Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

11 Februari 2014

, , , , , ,

Lukisan Salvador Dali di Perairan Gorontalo

Share


Gorontalo bukanlah nama yang populer. Di kalangan penyelam, Gorontalo cukup terkenal karena memiliki sponge coral yang unik dan hanya ada di Gorontalo. Namun jika saya menyebut nama Gorontalo kepada siapapun yang bukan penyelam, kebanyakan dari mereka tidak tahu dimana letak Gorontalo.

Gorontalo is not a popular name. Among divers, Gorontalo is quite famous for its unique sponge coral which only exist in Gorontalo. But if I mention Gorontalo to those who isn't a diver, mostly people don't even know where Gorontalo is.

L'enigma del Desiderio by Salvador Dali. Source: lefotogratis.it
Ada satu hal yang membuat penyelam dari seluruh dunia datang ke provinsi yang ada di Sulawesi Utara ini. Jika anda pernah melihat lukisan L'enigma del Desiderio, maka di perairan Gorontalo anda dapat menemukan bentuk di lukisan Salvador Dali tersebut dalam wujud nyata.
 
There is one thing that makes divers from around the world come to this province which located in North Sulawesi. If you've seen the L'enigma Del Desiderio paintings, then in Gorontalo you can find the similar shapes
in a real form when you dive here.


Karena bentuk yang mirip dengan lukisan Salvador Dali, maka sponge coral yang jadi ciri khas Gorontalo itu dinamakan Salvador Dali sponge. Bukan hanya karena bentuknya yang unik, koral ini juga berukuran besar. Bahkan, sebagian berukuran lebih besar dari manusia sehingga menghasilkan pemandangan yang spektakuler.

The similar pattern on the corals makes this sponge coral named as Salvador Dali Sponge. Not only because of the unique pattern, the Salvador Dali corals are mostly big in size. Some, are even bigger than human which makes a spectacular sight.

Can you see the similarities with Dali's paintings?
It's also beautiful underwater scenery

Perairan Gorontalo cenderung tenang dengan suhu sekitar 29° Celcius, kondisi yang nyaman untuk menyelami perairan dengan jarak pandang sekitar 20 meter ini. Waktu terbaik menyelami Gorontalo adalah di bulan Oktober hingga April setiap tahun. 

Gorontalo waters tend to be calm with temperatures around 29° Celsius, comfortable waters to explore and also with visibility of about 20 metersThe best time to dive in Gorontalo is around October to April every year.

Oceanic manta ray
Can't get the best shot but it's still awesome to see this beautiful creature
Di saat beruntung anda bahkan dapat bertemu dengan Oceanic Manta Ray dengan rentang sayap hingga 6 meter. Pari manta yang satu ini adalah pengelana lautan luas dan bepergian dari satu samudra ke lautan lain di dunia. Saya dan teman teman sangat beruntung dapat bertemu dengan pari manta yang bahkan sebelumnya belum teridentifikasi oleh Manta Trust.

If you're lucky, you can even meet the Oceanic Manta Ray with a wing span of up to 6 meters. The manta ray is a vast ocean wanderer and traveling from one ocean to another in the world. Me and friends are very fortunate to meet with this manta rays which haven't even been identified even by Manta Trust.


Salvador Dali and Oceanic Manta Ray, I love Gorontalo already!

@marischkaprue - have a surrealist feeling everytime she's underwater

6 comments:

Unknown mengatakan...

Waks seru ketemu manta, waktu pameran deep indonesia sempet liat brosur2 nya ttg gorontalo dan baca2 ttg koral2 disana. Jadi noted nich gorontalo kalo ada tiket murah boleh juga hehe

Inverter Mitsubishi mengatakan...

thanks blog

Inu mengatakan...

Waaaa Salvador Dalii! Baru tau juga diving di Gorontalo ada manta ray nya. Makin pengen uy! *masukin Gorontalo ke dive wish list*

Marischka Prudence mengatakan...

Thanks, iya Gorontalo itu menarik dan view di atas laut juga keren ^^

tomfreakz mengatakan...

Tambahan info:

Salvador Dali Sponge selain di Gorontalo, juga ditemukan di daerah teluk tomini lain, seperti di Parigi Moutong

SAYA PAK RADI DI SEMARANG mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.