlebih dahulu, apakah ada deadline pekerjaan yang belum selesai, listing pekerjaan yang harus dilakukan dalam jangka waktu hingga saat kita bepergian. Jika deadline pekerjaan jatuh di hari di saat kita traveling lebih baik diselesaikan lebih dahulu sebelum pergi, jadi saat traveling tidak perlu terbebani dengan “hutang” pekerjaan lagi.
  • Tiket dan booking hotel. Biasanya ini selalu saya persiapkan, jangan sampai sudah di bandara ternyata lupa membawa kode booking atau tiket dan kemudian panik menelpon orang di rumah untuk memberitahu kode booking, atau panik scrolling email untuk mencari kode booking. Lupa hal seperti ini akan sangat merepotkan, terutama saat anda datang ke bandara di waktu yang cukup pas pas an dengan waktu maksimal check in. Sementara, untuk booking hotel perlu dipersiapkan karena dengan booking hotel kita akan sangat menghemat waktu dibanding mencari hotel saat sudah sampai di lokasi tujuan, apalagi kalau ternyata high season dan banyak hotel yang penuh.
  • Uang cash, ini penting jika ke lokasi yang terbatas mesin atm, atau jika keluar negri, siapkan sedikit uang dalam mata uang setempat, untuk naik kendaraan umum dan kemudian menukar di money changer di luar bandara, karena seringkali money changer di bandara memotong lebih banyak saat penukaran.
  • Listing tujuan perjananan, bagi sebagian orang yang senang spontanitas dan traveling sendiri, menentukan listing tujuan perjalanan menjadi kurang penting. Bagi saya, tidak perlu itinerary lengkap, yang penting ada gambaran di hari pertama ke lokasi A, B atau C, hari kedua ke lokasi lain dan seterusnya. Meskipun misalnya berubah tujuannya secara spontan, dengan mengetahui atau memiliki listing tujuan perjalanan akan menghemat waktu. Bayangkan, jika dibanding satu jam anda mesti mencari informasi pilihan tujuan, akan lebih menyenangkan jika satu jam itu menjadi waktu berjalan jalan di satu lokasi wisata.
  • Traveling selalu lebih menyenangkan dengan teman. Jika anda traveling sendirian, coba cari informasi apakah di lokasi tujuan ada kenalan yang bisa bertemu dan menemani anda berkeliling, selain temu kangen anda juga dapat semacam tour guide gratis yang pastinya menyenangkan.
  • Alat alat aktivitas saat traveling penting dipersiapkan, misalnya jika anda sudah punya google atau masker dan snorkel untuk snorkeling maka sebaiknya bawa punya anda sendiri. Selain lebih nyaman menggunakan barang sendiri, ini juga akan menghemat uang, jika menyewa masker 50 ribu per hari, dengan bawa sendiri anda bisa menggunakan uang ini untuk hal lain. Begitu pula dengan sunblock, beberapa kali saya terpaksa beli sunblock baru karena ketinggalan, padahal satu botol sunblock cukup lama habisnya. Buat list barang barang utama yang dapat dibawa dan mengurangi beban biaya saat traveling.

  • Obat obatan. Kadangkala kita mesti bepergian ke lokasi yang jauh dari Rumah Sakit dan apotek dan saat sakit akhirnya mencari obat menjadi hal yang sangat sulit dan melelahkan. Persiapkan obat obat dasar, seperti obat sakit kepala, obat demam, obat batuk seperti Komix dalam bentuk tube yang mudah dibawa karena kecil bentuknya, obat masuk angin, atau obat obat khusus jika anda punya penyakit yang memerlukan obat dengan resep dokter. Seperti pepatah mengatakan, sedia payung sebelum hujan, meski tentu saja kita berharap cuaca tetap cerah saat kita traveling :)
Tujuh hal di atas tadi bisa jadi gambaran apa yang sebaiknya kita perhatikan sebelum traveling, tentunya di luar packing, persiapan dana dan kamera untuk mengabadikan aktivitas seru saat traveling. Have fun, enjoy life, work hard and travel harder!

@marischkaprue – travel junkie

2 comments:

microlite mengatakan...

nice article gan jalan - jalan mulu deh hehehe

Anonim mengatakan...

ngeliat foto nya jadi keinget ama situss ini chek this out

https://01cc1bb7-a-62cb3a1a-s-sites.googlegroups.com/site/abetamatganteng/bleac/jusyt.swf
miripkan