Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

27 Juli 2015

, , , , , , , , , , ,

Pantai-Pantai Terbaik di Alor

Share


Salah satu lokasi dengan air laut yang paling bening yang pernah saya datangi adalah Alor yang berada di Nusa Tenggara Timur. Berenang di perairan Alor sangat menyenangkan, air laut yang bening dan koral yang sangat sehat dan kaya, Alor adalah salah satu lokasi terbaik untuk snorkeling! (lihat spot-spot snorkeling Alor di sini).


Nah, jika anda hanya ingin menikmati bersantai di pantai, menikmati angin sepoi-sepoi dan nyamannya berjalan telanjang kaki di pasir pantai, Alor punya banyak pilihan pantai-pantai terbaik dengan karakter yang beragam. Here are some of it..

Pantai Kokar

Capturing sunset
Sunset fans :)

Ini pantai pertama yang kami singgahi saat tiba di Alor, Pantai ini memang kurang istimewa dibanding pantai lainnya, karena cukup dipadati warga. Namun, menikmati sunset sejenak di Pantai Kokar tentunya bisa jadi pilihan :)

Pantai Pantar Kumbang



Pemandangan di pantai ini sangat mempesona, air laut yang sangat bening dengan pantai berpasir putih. Keunggulan Pantar Kumbang adalah area ini sangat sepi, kami menikmati momen merasa memiliki pantai pribadi di sini.

Pantai Ilawe



Perahu berwarna-warni menjadi ciri khas Pantai Ilawe. Bagi saya, pantai ini lebih cocok untuk berbaring menikmati semilir angin laut sambil melihat perahu nelayan yang berwarna-warni ini berayun lembut mengikuti ombak yang masuk ke pantai.

Pantai Deere


Pasir putih dan jajaran pohon kelapa, sebenarnya tidak ada yang begitu spesial tentang Pantai Deere, meski tentu saja pantai ini sangat indah (dan sangat indah adalah hal yang biasa di Alor). Ada satu hal yang mencolok di Pantai Deere, yaitu pohon kelapa yang cukup stand out dengan batang yang menukik miring, namun ujung pohon yang tegak, spot yang menarik untuk difoto tentunya.

Pantai Batu Putih



Disebut Pantai Batu Putih karena tebing di pinggir pantai berupa tebing batu berwarna putih. Pantai Batu Putih menyenangkan untuk tidur siang di sisi tebing, area yang sejuk dengan semilir angin dan suara deru ombak yang pasti membuat saya malas bangun :)


Pecinta sunrise wajib mampir ke Pantai Mali. Meski biasanya saya lebih memilih tidur lebih panjang dibandingkan pergi subuh-subuh di saat gelap "hanya" untuk melihat sunrise, saya sama sekali tidak menyesal bangun pagi hari itu. Dari gelapnya malam dan sinar yang perlahan menggores langit di Pantai Mali, serta pohon yang berada di tengah laut membuat pemandangan pagi begitu majestic.

*Lihat lebih lengkap tentang Pantai Mali di sini

Pantai Reklamasi



Jika ingin menikmati sunrise dari area yang lebih dekat dengan pusat kota, pantai ini bisa jadi pilihan. Pantai Reklamasi di pagi hari menyediakan suasana sedikit mellow, dengan pemandangan kapal-kapal kayu yang berjejer di dermaga, diliputi kabut yang membiaskan warna keemasan dari matahari pagi. Tunggulah matahari muncul dari balik pepohonan dan nikmati warna langit yang berganti perlahan-lahan.


That's some of the best beaches in Alor, saya yakin masih banyak pantai-pantai lain yang jauh lebih mempesona di Alor, namun belum sempat saya datangi. Hopefully someday I'll visit Alor again and add more beaches on this list, yes?

@marischkaprue - dreaming of a nice house beside the beach

NOTES:
  • Pantai Mali berada di Desa Kabola, Kecamatan Teluk Mutiara, Alor, Nusa Tenggara Timur.
  • Mali Beach located at Kabola Village, Teluk Mutiara, Alor, East Nusa Tenggara.
  • Alor terletak di Nusa Tenggara Timur. Untuk menuju Alor, ambil penerbangan ke Kupang (Harga tiket Jakarta - Kupang PP sekitar Rp. 3.000.000,-) kemudian dilanjutkan dengan penerbangan Kupang - Alor (via Transnusa dengan harga tiket sekitar Rp. 1.200.000,- PP)
  • Alor is located in East Nusa Tenggara, to reach Alor you can take a flight to Kupang (Jakarta - Kupang return flight is about Rp. 3.000.000,-), then continue with Kupang - Alor (via Transnusa return flight is about Rp. 1.200.000,-)
  • Budget untuk menikmati 5 hari di Alor sekitar Rp. 3.000.000,- all in (tidak termasuk tiket pesawat), untuk mendapatkan kisaran budget tersebut sebaiknya pergi bersama-sama atau ikut open trip sehingga biaya sewa kapal dan mobil dapat lebih murah. Untuk trip ke Alor, hubungi Tukang Jalan ,via email: tuk4ang.jalan@gmail.com atau telp +62 813158 09191
  • The budget for 5 Days in Alor is around Rp. 3.000.000,- all in (exclude plane ticket), to get this price with proper facilities, you can join open trip so the boat and car rent is cheaper. Contact Tukang Jalan for the trip to Alor: tuk4ng.jalan@gmail.com or phone +62 813158 09191

11 comments:

Vonny mengatakan...

Wah bening2 banget airnya...
Liat bintang malem2 romantis jg ya kak hahah

VONNYDU

NiaNastiti mengatakan...

Baguas bangeeet :D

Andriyani/ Unit Hachi mengatakan...

Woww...muantap bngtt tuh ☺kpn yaaaa nyampe k sna🙆

Andriyani/ Unit Hachi mengatakan...

Woww...muantap bngtt tuh ☺kpn yaaaa nyampe k sna🙆

jual token listrik online mengatakan...

benar2 tempat wisata yang sangat menarik...
pengen ni pergi berwisata pantai2 ni gan...penasaran lihat keindahanya langsung..

H2H Token Listrik mengatakan...

Woww...muantap bngtt tuh pantainya gan...
benar2 sangat menarik deh tempat wisata ni...

jefri saputra mengatakan...

Pantai mali deket bandara tuh...
45 menit dari kalabahi..
Ane di Kalabahi :v

jj mengatakan...

saya sekarang lagi berada di kalabahi dalam penugasan dari kantor dari jakarta dan saya sudah menikmati indahnya beberapa pantai dialor dan hasilnya tidak mengecewakan,wisata pantainya indah sekali dan warga disini sangatlah ramah dan baik hati

mskilroy mengatakan...

Penerbangan Kupang-Kalabahi atau Atambua-Kalabahi ada setiap hari tidak? Bagaimana cara cek jadwal dan harganya? Saya cek Susi Air hanya ada rute, tidak ada jadwal.

Kalau bisa naik kapal, sebenarnya lebih senang naik kapal saja. Tapi katanya penyeberangan Atapupu (Atambua)-Kalabahi cuma ada 2 minggu sekali naik perintis. Kalau jadwalnya ngepas, saya mau. Kalau tidak, itu yang repot. Ada alternatif kapal lain tidak ya? Kapal ojek yang menghubungkan pasar/kampung kedua pulaukah? Perahu motorkah? Perahu nelayankah?

theLoner mengatakan...

Thanks for the review and beautiful photos.

Yep, Alor emg keren. Sebagai org Alor, gw sll percaya klo pulau kecil kami ini punya keistimewaan kalo menyangkut keindahan alam.

Btw review ini bahkan belum nge-cover setengah dr keindahan yg kami punya. Masih ada pantai2 lain spt Lingal, pantai2 perawan sepanjang Alor Timur dll.

Damn you made me homesick now. Great job anyway, Keep it up! :D

theLoner mengatakan...

@mskilroy

Alor punya jadwal penerbangan setiap hari, bro. Cek aja Trans Nusa, NAM ama Wings Air.

Gw setuju klo ente mau naik kapal ke Alor, krn Kalabahi itu di dlm teluk, emg lbh keren klo naik kapal. Ente bakal disambut rombongan lumba2 pas masuk Pulau Pantar sampe Pulau Pura. Tp jgn dr Atapupu. Coba naik kapal Pelni kyk Awu n Sirimau atau ferry dr Kupang. Gw lupa jadwal kapal Awu, klo ferry ga salah tiap Rabu (brgkt Selasa dr Kupang) n Minggu (brkgt Sabtu dr Kupang).