Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

22 Januari 2014

, , , ,

Manta Show at Manta Sandy, Raja Ampat

Share


Pari manta adalah salah satu makhluk terindah menurut saya. Cara mereka berenang, sayap yang membentang, semuanya begitu anggun dan indah. Sulit menjelaskan kekaguman pada pari manta jika tidak melihat langsung gerakan indah mereka di dalam laut. Disini, anda dapat menyaksikan sekerumunan pari manta bergerak indah, sambil "terbang" di atas anda berkali kali.

Manta rays are one of the most beautiful creatures in my opinion . The way they swim, stretch their wings, everything is so graceful and beautiful. It is difficult to explain this fascination of seeing manta rays if you don't see them directly at the sea. In this place, you can see a group of manta rays moving beautifully, "flying" above you several times.


Manta Sandy is even beautiful above the water
Terletak di antara Pulau Mansuar dan Pulau Arborek, Raja Ampat, titik penyelaman Manta Sandy adalah salah satu lokasi wajib disambangi bagi penyelam. Sesuai namanya, anda akan menemukan pari manta di antara koral dan dasar laut yang berpasir putih.

Located between Mansuar and Arborek Island in Raja Ampat, Manta Sandy dive spot is one of the mandatory spot for divers. Just like the name itself, you will find manta rays among the corals on white sandy seabed.

a few manta going back and forth around the coral reef
Saya dan teman teman melakukan entry backroll dari perahu dan langsung menuju ke kedalaman. Arus terasa semakin kencang dan saya melihat terumbu karang di area flat yang berpasir putih. Disini "tempat menonton" seakan sudah disediakan. Ada jejeran batu karang yang dibuat menjadi semacam garis pembatas, dan di balik garis itulah berkumpul penyelam yang menahan posisi dari arus dengan hook atau sekadang memegang karang keras.
 
Me and friends did the back roll entry from the boat and headed straight into the depths. Currents beginning to feel stronger and I see the coral reefs in the flat area with white sandy seabed. The interesting thing is the "viewing area" seems like been "prepared," there area rows of rocks arranged as the diving line, behind the lines is the place for divers to stay, hold a position by hook or holding a coral to fight against the strong currents.

the manta ray flying above us
each of the manta ray have unique pattern, just like a fingerprint!
Sebelum saya sempat berpikir entah siapa yang menjajarkan batu batu itu, seekor black manta besar datang ke arah kami, diikuti beberapa manta lainnya, sebagian adalah manta alfredi dengan corak di antara dua insangnya. Corak setiap pari manta ini unik, sama seperti sidik jari manusia dan dapat digunakan untuk identifikasi pari manta.
 
Before I could think whoever it juxtaposes the rocks, a large black manta coming towards us , followed by several other manta rays, some are alfredi manta with the pattern between their two gills.
This pattern is unique on each manta rays, just like human fingerprints and can be used for identification.
 

Sekitar delapan pari manta dengan lebar sayap sekitar tiga hingga empat meter ini lalu lalang di atas karang dan berkali kali melewati kami, memberi sensasi yang luar biasa saat melihat makhluk yang anggun dan besar ini menutupi cahaya persis di atas para penyelam.
 
Approximately eight manta ray with wingspan of about three to four meters passing over the reef and many times passing us also, giving great sensation when the graceful creature cover the sunlight just above the divers.


Got so close with the manta ray and he (or she?) doesn't seem care at all
Beberapa manta berkeliling, sedikit melakukan "salto" dan "parkir" untuk membersihkan diri dari parasit. Untuk ritual satu ini mereka mengandalkan ikan kecil jenis wrasse dan butterfly yang mendatangi mereka untuk memakan parasit di tubuhnya. Pari manta juga cenderung cuek dengan penyelam, selama kita tidak mengejar mereka secara ekstrim, manta manta ini tampak tidak perduli saat posisinya sangat dekat dengan kami, para penyelam.
 
Some manta are circling around, did some acrobatic movements and "park" to be cleaned by small fishes such as butterfly and wrasses. Manta ray is also tend to ignore the diver, the don't seem care at all even when we got so close, as long as you don't chase them brutally.

Enjoy the live show!
Anda cukup mengambil posisi di "area penonton" dan nikmati pertunjukkan gerakan dari makhluk anggun ini. Amazing indeed.

You simply just have to take a position in the "viewing area" and enjoy the show of this graceful creature. Amazing indeed .

@marischkaprue - want to have more dance with the manta ray


NOTES:
  • Manta Sandy terletak di antara Pulau Mansuar dan Pulau Arborek, Raja Ampat.
  • Manta Sandy located between the Mansuar and Arborek Island in Raja Ampat.
  • Siapkan hook sebelum menyelam di Manta Sandy karena area tempat cleaning manta ini adalah area dengan arus yang cukup kencang.
  • Prepare your hook before diving in Manta Sandy because the cleaning spot is an area with strong currents.
  • Opsi dive operator: Mangkur Kodon Dive Centre: contact via Luki +6285254275968, atau Papua Diving: contact via +628114807610
  • Dive operator, option: Mangkur Kodon Dive Centre: contact via Luki +6285254275968, or Papua Diving: contact via +628114807610
Belum punya sertifikasi menyelam? ini saatnya untuk bergabung menikmati keseruan bawah laut, ambil paket sertifikasi di Bali with me, here --> Dive Course Trip Bali 11-14 April 2014

6 comments:

Unknown mengatakan...

Eh busyet tuch manta gede2 bingits dan cantik. Btw pertama kali ketemu manta gede2 ngak takut prue ??? apa yg dirimu rasakan pertama kali ????

venus mengatakan...

whoaaaaa... kapan ya, bisa ke raja ampat? mudah2an tahun ini deh. amiiin :D

Marischka Prudence mengatakan...

@cumi:

Pertama kali ketemu manta bukan yang gede banget sih jadi ngga takut, seru aja rasanya, kayanya takutnya kalah sama serunya hehe, pas dulu sempet free dive terus hadap hadapan sempet takut nabrak sih haha tp mereka itu bener2 ga bahaya, lembuttt dan cantik banget <3

@venus:

Amin mbok! AMIN!

Indonesianholic mengatakan...

Wow, Manta nya besar banget yah. terkadang kalau saya snorkling, saya teringat film-film Ikan buas.(korban film) hehhehe

Raja Ampat memang keren, tak salah jika dikenal sebagai surga dunia bawah air.

Marischka Prudence mengatakan...

@Akbar:
dampak film tuh hehe, pdhal ikan2 yg kita anggap jahat malah ga ngapa2in :D

sprei merk mengatakan...

wow,,,,,cantik tempatnya,,,semoga bisa ada ksempatan buat kesana.