Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

2 Januari 2013

, , , ,

Antara Liar dan Tidak, Kuda Sumbawa.

Share


Pergilah ke area barat Nusa Tenggara, anda akan terpesona dengan kumpulan kuda di padang yang berkeliaran bebas. Pemandangan seperti ini adalah pemandangan yang mudah ditemui di Sumbawa.

Seru sekali melihat rombongan kuda liar berlarian
Saya berulang kali berdecak kagum dan meminta berhenti untuk mengambil gambar. Siapa yang tidak terpesona melihat kumpulan kuda berlari bebas di tanah luas? Dan, pemandangan seperti ini terlihat dari atas mobil di jalanan beraspal saat menyusuri pinggiran Sumbawa Besar.

Di Sumbawa, kuda dibiarkan berkeliaran bebas, namun sebagian besar tetap ada pemiliknya. Sebagian kuda berkeliaran di padang yang luas namun dengan pagar agar kuda kuda ini tidak masuk ke jalanan, sebagian kuda lagi memang liar karena ada di daerah luas tanpa batas.



Yang unik, kuda di Sumbawa meski dibiarkan liar dapat mengenali pemiliknya. Saat mengunjungi Desa Sebewe, saya melihat pemilik kuda, Haji Ismail memanggil kuda miliknya dengan siulan khusus, hanya ia yang bisa memanggil kuda kudanya.

Kuda liar itu langsung datang dan Haji Ismail langsung memasang tali. "Mereka kenal sarung dan peci saya, kalau saya tidak pakai peci mereka tidak mau datang," ujar Haji Ismail sambil tertawa menjelaskan kalau kuda kuda miliknya mengenali dari penampilan dan siulannya.

Lihat cara Haji Ismail memanggil kudanya di video ini:


"Kalau ada orang lain pakai peci dan sarung yang mirip dikira pak Haji dong?," ujar saya. Haji Ismail hanya tertawa sambil menggiring kuda miliknya, kemudian saya kembali memandang lama ke kumpulan kuda yang berkeliaran di padang. Indah, terlalu Indah. "Indonesia ini kurang ajar, indahnya banget banget," saya menggumam sendiri.

@marischkaprue - explore free like wild horses

7 comments:

STARSNAPSHOT mengatakan...

beautiful photos *.*

Pachrur Huda mengatakan...

indonesia tuh bikin ketagihan :)

aiuemocha mengatakan...

Sebetulnya, tidak perlu pergi keluar negeri untuk menikmati keindahan alam. Indonesia punya semua. Seperti halnya dengan ini, kalau kakak tidak menuliskan 'Nusa Tenggara', mungkin orang tidak akan mengira foto kuda-kuda ini berasal dari Indonesia. Terima kasih untuk postingan tentang alamnya, terima kasih untuk selalu berbagi cerita, terima kasih untuk foto-foto indahnya dan terima kasih telah mengingatkan bahwa indonesia memiliki keindahan yang luar biasa :')

regards,
@aiuemocha

Anonim mengatakan...

Jangan bosan ke Sumbawa ;)

Nova Adhitya Ananda mengatakan...

Keren banget Fotonya.

jalan2liburan mengatakan...

Love Love Love Your Photos....

marischkaprudence mengatakan...

Thanks :) banyak banget tempat yg luar biasa indah di Indonesia, cuma masih kurang di eksplore aja :)