Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

6 Juli 2014

, , , , , , , , , , , , , ,

Padang's Beautiful Beaches, Why Not?

Share


Saya harus mengakui, setiap berbicara laut dan pantai, saya selalu memuja Indonesia Timur, bagi saya pantai-pantai terbaik selalu ada di wilayah timur Indonesia. Mengapa? Mungkin karena belum terjamah banyak orang, masih sedikit dan cukup sulit diakses, mungkin.


Namun persepsi saya segera diubah saat saya mengunjungi beberapa pantai di Padang pada trip #MinangkaBike di Sumatera Barat dan yang lebih mengejutkan lagi, pantai-pantai indah di Padang ini bisa diakses dengan waktu tempuh 30 hingga 45 menit dari Teluk Bungus, Padang.

Ada sejumlah pantai dengan karakteristik yang sama; pasir putih yang halus seperti bedak, warna laut yang belang-belang dari biru tua, biru muda hingga turquoise, pohon-pohon kelapa di sisi pantai dan pemandangan pulau-pulau hijau yang mengelilingi.

Let's just see the beautiful beaches

Pulau Pasumpahan 



Saya langsung terpesona saat tiba di Pulau Pasumpahan, beberapa kapal nelayan berderet di perairan dekat ujung pantai, mereka sedang menjala ikan di laut yang tenang dan berwarna-warni dengan pulau lain di belakangnya.


Nama pasumpahan berasal dari sejarah yang mencatat bahwa di pulau inilah janji antara salah satu pimpinan Belanda dengan Padang dilakukan, bahwa Belanda akan mengembalikan tanah ke pangkuan Indonesia. "Namun janji itu dilanggar," ujar Carlos yang menemani kami selama berkeliling pantai-pantai ini.


Terlepas dari sejarahnya, Pulau Pasumpahan sangat indah. Pasir putih sehalus bedak, laut yang berwarna-warni dengan Pulau Batu Boko yang hijau di seberangnya.

Pulau Pagang


Pagang is a nice playground. Anda dapat meloncat dari dermaga, bermain-main di pantai dengan air yang bening atau sekadar bersantai di pasir yang lembut. Pulau ini juga cenderung sepi di saat hari kerja sehingga serasa pulau pribadi.

Aerial view Pagang Island, by Barry Kusuma

Dengan karakteristik yang serupa dengan Pulau Pasumpahan, namun Pulau Pagang memiliki area pantai yang lebih luas.

Pantai Pamutusan

Pamutusan Beach, Photo by Barry Kusuma
Pantai ini sebenarnya berada di pulau utama Sumatera namun membentuk cerukan memanjang sehingga menghasilkan dua sisi pantai. Jika anda berdiri di tengah menghadap utara maka Pulau Sumatera berada di kanan dan Pulau Pagang berada di sebelah kiri.

nice place to relax :)
Pantai Pamutusan hanya berjarak 5 menit menyeberang saja dengan kapal dari Pulau Pagang karena persis berada di seberangnya. Masih dengan karakter yang sama namun dua sisi pantai yang berbeda benar-benar membuat saya menyukai pantai ini.



Saya yakin masih banyak pantai dan pulau indah lainnya di Padang. I think these beautiful beaches are the must visit places in Padang, a place to show you that we have such beautiful country, no matter in east or west side.

@marischkaprue - beach lover

NOTES:
  •  Pulau-pulau ini dapat diakses dari Pantai di Teluk Bungus, Padang dengan kapal kayu dalam waktu tempuh 30 hingga 45 menit.
  • Biaya island hopping adalah Rp. 250.000,- per orang, dengan minimal peserta 5 orang, jika jumlahnya lebih sedikit biasanya ada tambahan biaya. Info dan booking via Carlos +62813 78484971
  • Jika ingin snorkeling siapkan masker dan snorkel sendiri jika ingin nyaman, namun ada juga penyewaan alat snorkeling.
  • Island hopping ini merupakan salah satu kegiatan dalam #MinangkaBike, program Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia untuk mempromosikan wisata di Sumatera Barat. Lihat ragam potensi wisata Indonesia di Indonesia.travel
  • Again, thanks to Mad Alkatiri the initiator, let's do more projects in the future!

3 comments:

Irfan mengatakan...

OMG!! Baru tau ada pantai keren di Padang. Kirain cuma wisata kota aja di Padang. Tp masih takut buat ke Padang soalnya banyak yg bilang daerah sumatera, trmasuk Padang aga 'rawan'. Kalau liat kaya gini jadi ngebet lagi. Thanks mba Prue :)

novariza elvy mengatakan...

Waah...sy yg orang minang jd malu krn kurang eksplore tanahbkelahiran sendiri....thanks for sharing

Dwi Aryanti mengatakan...

Saya sudah ke Pamutusan Island, memang indah luar biasa ^.^