Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

9 Februari 2012

, , ,

Mencari Ketenangan di sisi barat Bali.

Share


Damai dan tenang. Perasaan yang langsung anda dapatkan saat tiba di resort seluas hampir 400 hektar yang berada di sisi barat Bali. Perjalanan ke The Menjangan resort memang cukup melelahkan, siapkan waktu sekitar 5 hingga 6 jam untuk sampai ke resort dari Bandara Ngurah Rai. Namun semua itu tidak sia sia saat anda melihat hutan dengan pepohonan yang mulai mengering.




Saat saya datang di periode akhir tahun memang saat dimana tanaman mulai mengering. Namun ini justru memberikan suasana yang berbeda, dahan dahan yang berwarna coklat memberikan sensasi sedang mengarungi hutan di Afrika. Dan, jika anda datang usai musim penghujan, suasana di resort akan jauh berbeda dengan seluruh tanaman yang hijau.

Mari kita mulai dari "Dimana saya?"
Resort dimana saya mencari ketenangan adalah resort yang berada di area Taman Nasional Bali Barat. Jika area Taman Nasional berukuran sekitar 19.000 Hektar, resort ini mengambil area 400 Hektar, area yang cukup luas dan tidak habis untuk ditelusuri, membuat perjalanan dari satu area, misalnya dari restoran ke area lain memerlukan kendaraan yang tentunya disediakan pengelola resort. Kendaraan yang dimodifikasi ini sangat tepat untuk berkeliling. Saran saya, ambil kursi terbaik yaitu di atas agar anda benar benar merasa sedang bersafari di tengah rimba Afrika.

Area di resort dibagi menjadi beberapa bagian, anda bisa memilih tempat menginap yang sesuai kebutuhan dan budget tentunya. Yang cukup bersahabat adalah harga Monsoon Deluxe room, dengan ruangan yang belakangnya langsung menghadap hutan dan keluar kamar anda dapat langsung menemukan kolam renang dan whirl pool untuk bersantai. Ada 12 kamar yang disusun berhadapan, namun jangan khawatir privacy terganggu karena area disusun sedemikian rupa. Namun, jika anda mau pergi ke pantai harus menggunakan kendaraan karena Moonson Deluxe area berada di tengah hutan konservasi.



Bagi pecinta pantai seperti saya, tentu Beach Villa merupakan pilihan utama, karena anda dapat langsung melihat pantai begitu membuka pintu kaca yang ada di kamar. Seperti memiliki pantai pribadi sendiri, namun tentunya anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk menginap disini.

Pilihan lain bagi keluarga yang datang beramai ramai, ada The Menjangan Residence, dengan 3 kamar, kolam renang tersendiri, dan bangunan yang langsung menghadap laut dan benar benar berada di area tersendiri sehingga tepat untuk mengadakan pesta pribadi, atau liburan dengan keluarga dengan privasi yang tinggi.

Berikut daftar harga
Tipe Akomodasi
Jumlah Kamar
Harga Domestik per malam
Moonson Deluxe
1
Rp. 1.100.000 ++
Beach Villa
1
Rp. 1.950.000 ++
Residence
3
Rp. 3.950.000 ++

Saat memutuskan menikmati liburan di Menjangan, sebaiknya anda menyadari bahwa ini adalah lokasi untuk benar benar pergi dari hingar bingar. Anda tidak akan menemukan lokasi untuk berpesta, atau keramaian. Bahkan ada turis asing yang saat datang tidak menyangka akan tiba di lokasi yang benar benar jauh dari keramaian sehingga memutuskan untuk membatalkan reservasi dan kembali ke Kuta.



Sepi bukan berarti anda tidak dapat menikmati liburan yang menyenangkan. Ada berbagai pilihan aktivitas yang bisa anda nikmati, mulai dari mengamati burung di pagi hari sambil berjalan kaki menyusuri sebagian sisi Taman Nasional Bali Barat, bersepeda dan berkuda hingga ke garis pantai sambil menunggu matahari terbenam. Pemandangan indah yang pasti membuat anda terhenyak.




Penikmat suasana laut dapat menikmati berbagai pilihan aktivitas. Mulai dari snorkeling, dan bagi anda yang tidak bisa berenang, tenang saja, ada rompi penyelamat yang membantu anda mengambang di air, sambil tetap bisa melihat biota laut, berbagai karang dan ikan di laut Menjangan. Bagi yang malas basah bisa memilih kayaking, yaitu naik perahu sambil mengayuh dayung, jangan takut karena perahu ini sangat stabil dan tidak akan terbalik.



Namun, aktivitas terbaik disini tentunya adalah menyelam. Ada beberapa titik penyelaman di Menjangan. Saya memilih "sandy slopes" dan "garden eel." Titik penyelaman pertama, sesuai namanya, anda akan menemukan area yang jernih dengan berbagai biota laut, dimana pasir putih terlihat di dasar. Hanya di kedalaman hingga 12 meter anda sudah bisa melihat berbagai spesies menarik, misalnya scorpion fish, parrot fish dan berbagai ikan dengan warna warna cerah.



Sementara di titik selanjutnya anda akan melihat banyak belut laut yang tampak seperti batang batang kayu yang turun naik di liangnya masing masing. Di area ini juga banyak terdapat kuda laut, bahkan ada yang berukuran panjang yang disebut pipe horsesea.

Untuk menyelam tentunya anda harus mempersiapkan peralatan menyelam, lebih baik membawa alat alat dasar sendiri, karena sewa alat dihitung dengan rate dolar, yaitu 10 USD untuk fins, boots dan snorkel, serta 5 USD untuk sewa wetsuit.

Di luar semua aktivitas tadi, berkeliling di area hutan resort sendiri sudah merupakan pengalaman yang menyenangkan. Setiap berkeliling dengan kendaraan, saya selalu dapat melihat kumpulan kera dan bahkan kadang mereka berkumpul sangat banyak hingga puluhan ekor, selain itu juga ada berbagai spesies burung hingga ayam hutan yang sering melintas.




Namun, jangan lupa untuk datang ke area pantai dimana pada sore hari sejumlah rusa jenis menjangan datang ke pantai untuk mendapatkan rumput segar di area pantai. Bayangkan, anda bisa duduk di pantai sambil melihat beberapa menjangan melintas di depan anda. Saya bahkan mendekati mereka untuk memfoto, dan mereka cenderung terbiasa dengan kehadiran manusia meski tetap menjaga jarak.

Liburan ke resort di Menjangan adalah pilihan bagi anda yang ingin ketenangan dan menjauh dari hingar bingar. Nikmati pengalaman relaksasi di tengah hutan konservasi dan jangan lupa bawa kamera anda untuk mengabadikan momen menyenangkan tersebut.

Have fun, enjoy life, start traveling!


TIPS:
·      Siapkan dana lebih karena untuk setiap aktivitas anda harus membayar sesuai dengan rate yang berlaku, tanyakan semua harga sebelum reservasi dan sewa mobil untuk menjemput dari bandara ke resort.
·      Saat reservasi usahakan dapat harga paket karena dapat menekan budget, ada beberapa paket dengan harga Rp. 2.300.000,- untuk 3 malam.

Yang Perlu Dibawa:
·      Obat obatan pribadi karena jarak lokasi yang jauh dari apotik
·      Baju renang, peralatan menyelam dan sunblock
·      Kamera video karena seringkali kera berkumpul ramai ramai saat melintas dengan kendaraan dan tingkah laku mereka menarik untuk diamati.


informasi harga: www.themenjangan.com



8 comments:

Reno mengatakan...

kesana bisa pakai kendaraan roda 2?

wah harga kamarnya -_-!

SemSa mengatakan...

wah seru nih, oh iya apa bisa masuk Taman Nasional pakai motor?
ada opsi camping?

Bayu Probo mengatakan...

mantap

Muhammad Endi mengatakan...

wah, harga kamarnya baru gaji dua bulan ane :D

marischkaprudence mengatakan...

harus pakai mobil sepertinya karena jauh

Gandi mengatakan...

Mbaaaaakk,,, saya yang di Bali malah belum pernah ke tempat ini, >_<
Kalo ke Bali lagi, ajarin nulis mbak (kopdar sama blogger), hehe,,,

Sudah bisa ternyata komentarnya, :-D

Salam kenal, Denpasar...

marischkaprudence mengatakan...

hihi diriku yang mesti belajar nulis, masih blogger pemula banget, reply komen aja bru bisa bulan ini X) *gaptek blog*

mau dong kopdar ama blogger dsana, klo mau ke denpasar gw ksitau ya :D

Gandi mengatakan...

Hehe, dulu saya juga gitu, gak tau apa2.
Okee sip mbak, semoga terlaksana, :-D