Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

11 Oktober 2013

, , , , , ,

Travel: Size does Matter

Share
Salah satu hal yang paling bikin ribet saat traveling adalah barang bawaan. Yes, size does matter, dan saat traveling semakin minim dan kecil barang bawaan, mobilitas semakin mudah dan juga bisa mengurangi budget saat travel.

Trust me, you don't wanna bring too much luggage like this
Ada beberapa hal yang bisa diakali untuk mengurangi barang bawaan:

·        Untuk jangka waktu bepergian maksimal seminggu, cobalah untuk membawa barang bawaan dalam satu tas kecil yang masuk cabin. Ukuran standar tas yang dapat dibawa ke kabin menurut The International Air Transport Association (IATA) yaitu tinggi 56cm, tebal 25 cm dan lebar 45 cm.

Carry on luggage size, source: air france
Membawa koper dengan ukuran maksimal sebesar kabin sangat praktis, anda tidak perlu menunggu bagasi keluar di saat kedatangan dan untuk bepergian sangat simpel.

Simple!
·        Bawa baju atasan sesuai jumlah hari (jika maksimal seminggu), celana maksimal 2 (atau rok),  baju tidur cukup 2 (kecuali jika penginapan tidak AC sehingga cenderung berkeringat saat tidur). Untuk pakaian dalam bisa dikurangi dari jumlah hari karena bisa dicuci sendiri dan pakaian dalam bisa kering dalam 1-2 hari.

Bawa baju dengan cara dimasukkan ke dalam vacuum plastic bag, atau simply memasukkan baju ke dalam plastik dan kemudian ditutup dengan lakban sambil ditekan agar udara keluar, cara ini efektif mengurangi ukuran baju di dalam tas

·        Shrink all things that you bring, bukan bikin baju menyusut, namun ada beberapa barang yang bisa dibawa dalam ukuran kecil, misalnya sabun, shampoo dan keperluan mandi lainnya. Bawa dalam ukuran travel, biasanya hotel menyediakan keperluan mandi ini dan jika masih sisa anda bisa membawa untuk jadi kemasan shampoo atau sabun untuk trip berikutnya

·        Bawa gadget ukuran kecil saja, kecuali jika anda professional photographer yang memang perlu membawa DSLR, sekarang banyak pilihan kamera mirrorless yang ukurannya kecil dan chargernya pun sudah seperti charger smartphone yang tidak memakan tempat. Jika ingin lebih simple untuk mengambil gambar gunakan smartphone yang kualitas fotonya bagus.

It's thin and white, Samsung ATIV Book 9 Lite
Jika terbiasa membawa notebook, pilih notebook yang kecil dan ringan, tentunya anda tidak mau direpotkan urusan bawa benda yang berat di ransel. Salah satu pilihan notebook yang ringan adalah Samsung ATIV Book 9 Lite dengan berat 1,44 kg.

·        Saat packing, sortir dua kali karena kita punya kecenderungan untuk membawa barang yang akhirnya tidak dipergunakan saat traveling. Bawa satu saja untuk setiap fungsi, kecuali baju tentunya, misalnya kacamata bawa satu saja, begitu pula dengan topi dan lain lain. Simplify dan lama lama anda akan terbiasa.

Okay, I don't have to bring Patrick, or do I?
@marischkaprue - Still trying to minimize her luggage

4 comments:

backpackerborneo.com mengatakan...

Aku mau laptop y kaaaaak :-)

Marischka Prudence mengatakan...

Laptop centil ya :D

firdia ifana mengatakan...

Hafiuh....sampai sekarang selalu desperate klo hrs packing, pasti g muat, over bagasi, tapi ide pake plastik itu layak dicoba, thanks prue buat sharingnya :D

Bobby Ertanto mengatakan...

Tiap backpacking pasti aku pasti bawa laptop. Tapi ternyata kurang tipis dari laptopmu itu kak. Pinjeeeeem kak prue... :D