Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

13 Mei 2014

, , , , , , , ,

A Piece of Africa in Java: Baluran National Park

Share


Bayangkan padang savanna yang luas, langit yang biru dan binatang yang bergerombol. Tinggal di kota besar, pemandangan seperti itu adalah pemandangan langka, mungkin anda sudah bosan melihat gerombolan manusia di pusat kota, deretan gedung tinggi menjulang dan langit yang tertutup polusi asap kendaraan.

Imagine a vast savanna, the blue sky and group of animals. For those living in a big city, these sights are rare. We probably tired of seeing too many people on the street or shopping malls, row of tall buildings and grey polluted sky.  



When the soul is leaving
"Africa Van Java," sebutan bagi area taman nasional yang terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo ini. Untuk mencapai "Afrikanya Indonesia" ini anda tidak perlu keluar dari Pulau Jawa karena justru di ujung Jawa inilah anda dapat melihat savanna bagaikan di Afrika.

"Africa Van Java,"  that's what people called this national park in Banyuputih District in Situbondo. To get this "Africa in Indonesia" you even don't have to get out of the main island in Indonesia since its situated at the tip of east Java. Here, you can feel savanna which sometimes might feels like Africa.




Berkendara ke Taman Nasional Baluran cukup menyita waktu. Namun anda tidak akan menyesal, setidaknya saya sama sekali tidak menyesal saat melihat savanna ini meski belum memasuki waktu musim kering yaitu waktu terindah Taman Nasional Baluran dimana anda akan merasa seperti di Afrika.

Driving to the Baluran National Park is quite time-consuming. But you will not regret it, at least I do not regret the moment I arrived, seeing this savanna, although during my visit it wasn't dry season yet. It would be totally different and beautiful during the dry season and that is when people say you'll feel like you're in Africa.

Monkey business

Feels like God open the door to heaven, magical!

Nama baluran berasal dari nama Gunung Baluran yang ada di area ini. Jika sampai di lokasi ini jangan lupa untuk trekking sedikit ke menara pandang karena dari sana anda dapat melihat pemandangan luas Taman Nasional Baluran, lengkap dengan gerombolan banteng yang jadi penghuni tetap area ini.

The name "Baluran" came from the mountain in this area with exactly the same name. When you're here, don't miss trekking to the viewing tower where you can see wider view of Bekol savanna, with group of bulls which are the permanent resident of this area.



They're going home :)
Tidak hanya banteng, saat sore hari saya terpesona dengan senja yang seakan "memanggil" monyet-monyet di taman nasional ini untuk "pulang." Iringan binatang ini dengan latar belakang senja sangat indah, rasanya seperti ada di Afrika, meski saya sejujurnya belum pernah kesana.

Not only bull, during the afternoon I was fascinated with the dusk which seems "calling" the monkeys to "go home." These animals with sunset as background, it does feels like I was in Africa, even though honestly I haven't been to the wild in Africa.

So, do you wanna get wild?

@marischkaprue - from Baluran to Africa (someday)

Photos by Ferry Rusli & me

NOTES:
  • Terdapat Trip Organizer yang menyediakan open trip ke Taman Nasional Meru Betiri seperti Fun Adventure, 3 Days trip biasanya dengan harga Rp. 899.000,- 
  • There are Trip Organizer which provide open trip to Meru Betiri National Park. Fun Adventure 3 days trip usually cost Rp. 988.000,- 
  • Contact Fun Adventure di +6281 23410 5848 
  • Contact Fun Adventure  +6281 23410 5848 

14 comments:

Anonim mengatakan...

Ini cara penulisan, kombinasi foto bisa bagus dan enak dibaca makannya apa ya mbak..


pengen banget berguru ama lakak yang satu ini..

Sukses kak, semoga bisa sampi ke afrika.

Mahmud Yussop mengatakan...

Excellent photography..makes me feel at the place.

Unknown mengatakan...

Langit nya juara dan kawana monyet nya lucu banget. Cuman yg ngak tahan adri baluran ini panas nya juga juara hehehe.

Foto nya kece2 kak

Anonim mengatakan...

awesome shots combined with simple captions. couldn't agree more with mr.bukanrastaman and mr.mahmud yussop.

keren kak

Yoga Kurniawan mengatakan...

Prue...yang benar rp 988.000 atau rp 899.000? Terimakasih

Adynura mengatakan...

Selalu ingin ke afrika dengan ke eksotisan alam liarnya, tapi jika mengetahui ada 'afrika van java' di banyuputih ini, sepertinya ini layak kunjung nih.
ya selama belum kesampean ke benua afrika sana, kenapa engga ya kan jelajahi negeri sendiri dulu.

and as always, your photo's if perfectly capture the color of the nature. eyegasm banget!

thank you

http://adynura.blogspot.com/ (my personal photoblog)

Sahrul Mujib Tbn mengatakan...

artikel yang sangat menarik, fotonya bagus dan mungkin sudah mewakili gambaran wahana baluran itu.

Ali Arsa mengatakan...

baru blogwalking pertama kali ke blog ini udah takjub melihat isinya yang keren-keren..

bocah petualang mengatakan...

Foto terakhir itu juara banget

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Travel Banyuwangi Surabaya mengatakan...

Kalau ke baluran, sekalian nginep aja di pantai bama. Ada satu pondokan yang disewakan, tarifnya relatif murah. Kalau pagi langsung disambut sunrise keren dan berasa punya privat beach 😍

java tour mengatakan...

baluran is the best please visit java tour

bromo tour mengatakan...

serasa kek di aprika yak
mount bromo tour package

tour bromo mengatakan...

keren tempat ini, visit : mount bromo ijen tour packages