Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

4 Desember 2012

, , , , , , , ,

Wisata Tambang? Seru!

Share


Wisata tambang masih jadi istilah yang asing di telinga kita. Memang, ada beberapa tambang yang jadi lokasi wisata, misalnya tambang di Belitung Timur, namun area yang didatangi turis kebanyakan adalah tambang yang sudah tidak aktif.

Nah, bagaimana dengan tambang yang masih aktif, skala besar dan dioperasikan perusahaan besar pula? Tentunya banyak yang tidak menyangka kalau beberapa tambang aktif di Indonesia membuka diri mereka untuk didatangi turis, meski terbatas karena aturan dan kepentingan keselamatan.

Tambang Newmont Nusa Tenggara

Lokasi tambang yang saya datangi terletak di barat daya pulau Sumbawa, tepatnya di Kecamatan Jereweh dan Sekongkang di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Di area seluas 400 kilometer inilah lebih dari 600 ribu ton batuan digali setiap harinya, diproses hingga menjadi konsentrat tembaga dan emas.

Tambang Newmont Nusa Tenggara
Cerukan ini diameternya 1,5 kilometer
Lokasi yang jadi daya tarik utama di tambang Newmont Nusa Tenggara adalah lubang besar yang berbentuk seperti spiral terbalik. Area cerukan besar ini disebut pit batu hijau, dan disinilah batuan digali dan dibawa untuk diproses.

Dinamakan batu hijau karena di cerukan besar ini terdapat beberapa spot yang berwarna kehijauan dan muncul dari kandungan besi yang ada di pit. "Kandungan besi teroksidasi dengan air sehingga muncul warna hijau," ujar salah satu senior engineer di Newmont, Onny Paramitha, saat saya berkunjung ke pit batu hijau.

Tambang Newmont Nusa Tenggara
 
Tambang Newmont Nusa Tenggara
Onny Paramitha yang menemani saya ke area pit batu hijau

Cerukan ini sangat besar, jika ditarik garis lurus saja diameter pit batu hijau hingga tahun ini sepanjang 1,5 kilometer, dengan kedalaman 240 meter di bawah permukaan laut. Nah, estimasinya nanti saat semua material yang dihitung potensial menjadi konsentrat sudah habis, atau dengan kata lain di akhir pertambangan maka diameter pit batu hijau ini sudah sepanjang dua kilometer.

Aktivitas di cerukan berlangsung 24 jam, dengan pembagian shift pagi dan malam. Saat datang, ada satu area untuk memperhatikan cerukan dan aktivitas pertambangan. Disana kita bisa melihat truk truk besar yang dinamakan haul truck tampak kecil seperti truk mainan.

Haul truck Tambang Newmont Nusa Tenggara
Seperti liliput saat berfoto dengan haul truck Komatsu 830E
Padahal, haul truck ini tingginya sekitar 7 meter dan panjang 14 meter, sebesar rumah dan membuat saya merasa seperti liliput saat mendekati truk pengangkut material pertambangan ini.

Bayangkan saja, 600 ribu ton material digali setiap harinya, sehingga tidak mungkin dengan truk biasa mengangkutnya, tidak akan beres beres pastinya. haul truk ini bisa membawa beban 244 ton dalam satu kali angkut. Hmm, membayangkan menyetir haul truck ini pasti sulit sekali, seperti membawa rumah berjalan hihi.

Di pertambangan kita bisa berfoto dengan haul truck di area parkir haul truck, disini berjajar beberapa haul truck dan berjalan di antaranya membuat seperti berada di dunia raksasa :D

Tambang Newmont Nusa Tenggara
Edy Prasetya dan Willy Datus yang bersama saya mengunjungi tambang Newmont

Huge smile in front of this huge tire
Oya, untuk datang ke pertambangan mesti ingat aturan keselamatan, pastinya harus memakai perangkat pengaman seperti vest warna spotlight, helm, kacamata karena sangat berdebu dan boots, tapi tenang saja, justru perangkat pengaman itu membuat foto foto semakin keren ^^

@marischkaprue - a small person in this big travel opportunities 

Video lengkap dari wisata tambang di Newmont disini:



Thanks to:

- PT Newmont Nusa Tenggara

Notes:
- Wisata tambang Newmont terbuka untuk umum tapi jumlah dan waktu dibatasi karena kepentingan keamanan aktivitas tambang, bisa mengajukan permintaan tapi waktu akan diatur oleh Newmont.
- Untuk masuk ke area tambang tidak perlu bayar, tapi tentunya kalau sudah prosedur email permintaan kunjungan, disetujui dan diundang. Kebutuhan selama di tambang ditanggung, namun keperluan pribadi dan tiket biaya sendiri.
- Permintaan wisata ke Newmont via email ke: ptnnt.guest.relation@nnt.co.id
- Info lebih lengkap bisa tanya langsung ke Newmont lewat link ini


10 comments:

Cumi MzToro mengatakan...

batu hijau menawarkan sejuta pesona dengan pantai2 yg sangat cantik

Fahmi mengatakan...

woo, baru tau kalau newmont bisa didatengi. okeh, okeh, kapan - kapan di coba ah, siapa tau boleh maen ke sana :D

Cumi MzToro mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Cara tahu jadwal Newmont Sustainable Mining Bootcamp itu gimana ya? Kebetulan udah bulan Maret nih.

Cumi MzToro mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

"Sustainable Mining Bootcamp"?? Sekalian aja bikin "Sustainable Killing Bootcamp"..... Mirip kok

Anonim mengatakan...

ide gila korporasi untuk menutupi perusakan lingkungan.

beejan mengatakan...

Mbak, itu bukan Komatsu...tapi Caterpillar 793C

Anonim mengatakan...

mbak Marisch,mantab adventurenya. Lanjutkan. Oya, Gambar dumptruknya saya kutip ya! tmks

nnoart mengatakan...

Wow, newmont sumbawa bisa dimasuki yah?
Apa sekarang masih aktif?
Btw, keren foto di haul trucknya :D