Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

16 November 2017

, , , , , , ,

SAKURA ADA DI SUMBA!

Share


Saya ingat melihat postingan di Instagram teman saya, Atre, beberapa hari sebelum saya trip ke Sumba. Atre memposting foto dirinya berdiri di depan pohon dengan bunga yang sangat menyerupai sakura dan menegaskan di caption bahwa pohon itu ada di Sumba.

Namun itu tidak membuat saya ngotot harus menemukan pohon yang sama. Saya selalu cinta dengan semua hal tentang Sumba dan bunga “sakura” itu bukan tujuan utama.

Sumba
Di pagi yang terik, kami menuju Air Terjun Tanggedu yang cukup jauh. Dari mobil kami melihat pemandangan sumba yang selalu cantik. Saat melewati satu bangunan, driver kami berhenti dan menunjuk pohon yang persis ada di depan pagar, sakura Sumba! Kami ditawarkan untuk turun dan memfoto pohon itu namun karena posisinya yang kurang bagus (ada pagar beton persis di belakang pohon), maka kami mengurungkan niat.

Sakura sumba
si cantik "Konjil"
Sakura sumba

Langsung pake poncho :))
Tidak lama berselang kami melihat beberapa pohon “sakura” ini persis di pinggir jalan. Sontak semua berteriak “berentiiiii!” dan langsung turun dengan semangat. Warna pink kemerahan dari bunga ini memenuhi pohon. Saya memperhatikan batang dan bentuk bunga, benar-benar mirip dengan bunga sakura, hanya berbeda di bentuk kelopak dan kepala sari.

Sakura sumba

Mobil lewat, lokasinya persis di pinggir jalan :)
dance dance dulu sambil nunggu spot clear (tapi tetep difotoin sama Ferry Rusli LOL)
Sakura sumba
Akhirnya bisa foto ala ala
Seperti sakura yang memenuhi batang, bunga inipun memenuhi batang pohon dan saat gugur baru digantikan dengan daun muda yang tumbuh di batang bekas bunga gugur. Ternyata bunga sakura Sumba ini adalah Cassia Javanica, bunga yang berasal dari Sumatera dan Jawa. Di Sumba, bunga ini disebut Konjil dan mekar di musim kering sekitar bulan September dan Oktober setiap tahunnya dengan rentang masa blooming sekitar satu bulan, lebih lama dari sakura khas Jepang.

Sakura sumba
lafff banget! pinky flowers everywhere!
Yang saya bingung, bunga ini asalnya dari Jawa, kenapa saya tidak pernah melihat pohon dengan bunga ini mekar di Jawa ya? Padahal bayangkan jika kita punya area dengan ratusan pohon Konjil di mana setiap tahun ada rentang satu bulan lahan dengan bunga Konjil ini jadi lautan “sakura,” dijamin tidak kalah cantik dengan sakura Jepang. Oh well, sambil berharap mari nikmati keindahan bunga Konjil, si cantik dari Sumba yang belum populer.

Thanks Sumba for giving me sweet surprise again and again!

@marischkaprue – she have a pair of happy go lucky feet!

Photo by Ferry Rusli

NOTES

Went here with TUKANG JALAN

BUDGET:
Jakarta - Tambolaka is around Rp. 1,4 juta - 2 juta
Waingapu - Jakarta is around Rp. 1,4 juta - 2 juta
Open trip (5D/4N) is around Rp. 3 juta, provided by TUKANG JALAN, check out their website here
Total budget: around Rp. 6 juta

***

6 comments:

Mesra Berkelana mengatakan...

Ah pasti kalo Kak Pru pake kimono bener-bener dikira lagi di Jepang haha
unik sekali selalu suka dg bunga-bunga yg lagi bermekaran cantik

zona travelling mengatakan...

Keren nih, kirain di negri sakura. ternyata di sumba. hehehe....

Anonim mengatakan...

Di komplek rumah aku ada di sepanjang jalan, kak.. Persis kayak gitu, warna pink-putih, musim blooming nya juga sama. Di Surabaya aja, ga perlu lari jauh ke Sumba hahaha

Didy mengatakan...

Gak sangka di Indonesia juga ada bunga sakura yang tidak kalah indahnya dengan cherrry blossom yang ada di Jepang :). Indah banget, saya belum sempat melihat bunga-bunga ini bermekaran.

www.didyrosyidi.id

hengki juliansyah mengatakan...

thanks infonya kak

Yusvita mengatakan...

Keren banget kak pengen cepet-cepet kesana