Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

13 Oktober 2016

, , , , , , , ,

Make Your Own Daruma at Daimonya, Takasaki, Japan

Share


Daruma, boneka berbentuk bulat, umumnya berwarna merah dengan wajah putih dan alis tebal dan area mata putih kosong, bagian mata ini harus digambar sendiri oleh kita sebagai pengingat tujuan dan mimpi.


Daruma, a round-shaped doll, usually comes in red color with a white face and thick eyebrows and blank white area of the eye, in which the eyes part should be drawn solely by us as a reminder of our goals and dreams.



Filosofi Daruma sangat menarik, saat mendapatkan Daruma, kita dapat menentukan tujuan (goals, dreams) kita dan kemudian menggambar satu mata di wajah Daruma, hanya di mata bagian kanan. Mata kiri hanya boleh digambar saat tujuan kita tercapai, jadi boneka ini semacam pengingat akan tujuan kita dan terus gigih untuk memperjuangkan keinginan kita :)


Daruma has a very interesting philosophy, while getting the Daruma, we can set our goals (and also dreams) and then we draw the eye in the face of Daruma, just the right eye. The left eye could only be drawn when our goal is achieved, so this doll is a kind of reminder of our goals and to continue persevering and fighting for our dreams :)

Step by Step Daruma, pic from www.welovedaruma.com

Bentuk Daruma adalah gambaran dari Bodhidharma, founder dari Zen dalam Buddha. Meski dahulu Daruma selalu digambarkan dalam warna merah, kini Daruma sudah menjadi souvenir khas Jepang dalam berbagai warna yang masing-masing merepresentasikan arti yang berbeda.


The shape of Daruma is a picture of Bodhidharma, founder of Zen in Buddhism. Although in the past Daruma was always depicted in red, now Daruma has become souvenirs of Japan in a variety of colors, each of which represents a different meaning.


Daruma World Cup edition :)



Daimonya Takasaki adalah rumah bagi Daruma, ada begitu banyak Daruma yang tidak dapat dihitung lagi banyaknya, diproduksi di Daimonya. Sejak tiba di bangunan ini saya sudah tertarik dengan Daruma besar di bagian depan, dan saat masuk kita langsung berhadapan dengan deretan Daruma merah yang tersusun rapi dalam berbagai ukuran.

Daimonya Takasaki is a home to Daruma, Daruma there are so many Darumas which cannot be counted anymore in terms of number, produced in Daimonya. Since arriving in this building, I was fascinated by the giant Daruma in the front, and when we entered the building immediately, we were directly faced to face to a row of red Daruma which are neatly arranged in various sizes.



Namun, keseruan sesungguhnya ada di sisi belakang toko yang menjual Daruma berbagai jenis dan ukuran ini, terdapat “pabrik” pembuatan Daruma persis di sisi toko. 


However, the real excitement of the store that sells Daruma various t`ypes and sizes is that there is a Daruma-making "factory" right beside the store.






Warna merah memenuhi pemandangan di dalam workshop, bulatan-bulatan merah bagaikan buah cherry ada di mana-mana, sangat menyenangkan. Di sini sebagian besar Daruma yang sudah dicat dasar, umumnya merah, dikeringkan, dan kemudian alis khas Daruma dilukis dengan tangan satu per satu.


The red color dominates the workshop's, the round-shaped darumas look like cherries which are hung everywhere, very pleasant. Here most of the Darumas have been painted with its base color, generally in red, dried, and then the typical Daruma eyebrows were painted by hand one by one.





Pemilik Daimonya, Jun-ichi Nakata adalah seniman pembuat Daruma. Ia telah belajar membuat Daruma turun temurun dan mengembangkan kreasinya menjadi pabrik dan workshop besar pembuatan Daruma. Di Daimonya, Takasaki, kita dapat mencoba membuat Daruma kita sendiri. Jangan khawatir, yang kita lakukan “hanya” menggambar alis sang Daruma, yang meski tampak mudah, ternyata sulit dilakukan.


The owner of Daimonya, Jun-ichi Nakata is a Daruma maker artis. He has learned to make Daruma hereditary and develops his creation into a large factory and a Daruma manufacturing workshop. In Daimonya, Takasaki, we can try to make our own Daruma. Do not worry, we should "only" draw the eyebrows Daruma, which although looks easy, it is difficult to do.




Saya dan teman-teman berusaha menggambar alis Daruma sebaik mungkin, namun ternyata hasilnya jauh sekali dari yang biasa dibuat oleh Jun-ichi Nakata hanya dalam waktu beberapa detik saja.


My friends and I tried to draw eyebrows Daruma as great as possible, but the result was a far cry from the usual made by Jun-ichi Nakata in just a few seconds.


Pose in front of Jun-ichi speed weapon
Usai membuat Daruma, Jun-ichi mengajak kami melihat sisi lain dirinya. Kami berjalan ke garasi yang berada di area yang sama dengan Daimonya, dan ternyata ada mobil balap yang jadi andalan Jun-ichi Nakata untuk berkompetisi. Ia bahkan sudah menyabet beberapa gelar juara :)


After making Daruma, Jun-ichi invites us to see another side of him. We walked to the garage located in the same area as Daimonya, and it turns out there racing cars that Jun-ichi Nakata always rides to compete. He has even won a few titles :)


 
Visit ke Daimonya sangat menyenangkan, bukan hanya karena jajaran Daruma yang menarik, workshop membuat Daruma yang menyenangkan, namun juga saya melihat sisi lain dari seorang seniman Daruma yang ternyata menyukai adu kecepatan di balap mobil, cukup kontras dengan pekerjaannya yang meneruskan warisan budaya.


Visiting Daimonya is very fun, not only because of the attractive rows of Daruma and the workshop, but I also see the other side of a Daruma artist who turns to love car racing, quite a contrast to the continuing work of cultural heritage.



Saya membawa pulang Daruma yang bermata kosong, let me think of a goal and let’s see what happen years after.. 

I took home an empty-eyed Daruma, let me think of a goal and let's see what happen years after ..

@marischkaprue – random things she met constantly remind her of a goal that needs to fight for

DAIMONYA
124-2 Fujitsuka-machi
Takasaki-shi, Gunma
Japan
T: 027-323-5223
email: daimonya@nifty.com
web: daimonya.jp


OPENING HOURS
9 AM – 5 PM

NEAREST STATION
JR Takasaki Station (10 minutes by bus)

PAINTING WORKSHOP
800¥

***

8 comments:

Unknown mengatakan...

Aku punya pensil yang kepala nya daruma ini, di oleh2in temen yang balik jepang kmrn. ternyata ada makna nya di balik gambar wajah nya itu

KalkulatorGrosir mengatakan...

Keren lucu2x boneka nya

fanny fristhika nila mengatakan...

aku ntr mw beli yg kecil aja, mengingat bagasi terbatas :D

Paket Wisata Dieng mengatakan...

Wow, banyak banget bonekanya. Aku mau yang besar ah.

Dewi Nielsen mengatakan...

Dari dulu pengen banget main ke sini...bonekanya cutee
btw..suka warna rambutmu mbak..warna warni ;)

Djangkaru Bumi mengatakan...

Aku ingin juga dong Darumanya, sungguh luar biasa cantik dan eloknya.
Ketelitian dan kesabaran menjadi ujian saat melukis di Daruma.

tukang Jalan Jajan mengatakan...

Pernah dapet beberapa kali di oleh olehin ama teman yang baru dari jepang. ukurannya hampir sama semua hehehe pengen yg gedeeee

Wooclip mengatakan...

oh itu namanya daruma

nonton film box office subtitle indonesia