Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

17 Mei 2015

, , , , , , , ,

Flyboarding: Fly Fly Fly Like Iron Man!

Share


Sebelum benar-benar mencoba flyboarding, saya sudah sering melihat foto dan video aksi watersport ini di Instagram penggila extreme sport yang saya follow dan melihat betapa "genic" dan kerennya flyboarding, sudah sejak lama pula saya ingin mencobanya.


Flyboarding was one of some extreme sport that I used to see the photos and videos in Instagram. I saw it so genic and cool that I kept telling myself one day I have to try it.
 

Saat tahu bahwa sudah ada penyedia flyboarding experiece untuk umum di Indonesia, saya sangat senang dan sangat excited saat ada kesempatan mencoba "terbang" di air ini.


Knowing that flyboarding experience for public was available in Indonesia got me so happy and excited. Can’t wait to try flying on the water!

Tools check before flyboarding
Flyboard atau Personal Water Craft (PWC) adalah perangkat yang memungkinkan penggunanya untuk bergerak ke berbagai arah dengan tekanan air dari water jet yang terhubung dari jetski ke flyboard melalui selang khusus. Tekanan air ini memungkinkan kita meluncur tinggi hingga 15 meter (tentunya khusus untuk yang sudah mahir bermain flyboarding).

Flyboard or Personal Water Craft (PWC) is a device we use to move in any direction by the water pressure from water jet which connected from jetski to flyboard by the special hose. This water pressure got us to lift up till 15 meter (only for those with an advanced level in flyboarding).
Balancing just to stand is a hard work at the beginning

This is right before I fell :)
Sejak pertama kali melihat watersport ini, saya yakin flyboarding tidak mudah dan ternyata saat mencobanya, dugaan saya benar. Pertama-tama instruktur akan membantu memasangkan flyboard yang berbentuk seperti sepatu boots yang menempel di pelat yang terhubung dengan selang panjang. Nah dari selang inilah tekanan air akan mengangkat kita ke udara.


I never said that flyboarding was such an easy watersport, and I knew it right even in my first trial. First of all, the instructor will help to put on the boots-shaped flyboard which stick in the plate connected to the long hose. Then, this hose would release the water pressure for lifting us up to the sky.
Marshall is a fast learner!
Up up to the sky!
Hal tersulit saat pertama kali mencoba flyboarding adalah berdiri. Yes, untuk berdiri kita harus memposisikan kaki sedemikian rupa agar flyboard lurus menghadap ke bawah dan tekanan air akhirnya mendorong kita ke atas. Kemudian itu belum cukup, setelah berdiri kita harus bisa mengatur keseimbangan agar tidak segera terjatuh.

A simply standing was the hardest thing to in your first flyboading experience. Yes, for just having a standing position, we needed to manage our feet so flyboard will go down-straight and the water pressure soon lift up our body. It didn’t stop there, we had to keep the balance in order to avoid getting fall.
Carefully adjusting balance
While Marshall already in action
"Kaki lurus," ujar instruktur saya berteriak memberi arahan pada saya yang berulang kali terjatuh hanya beberapa detik setelah sukses berdiri. Saat awal posisi kaki harus lurus dan saya harus mengatur keseimbangan, setelah bisa berdiri barulah saya mencoba untuk bergerak sedikit demi sedikit dengan menggerakkan dan membelokkan kaki pelan-pelan.


“Legs straight!” my instructor was shouting at me, who kept falling after standing for only few seconds. At first, the legs should be in straight position, adjust the balance to stand still. Soon after, we could try to move our body and bend the legs slowly.

Managed to control my balance and it feels so good!
Then selfie!
Sensasi bermain flyboarding sangat seru, awal-awal instruktur hanya akan mengatur tekanan air untuk mengangkat tubuh kita sekitar 1-2 meter saja. Kemudian saat kita sudah lebih dapat mengatur keseimbangan, tekanan air akan ditambah sehingga kita terangkat 3-5 meter, sangat seru melihat dan merasakan melayang tinggi di air!


Flyboarding was really exciting. The instructor would start setting the water pressure for about 1-2 meters high. After getting capable in adjusting the balance, the water pressure would be increased so that we could up 3-5 meters high. “Flying” on the water was extremely fun!
 

So many cool actions
Saya masih benar-benar pemula dan baru dapat berdiri dan bergerak sedikit-sedikit namun itupun sudah sangat seru. Saat kami istirahat, salah satu instruktur kami, Bayu memperlihatkan keahliannya bermain flyboarding. Bayu dapat "terbang" sangat tinggi, backroll dan kemudian langsung meluncur ke atas lagi, terjun dan langsung membumbung naik lagi seperti lumba-lumba, sangat seru dan benar-benar seperti Iron Man!

As a newbie, it’s already satisfied me to stand and make a slight move on the flyboard. During the break, our instructor, Bayu, showed us (a bit) of his flyboarding skill. He could “fly” so high, do backroll, and glide back to the sky, jump down, and suddenly going up like a dolphin. It’s like seeing an Iron Man in action. 

A bit of selfie while flyboarding won't hurt us ;)

Went flyboarding with these guys, they're surely a better flyboarder than me :)
Skill flyboarding saya sangat jauh dari Iron Man, mungkin masih kategori magang (haha!) dan perlu berlatih dan berlatih lagi. I'm surely gonna try and practise "flying" again. This is also (surely) a thing you must try!

My flyboarding skill was almost nothing compared to Iron Man, let’s say I’m just an apprentice (haha!) who has to keep practice. I’m surely gonna try and practice “flying” again. This is also (surely) a thing you must try!
@marischkaprue - wants to fly like Iron Man and dive like a dolphin

Photos by Ferry Rusli & me 

NOTES:
  • Flyboarding kini ada di Tanjung Benoa, Bali (Pandawa Marine Adventures). Biaya untuk mencoba flyboarding adalah Rp. 800.000,- per sesi (15 menit, terdengar sebentar namun di awal-awal kita akan lelah juga setelah 15 menit dan umumnya tidak bisa berlama-lama karena kaki sudah tidak kuat untuk berdiri di flyboard lagi).
  • Flyboarding is now available in Tanjung Benoa, Bali (Pandawa Marine Adventures). It costs Rp 800.000,- per session (15 minutes, sounds too short but actually it will get us tired after the first 15 mins because our legs cannot stand any longer on the flyboard).
  • Tidak perlu booking untuk flyboard, namun jika datang dengan group cek availability di 082226667339.
  • No need for advance booking, but in case you are on group, check the availability at 082226667339
  • Don't worry kalau terjatuh, anda akan instantly muncul ke permukaan lagi karena kita akan menggunakan vest pelampung saat flyboarding :)
  • Don't worry to get fall, you are gonna come up instantly since you will use life-vest in playing flyboarding 
Here's the map to the water-sport area:

4 comments:

Unknown mengatakan...

serunyaaa Kak Prue!! Kudu ngumpulin keberanian dulu nih untuk nyobain.

fabeilo mengatakan...

...flyboardernya gak ngatur apa2 ya, gak ada pedal atau apa buat ngatur tekanannya? yang ngatur yang di jetski / boat ya?...

Unknown mengatakan...

Aish kok gw ngilu2 nyungsep hahaha tapi alamak itu knp mahal kali sampai 800 ribu cuman 15 menit. Tak sanggup lah aku nich #melipir

Sulung Siti Hanum mengatakan...

Seru banget sih Flyboarding. kapan-kapan coba ah...