Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

23 Desember 2012

, , , , ,

Misteri Panjang Gua Lokale

Share
gua lokale


Bayangkan anda memasuki gua, berjalan lebih dari 24 jam dan sama sekali belum menemukan ujung gua tersebut. Pertanyaan "dimana jalan keluar? sampai berapa panjang lagi gua ini? atau setidaknya ada ujung buntu dari gua ini?" selalu ditanyakan saat memasuki gua yang ada di Desa Wosilimo, Kabupaten Jayawijaya, Papua ini.

Memasuki Gua Lokale, bukan hal yang sulit, dengan catatan: untuk awal perjalanan memasuki gua. Saya tidak punya banyak waktu untuk menelusuri gua ini, jadi saya hanya menghabiskan waktu tidak sampai satu jam di area gua Lokale.

Melewati hutan pinus sebelum pintu masuk Gua Lokale


gua lokale
Pintu masuk Gua Lokale

Untuk sampai ke pintu masuk gua, hanya dengan berjalan lima menit dari perhentian mobil. Saya melewati hutan pinus terlebih dahulu, dengan jalan setapak yang mempermudah perjalanan.

Pintu masuk Gua Lokale sudah berbentuk pintu, jika pengawas gua tidak ada maka pintu ini digembok agar tidak ada yang sembarangan masuk.

Saya menyalakan senter dan memasuki celah sempit yang jadi areal masuk gua, berjalan hanya tiga meter dan saya harus menunduk menuruni tangga untuk semakin memasuki gua ini.

gua lokale
Masih banyak celah masuk sinar matahari di area awal

gua lokale

gua lokale
Struktur di dinding Gua Lokale

Gua Lokale dipercaya sebagai salah satu gua terpanjang di dunia. Alasannya? Karena belum pernah ada satu orangpun yang berhasil mencapai ujung gua ini. "Dulu ada ahli dari Amerika yang datang di tahun 1996, mereka masuk pukul 6 pagi, dan besoknya pukul 6 sore mereka keluar," ujar Pak Boas yang menemani saya berkeliling Gua Lokale.

Pak Boas pun dengan semangat meneruskan, ia bercerita kalau rombongan peneliti dari Amerika tersebut tidak menemukan ujung dari Gua ini, dan akhirnya keluar karena merasa tidak memungkinkan untuk mencapai ujung Gua Lokale yang belum pernah dicapai hingga kini.

Sejauh ini, menurut Pak Boa, data perjalanan memasuki Gua Lokale yang paling jauh adalah hingga tiga kilometer, dan itupun belum mencapai ujung sama sekali. Sayangnya saya hanya punya waktu sebentar untuk menikmati Gua Lokale, padahal Pak Boas menerangkan jika dapat memasuki hingga panjang sekitar 850 meter, terdapat aula besar di dalam gua. Bahkan, jika punya waktu lebih banyak dan sanggup berjalan dua kilometer ada aula kedua di Gua Lokale yang jauh lebih luas.

gua lokale
Laras, the cameraperson serius shooting

gua lokale
 
Meski tidak sampai ke dua aula itu, memasuki Gua Lokale jadi perjalanan yang menyenangkan. Seperti gua pada umumnya, terdapat banyak stalagtit dan stalagmit di berbagai sisi dan langit langit gua, ada beberapa dinding yang seakan akan diukir dan indah saat anda lihat, apalagi melihat bagian bagian gua menggunakan cahaya senter menimbulkan perasaan yang menyenangkan, seakan akan sedang mengeksplorasi hal baru.

Ada juga satu bagian dinding gua yang memiliki rongga, sehingga saat diketuk halus dengan jari, menimbulkan suara seperti gendang yang kemudian bergema lembut karena struktur dinding Gua Lokale.

gua lokale
 
Gua Lokale memang belum punya catatan resmi keterangan panjang, ataupun catatan ilmiah lain. Ah, namun saya membayangkan mengeksplorasi gua ini, berapa hari kita bisa berjalan memasuki gua dengan perbekalan? berapa lama kita bisa bertahan memasuki dan tinggal di gua hanya dengan cahaya senter dan udara yang semakin pengap saat masuk?

Mungkin, hanya mungkin, Gua Lokale memang akan terus jadi misteri, apakah memang terpanjang di dunia. Ah, Papua dan semua misteri indahnya. Amazing, a place worth exploring..

@marischkaprue - Hope for her next visit to Papua

Yang ingin merasakan sepenggal Gua Lokale, ada di video ini:



NOTES:
  • Akan jauh lebih menarik jika mengunjungi Wamena dan sekitarnya di saat Festival Lembah Baliem. Tahun ini Festival Lembah Baliem dilakukan di tanggal 12 Agustus - 15 Agustus 2013.
  • It would be way more interesting to visit Wamena and Baliem during the Baliem Valley Festival. This year the festival will be held on 12 August until 15 August 2013.

RELATED STORIES:

6 comments:

Andyka Musfi Abdillah mengatakan...

Keindahan alam semesta. Inget dan ingin caving bareng teman2 sekolah dulu :))

Nice Info sis. Salam

illumi mengatakan...

Keren.
Ayo siapa mau jadi orang pertama yang berhasil menjelajahi gua Lokale sampai ujung?

Jalan2SiGede mengatakan...

kereennnn ya, neda sama Gua Lawa yang ada di Bali...yang konon tembus nya di Tanah Lot....persis di depan Pura nya...

keren banget blog lo bu...

timmy purukan mengatakan...

Jangan sampai orang dari bangsa lain yg terlebih dahulu mengeksplorasi gua ini.....sehingga di namain pake nama mereka seperti carztens pyramid.....

Angger Sutrisno mengatakan...

Yang mengeksplor pertama kali menurut warga setempat adalah orang amerika. katanya dia masuk jam 6 pagi, baru keluar jam 6 sore esok harinya, dan orang amerika itu sendiri yang mengatakan bahwa goa lokale bisa jadi goa terpanjang di dunia.

@nnoart mengatakan...

Panjang benar itu
Dari pangkal hingga ujung menghabiskan 24 jam?
ckckck
Persiapan bekal harus banyak tuh :D