Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

22 November 2015

, , , , , , , ,

Mermaid New Home: Bunaken

Share


Saya masih mempersiapkan alat menyelam di kapal saat patung seberat lebih dari dua ton sudah meluncur turun di dalam air. Kami melihat situasi dan langsung tergesa-gesa turun untuk melihat proses penenggelaman patung di Bunaken ini.

Such a blue day!

Sebelumnya, saya memprediksi proses penenggelaman patung ini akan berlangsung cukup lama sehingga kami memilih untuk "menabung" waktu di atas kapal terlebih dahulu, agar bisa menyelam lebih lama kemudian. Namun ternyata penenggelaman patung ini berlangsung cepat dan lancar, jauh lebih cepat dari prediksi semua.


Patung mermaid berwarna putih ini didesain oleh Celia Gregory dari The Marine Foundation dan dibuat oleh seniman di Bali dan kemudian dibawa ke Bunaken untuk ditenggelamkan di laut dekat Grand Luley Resort yang berpasir putih.

Patung berukuran 1 x 1,5 meter ini dibuat dari semen dengan tingkat keasaman yang netral agar cepat menjadi rumah baru bagi ekosistem laut untuk tumbuh dan berkembang, sekaligus menambah daya tarik bawah laut sebagian sisi Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara ini.


Proyek ini merupakan kali kedua penenggelaman patung dilakukan dengan support dari The Body Shop Indonesia, dimana sebelumnya penenggelaman patung dilakukan di Amed, Bali. Meski sudah kali kedua, proyek ini perlu waktu panjang, mulai dari awal, pembuatan hingga kerumitan teknis dalam penenggelaman patung agar dapat diletakkan di tempat yang tepat.


Saat saya turun, patung sudah turun lebih dari 8 meter dari permukaan. Lokasi penenggelaman patung ini adalah pada kedalaman 14 meter, namun selisih 4 meter menuju dasar adalah momen-momen cukup rumit karena patung yang diturunkan pelan-pelan dengan tali harus sejajar agar tidak terguling dan dapat diletakkan dengan sempurna.



Ada lebih dari 10 penyelam yang mempersiapkan teknis dan membantu proses penenggelaman patung, salah satu tantangan utama adalah menjaga patung tetap turun dengan stabil agar dapat ditempatkan di lokasi yang direncanakan.


Rupanya lagi-lagi tidak perlu waktu lama, patung akhirnya mendarat sempurna di pasir putih dan tali yang mengikat patung dilepaskan perlahan. Mermaid couple ini kini menjadi penghuni tetap laut di area dekat Grand Luley Resort ini dan jadi salah satu "property" baru untuk ikan-ikan, binatang laut lain dan tentunya karang untuk tumbuh dan menetap di sini.


Coral reefs around the mermaid spot

Mermaid couple ini kini sudah punya rumah baru dan mereka pun akan menjadi rumah untuk sebagian penghuni laut Bunaken. Welcome home, mermaids! Welcome in, fishes and coral reefs!

@marischkaprue - blue sky and blue sea considered as her second home

WHERE
The Mermaid statue ini kini berada di perairan dengan jarak tempuh sekitar 5-10 menit saja naik boat dari dermaga Grand Luley Resort, Tongkaina, Bunaken.

ABOUT THE MERMAID STATUE
The Mermaid Statue ini merupakan project dari The Marine Foundation, didukung oleh The Body Shop Indonesia dan Grand Luley Resort.

DIVE SPOT
Anda dapat menyelam di spot Mermaid Couple ini, hubungi Grand Luley Resort Dive Center untuk menyelam di area ini.
Contact: +62 (431) 8858 222

***

9 comments:

Wahyu Bukanrastaman mengatakan...

ajiiib kak

Lia Harahap mengatakan...

Lautnya bening banget. Suka juga sama foto pertama 😊

Kang Alee mengatakan...

Keren sekali Kaka

Sandrine mengatakan...

Ya ampun birunya!!!! Keren banget ya mba.
Sebagai wanita keturunan manado, sampai saat ini saya belum pernah menikmati keindahan alam laut bunaken. Jadi ingin cepat-cepat kesana.

Aula Andika Fikrullah Albalad mengatakan...

Kereeen sekali kak. Semoga suatu hari sy memiliki kesempatan utk diving sama kakak yaaaa

HotelMurahBandung.net mengatakan...

Airnya bening sekali...
Tapi kok ikannya sedikit ya?
yg trakhir cuma ada ikan kecil2 aja....

Bayu Setya Romansyah mengatakan...

Iya aku juga suka sama foto pertama, bening bangettt *pelototin marisckha

ucky Wiicky mengatakan...

keren banget

YanZ mengatakan...

Keren banget kak...
Boleh aku ReShare di Blog http://wyn-suparno.blogspot.co.id/
Kami?
Kamisuka mengumpulkan info-info yg unik seperti yg kak posting ini :)