Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

16 Oktober 2013

, , , , , , ,

Dancing With The Manta Rays

Share


"Anyone who spends time with a manta will discover how special and important these animals are!" - Shawn Heinrichs


Seringkali memang kita mesti berhadapan langsung baru kita perduli. Saya pernah bertemu manta tahun lalu di Nusa Penida, Bali, namun saat itu jarak pandang yang buruk, arus yang mengganggu membuat pertemuan saya dengan manta saat itu tidak begitu spesial.

Sometimes we gotta experience and have a close encounter to care. I've met manta rays last year in Nusa Penida, Bali, but at the moment the visibility was so poor and also strong currents makes my manta encounter wasn't as special as it should be.
 


Tahun 2013 ini saya ditawari untuk ikut Manta Project bersama Riyanni Djangkaru, Gemala Hanafiah dan Dayu Hatmanti. "Nanti bareng Shawn Heinrichs, cek video dan foto fotonya," ujar Riyanni berusaha meyakinkan saya untuk bergabung.

In 2013, I got offered to join Manta Project with Riyanni Djangkaru , Gemala Hanafiah and Dayu Hatmanti. "We'll have some photos with Shawn Heinrichs, you should check out his photos and videos," said Riyanni to convinced me.

Saya cukup ragu untuk bergabung saat itu, pertama saya tidak terbiasa membuka mata di dalam air, kedua saya tidak andal menyelam tanpa alat atau free dive, apalagi jarak waktu dari saat Riyanni menawarkan saya bergabung dengan waktu saat pelaksanaan proyek sangat dekat dan saya tidak dapat berlatih terlebih dahulu karena berbagai jadwal keluar kota.

First, I hesitate since I'm not comfortable open my eyes underwater and also I'm not really good doing free diving, besides there was no time for me to practice first due to the tight schedule.


Inti proyek Manta ini adalah membuat foto bersama pari manta, untuk menunjukkan bahwa manta adalah makhluk yang luar biasa bersahabat, tidak berbahaya dan sangat anggun. Lokasi foto adalah di Manta Bay dan Manta Point di Nusa Penida, Bali. Membayangkan air yang dingin, ditambah saya yang awam melakukan free dive membuat saya ragu. Namun kemudian saya melihat video manta dance ini dan terkesima.

The main goal of this project is to make some photos with manta rays to show that mantas are friendly, harmless and a graceful creature. The photos took place in Manta Bay and Manta Point in Nusa Penida, Bali. Even thinking about the cold water, plus that I'm not a good free diver makes me hesitate, then I watched this video and amazed by it.

 "Manta Last Dance" amazing video by Shawn Heinrichs

Saya merasa saya harus melakukannya, setidaknya mencoba, then I said yes. 

I feel like I gotta do it no matter what, at least I try, then I said yes.

Jadwal yang berbeda membuat kami tiba di Bali di hari yang berbeda, sebagian lebih dahulu di Manta Bay dan saya di hari kedua di Manta Point. Foto pertama adalah dengan alat snorkel, masker dan baju biasa. Kapal berhenti saat melihat beberapa manta melintas, kemudian saya menceburkan diri di Manta Point yang ternyata hangat.

Different schedules make us arrived in Bali on different days, some do the photos on Manta Bay while I arrived on the second day then do the dive at Manta Point. First photo is using the mask, snorkel and usual rash guard. The ship stopped when seeing some manta rays passing by, then I threw myself into the water which surprisingly warm.

Trying to get close with the manta ray
Tanpa alat diving dan badan yang bergerak lebih bebas saya bisa memperhatikan dengan jelas saat manta mendekat. Pari manta dengan bagian atas berwarna hitam dan sayap yang lebar mendekat dan melewati saya. It such a great feeling sehingga di saat manta mendekat lagi saya sedikit menyelam dan berenang ke arah manta itu dengan berpikir ia akan menghindari saya dan membelok, namun ternyata tidak.

Without diving equipment, my body can move more freely and I can clearly notice when a manta approached. Manta ray with black color on top and wide wings approached and passing me near me. It is such a great feeling that when the manta came close again, I dive a bit and swam towards the manta, thinking that it would avoid me and swerved. but apparently not.

Saya cukup panik saat berhadapan begitu dekat dengan pari manta yang besar, takut akan bertubrukan, sehingga saya menggeser badan ke kanan dan sirip manta itu mengenai punggung saya. Tidak sakit, terasa seperti tepukan halus.

I was quite panicked realized that I got so close to a big manta ray, thinking that we would collide, so I shifted my body to the right and got hit by the manta's fin on my back. No pain at all, felt like a smooth pat.

They are big!
Shawn meminta saya untuk tidak terlalu dekat dengan manta dan mengambil jarak aman. "Boleh kita lakukan dengan menyelam tidak terlalu dalam?" ujar saya pada Shawn sedikit memohon, saya belum terbiasa free dive sehingga hanya bisa turun maksimal 5 meter saja, sementara Shawn dengan gesitnya bergerak kemana mana tanpa alat diving dan memegang kamera besar.

Shawn asked me not to get too close to the manta and take a safe distance. "Can I dive not too far to the surface?" I'm asking Shawn, begging a bit. I really don't used to do free diving so I can only get into 5 meters deep, while Shawn can go like anywhere so fast even when he bring the big camera.

Surfer and manta ray, that's new! :)

"You're good, let's do it again with the mantas," Shawn menyemangati saya yang merasa tidak enak karena tidak bisa memberikan momen yang baik untuk diambil gambarnya. Kemudian beberapa kali saya turun dan mengarah ke dekat manta, sementara Gemala juga beraksi dengan papan surfing untuk mendapatkan gambar yang unik tentang manta dan surfer.

" You're good, let's do it again with the mantas," Shawn encouraged me who felt bad that I couldn't gave good moment to be photographed. Then I went down a few times and swimming near the manta, while Gemala also in action with surf board to get unique images of manta and surfer.

face to face with this gentle giants, majestic!
Berhadapan dengan manta secara langsung benar benar memberi sensasi yang menyenangkan. Makhluk yang hitam dan besar, dengan sayap lebar membentang mengarah langsung ke posisi saya, ada momen dimana saya merasa makhluk ini sangat besar namun kemudian kita akan dibuai oleh keanggunannya.

Dealing directly with manta really gives a pleasant sensation. Large black creature, with wings stretched wide going directly to me, there was a moment where I felt so small facing this huge creature, but then we will be lulled by its elegance.

Big manta ray, dancing up and downs
Manta bergerak bagaikan menari, saat makan dan mencari plankton ia seringkali melakukan gerakan berputar ke atas, tanpa perduli manusia mengelilinginya. Beberapa gerakan manta bagaikan tarian yang dilakukan dalam gerak lambat dan saya hanya terpesona dapat melihat begitu dekat dan bebas.

Manta moves like dancing. During feeding the manta rays will do spinning movements, up and downs, not disturbed at all by divers around them. Some of its movements is like a slow dance. It took my breath away, seeing so close and free.



Makhluk yang indah ini kini terancam, banyak manta yang diburu hanya untuk diambil insangnya, karena mitos tidak jelas yang berharap bahwa insang manta dapat menyaring racun karena dapat menyaring plankton, logika yang absurd dan tidak benar.

This beautiful creature is threatened now, many people hunt manta rays for its gills, just because of some stupid myth thinking that it can filter out toxin since manta's gills filter plankton. Absurd logic and totally wrong.

Manta bereproduksi sangat lambat, hanya satu anak setiap dua hingga tiga tahun. Penangkapan yang masif kini mengancam populasi pari manta di Indonesia padahal Indonesia salah satu negara dengan daya tarik manta terbesar untuk pariwisata, ironis.

Manta reproduce very slow, only one calf every two to three years. Massive killing now threatens manta ray populations in Indonesia. Ironic since Indonesia is  one of the largest manta attraction for tourism . 
The manta ray is dancing!
Semoga foto foto ini bisa menunjukkan keanggunan manta, betapa tidak berbahayanya makhluk ini, dan betapa mereka butuh kepedulian kita.

Hopefully this photo would show you how elegant manta rays are, how that they aren't dangerous, they're harmless and desperately need out awareness.

Because dancing with them is a gazillion times better than killing them.

Hey manta! Let's dance!

@marischkaprue - wish to dance with the manta, one more time

All photos by Shawn Heinrichs

NOTES:
  • Cerita mengenai Manta Project ini juga ada di Divemag Indonesia Vol. 4 No. 041, Agustus 2013
  • Story about this Manta Project is also on Divemag Indonesia Vol. 4 No. 041, August 2013.
  • Kita tidak berhasil mendapatkan foto dengan gaun saat berdansa dengan manta karena arus dan saat turun dengan gaun manta sudah menghilang, maybe they aren't into girl with dresses ;)
  • We don't get the chance to took photos with manta while wearing dress due to the currents and the manta disappear when we wear some dress, maybe they aren't into girl with dresses ;)
  • Untuk tahu lebih banyak tentang Manta Trust, see here
  • To know more about Manta Trust, see here
  • Berita tentang Manta Project juga ada di Metro Tv news dan Detik.com
  • The news about Manta Project is also on Metro Tv News and Detik.com

7 comments:

Unknown mengatakan...

Sumpah keren mampus liat foto2 nya, kalian wanita2 tangguh yg menginspirasi banyak orang untuk turut menyelamatkan dunia ini melalui cara kalian masing2.

Salut banget :-)

Turis Cantik mengatakan...

wowww fotonya kerennn dan kau sangat beruntung dapet moment yang pas prue ;)

Pentilium5 mengatakan...

do they poke ppl with their tail?

Marischka Prudence mengatakan...

@cumi
Thanks cumi, mudah2an bikin orang ga anti sama manta :D

@turiscantik
Thanks, yes I'm so lucky to be able to work with the talented people like Shawn :)

@Pentilium5
Nope, we just gotta keep the distance, they are totally harmless but you better not touching them at all, we don't like if a stranger suddenly poke us right :)

Harry mengatakan...

ini bener2 cool!! good job! :D

mumun mengatakan...

I can't handle this. The pics are so cool. Surfer and manta is so awesome!

pria mengatakan...

season mantanya bulan apa ya mba pada waktu ini?