Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

11 Oktober 2012

, ,

To Pay Or Not To Pay

Share

LifeIsAnAbsurdJourney


Suka dapat penawaran ngga jelas yang ujung ujungnya bayar? Misalnya nih, dulu di mall suka ada yang sering tiba tiba ngedatengin kita, bilang kita dapet sesuatu yang gratis, sepik sepik, kasih barangnya ke kita dan ternyata kita harus mengisi sesuatu yang ujung ujungnya menjebak untuk membeli sesuatu dan mengeluarkan uang.

Ada teman saya yang bilang "di dunia ini yang ngga perlu dibayar cuma dendam, lainnya mesti bayar" alamak segitunyakah kita jadi manusia? bukannya ingin gratisan, tapi benarkah semuanya harus dikonversikan jadi materi atau pembayaran lainnya? tidak adakah ketulusan yang bersisa?

Hmm, mungkin sebenarnya masih ada, tapi saya sulit mencari cari yang murni. Bukan harus berarti materi, namun biasanya kalau kita mendapatkan sesuatu dari seseorang biasanya harus ada timbal balik, ada konsekuensinya yang harus dibayar meski tidak dengan uang.

LifeIsAnAbsurdJourney


Namun lagi, sebenarnya kebiasaan membayar itu justru positif lho. Dengan tidak biasa gratis, kita akan berusaha lebih. Bayangkan kalau segala sesuatu bisa diperoleh dengan mudah, tanpa perlu bayar tanpa perlu usaha, murni gratis, pasti akhirnya kita kurang menghargai juga.

Saya analogikan hal ini dengan mendapat pasangan. Biasanya kalau pasangan kita dapatkan dengan "membayar" perjuangan untuk mendapatkannya maka kita akan lebih menghargai, lebih merasa sesuatu ini benar benar ada harganya. Beda dengan pasangan yang kita dapatkan dengan sangat mudah seolah olah barang gratisan, maka nilainya juga kurang.

Ada beberapa hal di dunia yang memang tidak dapat diukur dengan materi, priceless, namun mendapatkan sesuatu dengan membayar, dengan usaha dan perjuangan kita sendiri itu rasanya.. priceless.

Pay for what you want and get the priceless feeling, no, I'm not talking about the so called credit card..



@marischkaprue - pay her own bills and in a process of fighting to pay for her dream future.

(As published on Divemag Indonesia Vol 3 No. 029, July 2012)

1 comments:

ery mengatakan...

nothing comes for free..
however, if you give something with sincerity, things will come back without u knowing it..