Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

22 Desember 2015

, , ,

DECEMBER BLOGGER TIPS: CONSISTENCY

Share


Saya selalu mengibaratkan blog itu seperti toko. Setiap toko memiliki "produk" yang berbeda, display yang berbeda. Ada toko yang menjual barang yang mirip namun sebagian toko lebih diminati karena berbagai hal, mulai dari display, kemasan produk, keramahan staff yang ada, hingga berbagai hal lain seperti branding (we'll talk about that on later post).

TIPS NUMBER TWO: CONSISTENCY

Salah satu yang paling utama menurut saya adalah konsistensi. Saat kerja kantoran, jika kita bukan bos, maka kita mau tidak mau, mood ataupun tidak, mesti menyelesaikan pekerjaan. Lain halnya dengan blogger yang bekerja sendiri. Blogger tidak punya atasan yang akan menegur saat tidak posting, kita bisa meninggalkan blog kita "kosong" dari postingan baru selama berbulan-bulan tanpa ada yang memarahi kita.

Namun layaknya toko, sebagus apapun barang yang kita miliki dan kita display, jika tidak ada "produk" atau barang baru, maka lama-lama toko tersebut akan ditinggalkan. Bayangkan kita masuk sebuah toko fashion dengan barang-barang yang menarik, kita berbelanja dan dengan senang memasukkan toko tersebut dalam listing toko favorit. Dua minggu kemudian kita datang lagi dan toko tersebut masih memajang barang yang sama yang sudah kita lihat, bulan berikutnya masih sama dan bulan berikutnya masih sama lagi, dan kemudian kita sudah malas masuk toko tersebut karena sudah beranggapan tidak ada hal menarik yang baru.

Begitu pula dengan blog, selalu sediakan konten baru yang menarik, selalu share pengalaman kita bagi pembaca. Tidak masalah apakah konten baru itu baru ada setiap 2 minggu, yang penting adalah konsistensi, konsisten untuk terus menulis dan posting artikel baru sehingga pembaca tahu saat ia "visit" blog kita, ia akan menemukan hal-hal baru.

Bagaimana agar bisa tetap konsisten? Perlakukan blog secara professional, meskipun sharing pengalaman traveling lebih sebagai hobi, saat kita ingin blog kita berkembang, anggap ini sebagai pekerjaan (dengan passion tentunya). Jika kita sudah terbiasa, menulis dan posting materi terbaru akan jadi rutinitas yang menyenangkan! So, let's write and post, shall we?

@marischkaprue - trying to be consistent

ANOTHER BLOGGER TIPS:

10 comments:

Johan FJR mengatakan...

Saya juga mencoba konsisten, tapi susah. Terkadang aktivitas kampus nan padat jadi alasan. 😥

Rico Sinaga mengatakan...

Thank u ka Prue tips nya. Guna banget. Ak turut merasakan efek "konsisten" walau postingan kadang ala ala :)

Cumilebay MazToro mengatakan...

Konsisten itu yang berat banget, aku kadang lelah tapi tetep semangat buat memberi penghiburan ala2 untuk para pembaca setia blog kita #Halah

muhammad akbar mengatakan...

Konsisten memang yang paling penting, saya juga gagal dalam hal ini.

Adil mengatakan...

Iya, konsistensi utk menulis artikel adalah sebuah keharusan bagi setiap Blogger. Makasi Tipsnya kak Pru ;)

Sandrine - SanWa Journeys mengatakan...

Wah, ini benar banget... Konsistensi... Walau masih sukar untuk "mendisiplinkan diri" karena lebih enak leyeh-leyeh... Tapi konsistensi tetap kunci utama sukses di dunia blogging. Terima kasih banyak tipsnya :)

idoeidrus mengatakan...

Indeed! Terima kasih atas tulisannya mbak Prue, reminder banget ini. Terkadang sudah punya banyak ide tp krn sibuk kerjaan yg lain jadinya malas menulis.

Inggit Erlianto mengatakan...

Paling susah emang ini ya kak "konsisten" :(

Esti Sulistyawan mengatakan...

Iyes, bener banget mbak, nah itu yang susah -konsistensi-

Timothy W Pawiro mengatakan...

Bener nih konsisten, masih belajar untuk lbh konsisten, at least 2 - 3 postingan per minggu huahaha