Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

7 November 2015

, , , , , , , ,

Pretty Neighbourhood: Ihwa Mural Village

Share


Kami mendarat di Incheon International Airport tepat waktu. Waktu menunjukkan pukul 7 pagi waktu setempat, kami bergegas menuju imigrasi, mengambil bagasi dan langsung menuju Gimpo International Airport. Namun di Gimpo kami hanya menitipkan bagasi di baggage deposit dan langsung menuju area kota.

Kami hanya punya waktu lima jam sebelum bertolak ke Seoul, namun saya sudah tahu kemana saya harus menghabiskan waktu yang ada, meski terbatas.



Dari Seoul Station, kami melanjutkan naik kereta menuju Hyehwa Station. Saya keluar di exit kedua dan kami langsung disambut taman indah dengan pepohonan berwarna kuning dan kemerahan. Musim gugur memang baru mulai di Korea dan warna-warni tanaman begitu menyita perhatian kami.


Namun saya dan teman-teman langsung berjalan ke arah bukit, kami menyusuri jalanan menanjak hingga ke depan area Naksan Park. Dari sini area yang kami tuju sudah terlihat, kompleks yang dipenuhi karya seni indah yang berpadu sempurna dengan pemandangan sekeliling.


Saya ingat melihat foto tangga yang dilukis sehingga dari sisi tertentu terlihat gambar empat ikan koi di 9GAG, tangga ini merupakan salah satu spot populer di Ihwa Mural Village di Ihwa-dong, Jongno-gu, Seoul. Kompleks ini menjadi sangat “berseni” sejak Naksan Project di tahun 2006, yaitu proyek untuk membuat kompleks di area dekat Naksan Park menjadi indah dengan mengerahkan 60 seniman untuk “mewarnai” Ihwa-dong dengan cara mereka masing-masing. Hasilnya? Area yang penuh dengan karya seni baik mural maupun seni kontemporer berupa patung atau instalasi permanen.




Salah satu favorit saya adalah karya patung seorang pria dan anjing peliharaannya yang berjalan bersama, dengan latar kota Seoul yang indah dari bukit di Naksan Park. Menyusuri jalanan di area ini, ditambah dengan suasana warna musim gugur membuat berjalan kaki menjadi sangat menyenangkan.



Kami kemudian melewati toko-toko kecil yang cantik dan tiba di gang kecil dimana mural mulai terlihat di memenuhi jalanan-jalanan kecil ini. Beberapa café dan tempat makan mini juga membuat Ihwa Mural Village memberikan kesan jauh dari kota besar, a bit feeling of small town of Europe but the artwork is a different feeling.




Karena waktu yang terbatas kami tidak bisa berlama-lama di Ihwa-dong dan Naksan Park, namun waktu yang ada benar-benar menyenangkan. It’s really a pretty neighborhood that gives you good feeling.

@marischkaprue – spend time as well as she can

NOTES



WHERE
IHWA MURAL VILLAGE
Ihwa-dong, Jongno-gu
Seoul, Korea

HOW TO GET THERE
  • Dari Incheon Airport naik Airport Express ke Seoul Station, kemudian dari Seoul Station naik Line 4 (warna biru) menuju Hyehwa Station. Total waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit.
  • Dari Hyehwa Station keluar di Exit 2, kemudian saat keluar kita akan melihat jalanan di sebelah kanan dan di kiri terdapat taman, masuk ke area taman depan bangunan berwarna oranye dan jalan terus (ada petunjuk jalan ke Ihwa Mural Village). Di depan bangunan kuning belok kanan, kemudian kiri ke jalanan menanjak, nanti kita akan sampai di depan Naksan Park, Ihwa Mural Village berada sangat berdekatan dengan Naksan Park.

***


7 comments:

Yudi Randa mengatakan...

itu yang gambar koi kayaknya fenomenal banget ya kak

Vonny mengatakan...

wahhh lucu banget ini tempetnya. Kalo di Indo mah udah ditambahin lagi muralny sama coret2an ga pentig :'(

VONNYDU

dinilint mengatakan...

mbak pru,, aku suka mampir ke blog dan follower ig-mu karena suka sama foto-foto perjalananmu. Tapi ini sejak ganti template,, kok berasa gambarnya jadi burem ya kalo blog....

Tekno Bolang mengatakan...

Wihhh Autumnya Romantis ya kakakkkk, ksana lagi yokkkkk yang lebih lamaaaa

Cumilebay MazToro mengatakan...

Lelah kejar2an ketempat ini tapi puas seneng banget akhirnya dapet trus paling cetar bisa negrasain auntum nya yg kuning berguguran

fanny fristhika nila mengatakan...

kalian bnr2 beruntung dtg pas warna2 pohonnya lg cantiiiik bgt ya mbaa ^o^.. mural2nya aku juga suka... thn dpn pas ke korea hrs datangin ini tempat!

Anggun Widyaningrum mengatakan...

Tempat ini emg keren banget! Gak cuma muralnya aja yg bikin menarik, tapi view dan daerah sekitarnya keren! Must visit when at Seoul