Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

8 September 2020

, , , , ,

RELAXING GREEN DAY AT KEBUN RAYA CIBODAS

Share


Mencari area di Jabodetabek dan sekitarnya jadi kebiasaan baru saya dan Chantal, mencari lokasi untuk refreshing sejenak yang jauh dari keramaian dan tentunya bisa berjarak agar tenang di masa pandemi ini.


Sebulan sebelumnya, saya melihat postingan teman saya, Atre, yang sedang bersantai di bawah pohon dengan pemandangan hamparan kehijauan. Ternyata Atre dan temannya menikmati berkeliling dan bersantai di Kebun Raya Cibodas, area sekitar 85 hektar ini yang ada di Kabupaten Cianjur.


Saya dan Chantal berangkat jam 7 pagi dan perlu waktu sekitar 1,5 jam dari area Jakarta Selatan menuju Kebun Raya Cibodas. Kami tiba di pagi hari sehingga area kebun raya ini masih sepi.





Ada banyak area yang bisa dinikmati di Kebun Raya Cibodas, namun kami mampir ke Taman Sakura terlebih dahulu. Sesuai namanya, di area ini terdapat pohon dengan bunga yang mirip sakura di Jepang. Sayangnya saat kami datang, hanya sedikit bunga yang sedang mekar. Area Taman Sakura ini mengingatkan saya pada taman-taman di Jepang, dengan sungai kecil dan bebatuan, jembatan dan pepohonan serta pemandangan yang cantik. Jika berkunjung ke Kebun Raya Cibodas, sebaiknya mampir ke Taman Sakura terlebih dahulu karena taman ini sangat penuh di siang hingga sore hari.


Dari satu area ke area lain kita bisa berkeliling naik mobil pribadi, atau naik minibus terbuka yang disediakan oleh pengelola. Ada lebih dari 1200 jenis tanaman di Kebun Raya Cibodas yang tersebar di beberapa area. Saya dan Chantal baru datang ke beberapa sisi saja, kami sengaja “menyimpan” spot-spot lainnya untuk dinikmati jika kami mampir ke Kebun Raya Cibodas lagi.





Ada dua rumah kaca di kebun raya ini, yang besar adalah rumah kaca yang baru, sayangnya isinya masih kurang jelas dan tidak terlihat tertata baik, saya lebih suka isi dari rumah kaca yang lama, di mana kita bisa melihat banyak jenis kaktus.


Tentunya main ke Kebun Raya Cibodas kurang lengkap tanpa bersantai di alas piknik di tengah kehijauan. Kami makan siang di salah satu sisi dengan pemandangan bukit, sangat menyenangkan, apalagi suhu di Kebun Raya Cibodas sangat adem sehingga membuat kami betah bersantai lama di sini.




Bagi kami yang tinggal di gedung apartmen, menikmati hamparan kehijauan seperti ini di saat pandemi adalah “luxury,” tentunya one day kami akan kembali lagi menikmati Kebun Raya Cibodas.


@marischkaprue - green over blue for a while


NOTES


Kebun Raya Cibodas

Jl. Kebun Raya Cibodas

Cimacan, Kecamatan Cipanas

Cianjur, Jawa Barat


Harga tiket masuk:
Rp. 16.500/ orang


Buka pukul: 8 pagi hingga 5 sore

(last entry pukul 4 sore)


PS:

Saat ini direkomendasikan untuk datang di saat weekdays supaya sepi dan bisa berjarak, jangan lupa untuk menggunakan masker di lokasi yang ada orang lain dan sulit berjarak (misal: wc, tempat jualan makanan, etc)


***



1 comments:

Sintia Astarina mengatakan...

Kak Pruuuu, akhirnya ada tulisan lengkapnya soal Cibodas ini setelah aku pantengin IG-nya. Hihi. Terima kasih ulasannya. Btw, foto-fotonya kenapa cakep semua, sihh. Naksir banget!