Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

3 Juni 2013

, , , , , , , , , , ,

Pasir Panjang, Pantai dengan Pasir Putih Terhalus.

Share
Pantai itu selalu menyenangkan, entah pasir putih atau hitam, memanjang ataupun tersembunyi di cerukan pulau, saya selalu mencintai debur ombak dan angin pantai, ditambah laut biru.

Setiap berkeliling selalu saya menemukan hal baru, menemukan pantai dengan karakteristik yang berbeda. Di #BarondaMaluku kami menuju Kepulauan Kei, nama yang familiar karena sosok John Kei yang memang dilahirkan di Pulau Kei dan dari situlah namanya berasal. Namun jangan bayangkan John Kei yang identik dengan kekerasan, Pulau Kei justru punya lokasi yang membuat anda merasa sangat damai dengan pasir pantai yang sangat halus dan lembut.


Pantai Pasir Panjang adalah daya tarik utama datangnya turis turis asing ke Pulau Kei. Sesuai namanya, hamparan pesisir dengan pasir putih disini sangat panjang, mulai dari area Pantai Ngurbloat di Desa Ngilngof hingga Pantai Ngursamadan di Ohoililir, Kecamatan Kei Kecil. Bentangan pasir putih ini mencapai panjang tiga kilometer, membuat garis putih memanjang dengan deretan pohon kelapa yang membuat landscape disini semakin indah.

Air di Pantai Pasir Panjang sedang pasang, biasanya bentangan pasir sangat luas
Pasir yang halus seperti bedak tabur
Saat ombak menerpa tepian, air bercampur dengan pasir yang sangat halus
Saya datang di hari kerja sehingga pantai sangat tenang dan sepi, feels like a private beach. Keunikan Pantai Pasir Panjang adalah pasir putih yang sangat halus seperti bedak tabur, bahkan saat ombak sampai ke tepian air laut menyatu dengan pasir membentuk warna putih susu. Namun, area perairan disini sangat bening, saya dapat melihat pohon pohon kelapa dan birunya langit saat menengok ke atas disaat skin dive di area pantai.


Halusnya pasir akan memanjakan kaki, berjalan di tepian pantai seperti berjalan di tepung, dan berenang sambil terkadang menginjakkan kaki di pasir yang tertutup air laut sangat menyenangkan. Halusnya pasir disini membuat Pantai Pasir Panjang dinobatkan sebagai pantai dengan pasir putih terhalus di Asia oleh National Geographic.

Ada beberapa penginapan di area ini, mulai dari yang persis di area terbaik di Pantai Pasir Panjang yaitu Ngurbloat, hingga di area Ohoililir. Salah satu yang jadi favorit turis asing adalah di Coaster Cottage karena depan penginapan persis anda sudah bisa langsung berjalan kurang dari lima menit untuk sampai di halusnya pasir.

I wish I could spend more time here. Just walk in this powder-sandy beach, swim and relax.

@marischkaprue - not as soft or as hard as you think

Photos by Ferry Rusli

NOTES:
  • Untuk menuju ke Kepulauan Kei, ambil penerbangan dari Ambon menuju ke Tual dengan lama tempuh sekitar 1,5 jam.
  • Pantai Pasir Panjang terletak di area barat laut Pulau Kei Kecil, ada dua akses yaitu dari Ngurbloat atau Ohoililir untuk masuk ke pantai.
  • Pilihan penginapan: Homestay Evalin di area Pantai Ngurbloat, Ngilngof; Philips homestay di area Pantai Ngursamadan di Ohoililir, Coaster Cottage di area Pantai Ngursamadan di Ohoililir.
  • Rekomendasi saya ambil di Coaster Cottage karena langsung di depan area pantai. Harga menginap di Coaster Cottage: Coaster 2 (area bangunan baru) Rp. 200.000,- per malam, Villa 2 dan Villa 3 Rp. 150.000,- per malam. Jika ingin makanan disediakan lengkap (breakfast, lunch, dinner) biayanya Rp. 100.000,- per orang. Booking melalui Bob +6281343472978 atau email ke bob.azyz@yahoo.co.id
  • #BarondaMaluku adalah project untuk mempromosikan potensi pariwisata Maluku, ada banyak keindahan dari Maluku yang akan terus kami share usai menelisik keindahan Maluku, lihat lebih lengkap disini.
  • Thanks to Kementrian Pariwisata yang fully support project #BarondaMaluku dan tentunya Mad Alkatiri, nyong Ambon yang jadi inisiator #BarondaMaluku
RELATED STORIES:

7 comments:

Illumi Arzia mengatakan...

Menarik,
Kenapa tempat-tempat indah dan menarik seperti ini sering kali diketahui oleh turis asing terlebih dahulu.

Obat Penyakit Gondok Tradisional mengatakan...

Sangat indah ..
Indonesia memang kaya akan segalanya namun sayang semua itu tidak bisa di manfaatkan dengan baik contohnya pantai ini pertama di temukan malah sama orang asing bukan orang indonesia asli

rikkyanton mengatakan...

Ketenangan & keindahan alami hanya bs ditemukan di negeri tropis yg satu ini. Great review

surya imansyah mengatakan...

kampung saya ini.. ooohh jadi rindu liat ulasan kamu..

kristin ym mengatakan...

terma kash mba..
mengingatkan aku pada pantai yg sangat indah itu..

kangen,, pengen balik KEI :)

John Leo Temorubun mengatakan...

Tanah tumpa darahku yg indah permai..... Engkau selalu di hatiku....

indah nuria Savitri mengatakan...

pantai selalu punya efek menenangkan buat gue..makanya ngg tahan liat foto pantai dengan pasir halus ituuu...btw, namanya seperti pantai di SIngkawang, yang juga berpasir putih...cheers..