Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

4 Desember 2013

, , , , , ,

Tough Gadget for Tough Places

Share


Saya tidak tahu mengapa saya lebih suka menikmati alam dibanding kota besar. Saya senang bepergian kemana pun namun justru bagi saya lokasi lokasi yang tampak sulit justru seringkali lebih menarik.

Melewati sungai di pedalaman Kalimantan Timur
Naik ketinting (perahu kayu kecil)
Ada beberapa lokasi dimana saya harus melewati perjalanan panjang, misalnya beberapa kali naik pesawat untuk sampai ke Malinau, Kalimantan Timur, atau delapan jam naik perahu panjang yang berukuran kecil untuk sampai ke Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Beberapa destinasi juga seringkali menuntut saya untuk menyeberang dengan kapal karena di pulau yang saya tuju tidak ada akses lain.

Saya juga menikmati naik gunung meski tidak sering melakukannya. Kesulitan mendaki gunung selalu memberikan rasa tersendiri dan kepuasan yang sebanding dengan perjalanan yang harus dilewati.
This is where my feet belong
and also here
Pantai dan gunung selalu jadi destinasi yang menarik bagi saya, namun sayangnya kurang bersahabat bagi perangkat elektronik. Saya harus menghindari perangkat elektronik ini terkena air laut jika ingin kamera saya tetap awet, saya punya kamera untuk mengambil gambar di bawah laut namun dengan housing khusus yang mesti dipasang setiap kali sebelum menyelam.

Nice view, tapi rawan kena cipratan air
Saat berada di kapal pun biasanya saya menyimpan smartphone di dalam dry bag agar tidak terkena cipratan air, saat di kolam atau pantai juga saya selalu meletakkan smartphone saya sebelumnya di posisi “aman.”

Tapi kini saya punya perangkat baru yang tahan di berbagai medan dan cukup tangguh untuk menemani saya traveling. Sony Xperia Z1 yang meski tampilannya sangat sleek namun ternyata tangguh untuk dibawa melewati destinasi yang cukup “kejam” untuk perangkat elektronik.

Ini dia beberapa hasil tes ketangguhan Sony Xperia Z1, dan pendapat saya mengenai perangkat yang satu ini:

·      Tahan air. Saya sebelumnya punya pocket kamera yang tahan air, namun sangat bulky desainnya dengan material karet di sekeliling. Xperia Z1 tidak terlihat seperti smartphone yang tahan air, desain tetap tipis dan ring karet yang melindungi beberapa slot seperti slot sim card, memory card ataupun untuk charger tidak mengganggu desain.

Tes ketahanan air dan air laut, check!
Saya mencoba ketahanan smartphone ini di dalam air dengan merendamnya di air tawar, yang menarik lubang audio jack tidak perlu ditutup saat Xperia Z1 direndam, benar benar seperti memasukkan smartphone biasa ke dalam air, namun tanpa takut mengucapkan selamat tinggal saat smartphone saya terendam.

Selanjutnya saya mencoba Xperia Z1 di laut (yes, I really wanna try this since the first time I got this waterproof smartphone). Mencemplungkan smartphone ini di laut memang tidak disarankan, namun saya memakai metoda yang sama untuk membersihkan perangkat penyelaman saya lainnya, yaitu membersihkan Xperia Z1 dari air laut dengan merendam di air tawar selama setengah jam untuk menghindari partikel air laut merusak material di smartphone ini.

Saya memang tidak bisa membawa smartphone ini untuk menyelam di kedalaman lebih dari 1,5 meter, namun sangat menyenangkan untuk dapat mengambil photo dari smartphone dengan kualitas kamera yang bagus (20,7 megapixel) dan langsung berbagi di social media saat saya snorkeling atau bersenang senang di pantai.

·      Tahan debu. Saya sebelumnya tidak terlalu aware dengan kekuatan Xperia Z1 terhadap debu, hingga saya trekking ke Bromo saat badai pasir sedang kencang kencangnya.

Saat itu bahkan saat mendaki saya memakai masker dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari debu yang selalu terangkat saat angin kencang datang. Saya bahkan harus menutup mata setiap kali angin keras berhembus karena debu halus masih masuk melalui sela kacamata.

It survived Bromo strong dust!
Beberapa kali mengambil foto dengan kamera mirrorless, saya khawatir debu halus akan masuk ke sela sela tombol dan lensa sehingga saat badai pasir sudah benar benar keras, saya memilih memasukkan kamera saya ke dalam tas dan menggunakan Xperia Z1 untuk mengambil gambar.

Feeling good from up here
Hasil shot dengan Xperia Z1, mode superior auto
Surprisingly kamera 20,7 megapixel di smartphone ini menghasilkan gambar yang sangat baik, saya sangat suka hasil foto Xperia Z1 di Bromo, dan meski badai pasir saya hanya menaruh smartphone ini di kantong celana dan mengeluarkan dengan mudah saat ada momen yang menarik untuk difoto.

Karena slot di Xperia Z1 tertutup dengan baik (untuk ketahanan air juga), saya tidak khawatir debu akan merusak smartphone ini, bahkan saat pulang ke homestay, saya membersihkan Xperia Z1 dengan cara mencucinya dengan air, simple dan menyenangkan hehe..

Selain dua sisi tangguh tersebut juga ada beberapa fitur lainnya yang menarik bagi saya:

ü  Timeshift burst untuk mengambil gambar momen, tekan tombol untuk mengambil gambar selama 2 detik dan akan nada 61 gambar yang dapat dipilih untuk mencari momen terbaik.
ü  AR Effects. Saat menggunakan kamera dengan AR Effects, berbagai animasi sesuai pilihan akan muncul, misalnya dinosaurus yang tiba tiba muncul di lantai. Saya memang tidak dapat menggunakan hasil foto AR Effects sebagai materi blog saya namun aplikasi ini berguna saat iseng menunggu karena teknologi augmented reality yang membuat animasi yang muncul seakan lokasinya benar disitu. Cobalah bergerak berpindah posisi dan anda akan lihat animasi yang ada seakan lokasinya tetap di tempat yang sama.
ü  Triluminos display, yaitu teknologi layar dengan warna yang lebih baik dan video yang lebih tajam. Saya menyimpan beberapa video dan film di Xperia Z1 untuk ditonton saat berada di pesawat. Killing time easy way, dan jangan lupa membawa headset.
ü  Slot memory card, bagi saya ini penting karena saya senang menyimpan foto foto perjalanan di smartphone. Gunakan memory card hingga 64 GB dan voila! I got my travel photo album on my smartphone!

Fitur lainnya dapat dilihat disini

Jika sering bepergian ke lokasi lokasi yang cukup tangguh maka Xperia Z1 Sony Mobile ID sangat membantu, ada beberapa teman saya yang juga menggunakan smartphone yang sama namun tidak mencoba secara hardcore seperti saya haha

When you got something tough, bring it on!

@marischkaprue – tough enough to face the world

5 comments:

Unknown mengatakan...

Smartphone ini mmg juara, bisa masukin ke air. Dan yang pasti tahan banting

Debbzie Leksono mengatakan...

huihhh....tahan air laut dan debu! I want one now :D

Indonesianholic mengatakan...

Asli keren banget tapi harganya juga keren. Memang benar kalau "Harga menentukan Kualitas "

Salam Travel Blogger
@kadabrakbar121
www.indonesianholic.com

Marischka Prudence mengatakan...

Paling jawaranya tahan airnya sih, nyenengin banget :D

Unknown mengatakan...

Artikel bermanfaat