Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

6 Januari 2013

, , , , , ,

Bermain Bersama Ubur Ubur di Pulau Seribu

Share


Kalau ada foto diving dengan ubur ubur pasti banyak yang mikirnya di Derawan karena memang disana ada danau yang penuh dengan ubur ubur yang sudah tidak menyengat lagi sehingga siapapun bisa dengan bebas masuk, berenang dan bersentuhan dengan ubur ubur tanpa takut tersengat.

Nah, kalau hitungannya cuma mau ketemu ubur ubur, di dekat Jakarta pun ada spot yang dipenuhi ubur ubur, walaupun beda dengan Derawan, ubur ubur disini menyengat layaknya ubur ubur normal, dan tidak sepenuh danau Kakaban karena seram juga kalau ada sebanyak itu tentunya sulit menghindari tentakelnya, tapi setidaknya saya ketemu minimal selusin ubur ubur besar yang sumpah, lucu banget!


Alih alih ketakutan, saya malah semangat banget ketemu makhluk yang satu ini. Saya dekati, ambil gambar, walau tentunya mesti tetap hati hati agar tidak terkena tentakelnya. Tentakel ubur ubur ini punya sel menyengat (nematocyst), yang sensitif terhadap tekanan, jadi jika tersentuh tentakel ini akan mengeluarkan sengatan. Sebagian besar sengatan ubur ubur tidak akan melumpuhkan manusia, ada jenis tertentu yang berbahaya seperti box jellyfish namun jenis ini tidak banyak ada di perairan tropis, tapi tetap saja sengatan ubur ubur lumayan bikin cenat cenut. Ada satu turis cina yang satu grup diving dengan saya terkena tentakelnya, alhasil punggung tangannya merah meradang total, jadi tetap hati hati ya :)

Lokasi penyelaman saya ini hanya sekitar 30 menit naik perahu dari pulau Papa Theo di Pulau Seribu, nama lokasinya Karang Dalam. Memang, saat saya menyelam jarak pandang cukup buruk, visibility mungkin hanya sekitar 5 meter, selain itu banyak sekali partikel sehingga di foto foto saya ini terlihat banyak bintik bintik.


Dilihat dari sudut manapun ubur ubur ini lucu :3
Namun, meski keruh, ubur ubur ini jelas terlihat karena warnanya yang mencolok. Memperhatikan ubur ubur dengan gerakan yang halus, perlahan, bahkan ada ubur ubur yang ditemani ikan kecil kemanapun ia pergi. Saya merasa jadi Spongebob yang bermain dengan ubur ubur, so excited!

Ferry Rusli semangat shooting ubur ubur
Oya, kalau ketemu ubur ubur, nomor satu jangan panik nanti keseimbangan di bawah laut alias bouyancy jadi kacau, salah salah malah nabrak ubur ubur super unyu tapi menyengat ini, bagian atas ubur ubur tidak berbahaya, tapi usahakan jangan dipegang ya, mereka ini tipis sekali dan rentan. Yang penting tenang, nikmati saat berada di antara banyak ubur ubur, memperhatikan mereka bergerak, dan tetap lihat sekeliling. Enjoy!

@marischkaprue - love love love love jellyfish!

Its more fun to see jellyfishes swim in a video, so check this out:



RELATED STORIES:

3 comments:

Kuz9 mengatakan...

wow, enak banget bisa nyelem sama pink jelly fish

yustha tt mengatakan...

wow...dilihat dari segala sisi lucu & unyu...

leilafitriyani mengatakan...

keren kaka pru.. =) kpn yah bisa diving bareng jellyfish jugak.?