Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

14 Januari 2016

, , , , ,

JANUARY BLOGGER TIPS: BRANDING

Share


"Branding? Memangnya situ baju?"

Blogging memang cara untuk berbagi, namun saat kita ingin blog kita dikenal dan dipercaya secara profesional, branding itu penting.

TIPS NUMBER THREE: BRANDING

Mengapa bisa ada dua produk yang kualitasnya kurang lebih sama, material kurang lebih sama namun produk yang satu jauh lebih mahal dibanding produk lain? Seringkali, branding-lah penyebabnya.

Apa yang mempengaruhi "branding" sebuah blog? For me, just be yourself and show yourself! Yes, keunikan blog adalah si person di balik blog itu sendiri. Sebuah blog dapat menjadi sangat attached dengan si pembaca seringkali karena si bloggernya, karakter penulis terlihat dalam postingan di blog dan kemudian pembaca akan mengasosiasikan cerita di blog sebagai cerita dari yang mereka "kenal," it's quite similar with following those we love on Instagram, we see their personalities and sometimes some account are more attached to us compare to others, maybe it's because of their personalities came out - branding.

Cara branding diri sendiri di blog?

Tunjukkan Diri Kita
Bukan berarti mesti narsis ya, tapi jadilah diri sendiri dan tunjukkan. Jika kita biasa bercerita dengan gaya bahasa "gue - lu" ya tidak usah memaksakan diri bercerita dengan "aku - kamu," saya pun terbiasa dengan istilah "saya," mungkin karena background dulu di media, jadi lebih nyaman bertutur dengan cara ini.

Temukan Kekuatan Kita
Kamu kuat di foto? gunakan foto terbaik, ambil foto dari berbagai angle, belajar terus cara mengambil foto yang menarik, gunakan foto-foto terbaik dan tunjukkan di blog kalian. Kalian andal bertutur? gunakan kata-kata menarik, kalimat dan cerita dengan gaya kalian, what's best on you, fit on you and use your strength! Setiap orang punya kelebihan masing-masing, tidak usah memaksakan jadi seperti si A, si B atau si C, semua blog akan punya "pasar" masing-masing, no worries!

Jangan Bersembunyi
Kurang lebih sama dengan poin pertama, namun ini lebih berupa perkenalkan diri kita, tulis di bagian "about" tentang diri kita, jangan malas menulis bagian ini, people want to know and knowing a bit of us gave more attachment to the blog, kecuali memang konsep kalian mau jadi blogger misterius hehe..

Marketing!
Yes jualan jualan, jangan malu dan malas jualan, artinya jangan bosen promosiin blog sendiri, jangan berharap setelah posting kemudian akan ada 100.000 orang ngantri mau baca blog kita, Kylie Jenner yang followersnya jutaan aja "jualan" konten webnya, masa kita diam saja menunggu orang datang? Cara marketingnya? gunakan social media channels kita yang beragam - twitter, Instagram, facebook, silahkan posting link blog kita, ingat jangan malas dan malu melakukannya :)

Konsep
Saya ingat masa-masa membuat karya seni, konsep selalu penting, bagaimanapun visual yang kita sajikan, konsep itu penting. Jadi tetapkan terlebih dahulu, kalian mau blog seperti apa? backpacker? konsistenlah di bidang itu kalau memang judulnya backpacking, kalau materi bercampur-campur maka umumnya orang akan bingung (tidak semua ya, namun ini general saja, peace!), kalau blognya tentang travel ya siap materi itu, jangan tiba-tiba banyak postingan parenting hehe, kalau mau travel & lifestyle? travel & culinary? travel, food & lifestyle? why not, yang penting sesuai konsep, ingat kalau orang ke toko baju ya mau cari baju, kalau di dalamnya tiba-tiba ada panci maka bukan toko baju lagi, brandingnya gagal deh :)

Honest
Jujur.. iya, jujur dalam bercerita itu akan terasa kok, branding yang dipaksakan akan terasa, jujur dan tuluslah dalam bercerita. I know ini tampak sulit ya dijelaskan, tapi saya selalu merasa tulisan-tulisan yang jujur dan tulus itu selalu terasa kok dan tulisan-tulisan itu selalu memberi kesan tersendiri saat membacanya.

Konsisten
Seperti yang sudah dibahas di tips sebelumnya, konsistensi itu nomor satu setengah, nomor satunya Passion :))

Yuk ah, branding diri sendiri, ga haram kok!

@marischkaprue - she provide passion-sharing
 
PS:
Tips ini ditulis berdasarkan pengalaman dan analisis pribadi, different people will have different opinion and it's completely ok :)


ANOTHER BLOGGER TIPS:
 

13 comments:

Cumilebay MazToro mengatakan...

Setuju banget jualan jualan jualan, abis posting mesti kita promoin tulisan kita biar banyak yg baca

Rico Sinaga mengatakan...

Konsisten.....setuju kaka

NiaNastiti mengatakan...

Tips2 bloggingnya makin kece Kak Phrue. Aku suka dan nyimak terus :)

Vonny mengatakan...

thankyou kak Prue postnya. branding memang penting banget.

http://www.vonnydu.com

Yudi Randa mengatakan...

Setuju!
konsisten adalah yang paling berat di antara semuanya :D

Samuel Wiliam mengatakan...

Tips - tips bloggingnya keren, sangat membantu
salam kenal

Timothy W Pawiro mengatakan...

Bener nih ... Mesti belajar lbh banyak soal branding ;-)

Putri Azka G. mengatakan...

Soal yang jualan.. aku awal2 ngeblog malu banget mau jualan. Makanya lama banget berkembangnya. Sekarang harus ubah mindset utk gak malu jualan blog heheheh.. btw suka banget kak ama tips2nya. Bermanfaat dan menginspirasi. Ditunggu terus kaak tips2 selanjutnya :D

Putri Azka G. mengatakan...

Soal yang jualan.. aku awal2 ngeblog malu banget mau jualan. Makanya lama banget berkembangnya. Sekarang harus ubah mindset utk gak malu jualan blog heheheh.. btw suka banget kak ama tips2nya. Bermanfaat dan menginspirasi. Ditunggu terus kaak tips2 selanjutnya :D

Warih Mustikawati mengatakan...

Yang ke-4 itu yang berat (buat aku sih), mbak. Sering nggak pede untuk ngeshare tulisan sendiri karna ngerasa masih piyik banget dan amburadul tulisannya. Sebenernya ada manfaatnya juga, dengan dishare, orang jadi bisa baca dan kasih kritikan buat si penulis. Tapi tiap mau klik tombol share, kudu seabad dulu mikirnya. Akhirnya, nggak jadi dishare karena nggak pede. Hhaa...cupu emang.
Ditunggu next tipsnya, mbak prue. Sukses selalu...

Yono mengatakan...

Jualan dan Jualan, bener banget ya, selebritis aja masih promoin web mereka, apalagi gueee. hehehe

Wahyu Bukanrastaman mengatakan...

jadi diri sendiri itu lebih penting

bener sekali kak....

selalu mengisnpirasi

Harya Bima mengatakan...

Makasih banyak kak saran-sarannya!

http://hbima.wordpress.com