Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

29 Mei 2017

, , , , , , , , , ,

MISTIQUE SUNRISE AT PANGUK PEAK, DLINGO, YOGYAKARTA

Share


Usually I'm not a sunrise person. Beside the idea of waking up so early in the middle of the dark, I find sunset provide similar tones and less-effort. But IN this place, it's a definitely a GO-FOR-SUNRISE

WHY? OH WELL, HERE'S WHY

THOSE FOGS ONLY CAME IN THE EARLY MORNING



Yes, kabut indah yang menutupi lembah yang dikelilingi kehijauan di Kediwung, Dlingo, Bantul, DIY ini tidak selalu ada. Kabut tebal meliputi lembah yang terlihat jelas dari Puncak Panguk ini terlihat sejak kilasan cahaya sebelum matahari terbit dan akan menghilang pelan-pelan setelah suhu udara dan tanah menghangat dan membuat partikel kabut menguap. Setelah jam 7 pagi, kabut sudah mulai menipis dan menghilang, so make sure you arrived here before sunrise.

FEELS LIKE ABOVE THE CLOUDS (It's actually fog, but who cares?)



Saya ingat pemandangan serupa seperti ini saya dapatkan saat mendaki Gunung Rinjani. Di Plawangan Sembalun kami bisa mendapatkan view di atas awan, namun tentunya setelah mendaki bukit penyesalan (jangan tanya kenapa namanya penyesalan, cobain aja, dijamin **ga bakal** nyesel). Nah, view serupa ini sangat mudah didapatkan di Puncak Panguk, dan tidak perlu effort trekking. Saya yang sebelumnya sudah memperkirakan akan perlu jalan kaki sekitar 30 menit, ternyata titik-titik pandang ini hanya sekitaran 5 menit berjalan kaki saja dari parkiran mobil, so easy, or too easy? hehe.

Kabut mulai menipis
Still beautiful though, even without the fog
Namun, berbeda dengan Plawangan Sembalun, "gumpalan awan" ini adalah kabut yang akan menghilang sejalan dengan naiknya suhu udara dan tanah. So, no effort means less time to enjoy, but anyway, if you're here before sunrise, surely enough time to feel the magnificent mood!

GOLDEN LIGHTS SHOWERING THE FOGS, ECSTATIC VISUAL GALORE


I remember arrived at dark (but with a bit of light before sunrise), kami sudah dapat melihat hamparan kabut di kegelapan. It was amazing since the beginning, dan saat matahari perlahan muncul, THAT WAS THE GOLDEN MOMENT! matahari muncul perlahan dari balik bukit, memberi warna keemasan di ufuk timur, dan melukis apapun yang kita lihat dengan warna kuning keemasan, surely a nice-nice-nice moment, I wish I bring my hot coffee here, sipping coffe during sunrise here would be PURR-FECT-O!

REFRESH AND GREAT WAY TO START THE DAY


Meskipun saya bilang saya bukan orang yang suka sunrise (I just hate waking up in the middle of the dark), namun menikmati matahari terbit di Puncak Panguk sangat menyenangkan. Ada energi baik yang meliputi usai kami menikmati sunrise, sepertinya alam memberikan energi dan berpadu dengan perasaan positif kami saat melihat sunrise. A good day indeed, start with a good beginning.

So if you're visiting Yogyakarta, spare a day where you would want to wake up so early, and come here to Dlingo, feel what I feel..

@marischkaprue - (sometimes) wake up to see sunrise and she'll have a nap before sunset.

NOTES

PUNCAK PANGUK (PANGUK PEAK)
KEDIWUNG, MANGUNAN
DLINGO
YOGYAKARTA

GETTING THERE:
Dari arah Jalan Parangtritis, mengarah ke Kebun Buah Mangunan (most driver know where it is)
Di jalan terdapat banyak papan petunjuk ke arah Kediwung, ikuti petunjuk yang tersedia di setiap belokan/ pertigaan etc, it's easy!
Dari parkiran mobil hanya 5 menit berjalan kaki ke titik-titik pandang

TO KNOW
This place is really crowded during weekend/ holidays sehingga perlu mengantri untuk berfoto di berbagai platform pandang yang ada (di beberapa platform kita perlu membayar Rp. 3000,- per orang), dan bahkan saat sangat penuh dan antrian sangat panjang, you only have around 3-5 minutes to only take photos (crazy, but no choose during peak days/ season).
SO BETTER TO SPARE A DAY DURING WEEKDAYS
Saya datang saat hari Senin subuh, hanya ada beberapa orang saja saat kami datang, tidak ada antrian, bergantian platform saja dan kami bisa nongkrong di berbagai platform sepuasnya, foto-foto sepuasnya juga, no queing, no waiting, no very-short-time in the platform. Area ini akan semakin ramai setelah jam 6.30 am (I guess many people wake up later so they arrived after sunrise), so make sure you came early!

CAREFUL
Walaupun platform-platform yang ada sangat aman dan kokoh, you don't wanna risk your life by jumping on the tip of it, atau berdiri di ujung pagar (it's okay if you're really sure about your balace, but it surely not worth your life).

ENJOY * RESPECT NATURE * FEEL THE VIBES
NAMASTE

***

5 comments:

Nasirullah Sitam mengatakan...

Sepanjag perbukitan Mangunan sebenarnya mempunyai daya tarik sama. Kabut seperti kapas kala pagi. Dan Panguk mengjadi salah atu spot terbaik selain Kebun Buag Mangunan. Sebenarnya masih ada spot lain seperti Jurang Tembelan dan Bukit Mojo :-)

Ferdy Ceplok mengatakan...

Nice Review...It's a Beautiful Moment

Dian Juarsa mengatakan...

Aaahhhh kerrn bgt fotonya. Emang selalu kece kalau foto saat sunrise

erlina mengatakan...

main main ke website kita yah gan...
VBANDAR

Paket Wisata Jogja mengatakan...

Nice picture review...It's a Beautiful Moment

Main ke jogja lagi :)