Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

10 Maret 2018

, , , , , , , , , ,

REASONS WHY YOU SHOULD PUT HAKONE ON YOUR JAPAN BUCKET LIST

Share


Gunung Fuji memang jadi icon-nya Jepang dan salah satu tempat terbaik untuk menikmati Gunung Fuji adalah akses dari kota pegunungan yang berjarak sekitar 80 menit naik kereta dari Shinjuku, Tokyo, yaitu Hakone. Namun Hakone tidak hanya menawarkan pengalaman menikmati Gunung Fuji, ada begitu banyak spot-spot cantik dan menarik, area-area yang menyenangkan dan atraksi yang membuat Hakone (bagi saya) wajib masuk dalam TO-VISIT-LIST in Japan.

WHY? Let's see

NEAR TOKYO

Jarak hampir dua jam naik kereta mungkin membuat Hakone terasa jauh, namun trip ini bisa kita lakukan tanpa naik Shinkansen, yang berarti biaya menuju Hakone lebih ramah untuk kantong. Ada beberapa opsi untuk menuju Hakone dari Shinjuku, Tokyo dengan Odakyu Line yang menghubungkan Tokyo dengan area ke arah Barat Daya Tokyo, termasuk Hakone. Salah satu opsi adalah dengan menggunakan Odakyu Limited Express Romance Car, kita dapat pergi langsung dari Shinjuku dengan estimasi waktu sekitar 80 menit. Romance Car ini memiliki jendela lebih besar untuk menikmati pemandangan (termasuk view Gunung Fuji), dan kursi pada Romance Car ini juga dapat kita pilih (booking) terlebih dahulu sehingga lebih nyaman untuk perjalanan.

FREEPASS

Yes, saya pun baru tahu tentang Hakone Freepass ini pada trip terakhir saya ke Hakone (saya pernah ke Hakone sekitar 3 tahun lalu, namun hanya sebentar saja). Nah, Freepass ini harganya 5.140 yen yang berlaku 2 hari (tambah 500 yen bisa membeli pass untuk 3 hari ) dan dapat digunakan untuk berbagai hal mulai dari transportasi bolak-balik dari Shinjuku-Hakone, serta 8 jenis transportasi yang bisa digunakan sepuasnya di area Hakone. Dari Shinjuku ke Hakone menggunakan Odakyu Romance Car kita hanya perlu menambah 890 yen (per Maret 2018 akan menjadi 1.090 yen) saja untuk mendapatkan seat). Selain itu, Hakone Freepass dapat digunakan untuk masuk dan menikmati berbagai atraksi di Hakone seperti Pirates Cruise, bus, cable car hingga ropeway, jadi selama dua hari kita dapat menikmati berbagai aktivitas dengan Freepass yang ada.

SO WHERE SHOULD I GO?

LAKE ASHI

Danau yang jadi simbolnya Hakone ini sangat menyenangkan dengan pemandangan hijau di sekeliling. Saat cuaca cerah, kita juga dapat menikmati pemandangan Gunung Fuji sebagai background Danau Ashi.

TO DO IN LAKE ASHI:

ENJOY PIRATES CRUISE

Nikmati pemandangan Lake Ashi selama kurang lebih 40 menit Sightseeing Cruise dengan kapal unik yang jadi khasnya Hakone dan Danau Ashi. It's really nice during sunny day, saya dan teman-teman nongkrong di bagian atas kapal dan sampai lupa untuk kembali ke tempat duduk hingga cruise berakhir.


CHILL IN BAKERY & TABLE HAKONE

Cafe/ Restaurant ini terletak persis di depan Danau Ashi, hanya berjalan kaki 5 menit kurang dari bus stop Hakonemachi-ko. Di area depan ada tempat duduk dengan area rendam kaki untuk menikmati air panas alami dari sumber air hangat di Hakone. Namun jika ingin menikmati pemandangan Danau Ashi sambil bersantai, kita dapat naik ke lantai 2 dan memesan kopi dan roti khas Bakery & Table.


TAKE A PHOTO IN HAKONE FAMOUS TORII GATE

Torii of Peace yang merupakan bagian dari Hakone Shrine memang sangat photogenic, lokasinya persis di depan Danau Ashi, dengan platform kecil untuk berjalan ke arah laut. Torii berwarna oranye kemerahan ini kontras dengan warna danau, langit dan kehijauan di seberang danau, a picture perfect spot, surely Instagrammable ;)

ENJOY YOUR RELAXING AFTERNOON IN SALON DE THE ROSAGE Restoran di sisi Danau Ashi ini menyediakan berbagai desert dan cake menarik, jika memesan hot apple pie, mereka akan membuat bentuk-bentuk ornamen bunga mawar persis di depan kita, makes me don't wanna eat it since it's so beautiful and hard to make :))


OWAKUDANI

Next spot di Hakone adalah Owakudani, area yang terbentuk karena erupsi vulkanik di masa lampau, namun hingga kini masih terus mengeluarkan asap yang terlihat jelas sejak kita naik ropeway menuju ke Owakudani.

Ada satu hal juga yang akan menarik perhatian kita saat tiba di Owakudani, yaitu telur hitam yang juga jadi khasnya area ini. Kuro-Tamago mungkin tampak berbeda, mesti sama-sama telur ayam namun Kuro-Tamago berwarna hitam pekat, hasil dari proses perendaman di air panas alami dengan suhu 80'C selama 60 menit dan kemudian di-steam selama 15 menit di suhu 100'C dengan kandungan sulfur dan iron sehingga Kuro-Tamago dipercaya dapat menambah "usia" kita 5 hingga 7 tahun! Siapa yang mau panjang umur? Saatnya makan Kuro-Tamago di Owakudani :)


TO DO (YOU'LL DO THAT ANYWAY)

ROPEWAY
Dari Togendai-ko, kita dapat naik ropeway (sekitar 20 menit) ke Owakudani, waktu untuk menikmati pemandangan sekeliling di Hakone, kita pun bahkan dapat melihat Gunung Fuji saat cerah!

Dari Owakudani, kita naik Ropeway lagi menuju ke Sounzan (sekitar 10 menit) untuk melanjutkan perjalanan naik Hakone Tozan Cable Car ke Gora. Rute ini mengingatkan saya akan Tateyama Kurobe Alpine Route di mana kita menggunakan berbagai moda transportasi dalam satu hari, namun versi lebih pendek dan lebih murah dan mudah tentunya 


GORA

Area ini jadi tempat singgah dalam trip ke Owakudani. Kita dapat menikmati Hakone Gora Park yang cantik (they also have cherry blossom trees!, a nice spot for sakura season also). Di Gora kita bisa bersantai usai berkeliling dari Owakudani, untuk makan siang, atau mencoba membuat kerajinan di craft center.

HAKONE YURYO

We all know onsen bath is Japan un-separate tradition that we love to do also. Jika anda sedikit canggung dengan kenyataan bahwa kita mesti totally telanjang untuk masuk onsen umum, maka onsen private bisa jadi pilihan. Ada beberapa opsi onsen private di Hakone, termasuk Hakone Yuryo yang menyewakan unit-unit onsen private dengan kolam air panas yang langsung menghadap ke kehijauan di area outdoor, great for family and friends, and yes, you can wear swimsuit since it's your private area!


HAKONE OPEN AIR MUSEUM

Sebagai museum pertama di alam terbuka di Jepang, Hakone Open Air Museum tidak pelit dalam memperlihatkan karya seni, ada begitu banyak karya seni yang setiap beberapa periode sekali akan ditambah, atau diganti. Selain berbagai karya patung dan seni instalasi yang akan kita lihat sembari berjalan kaki menyusuri jalan setapak di area terbuka ini, ada juga area bangunan yang khusus menampilkan karya-karya Picasso. I was amazed by how many Picasso's work they have in the Picasso building in Hakone Open Air Museum, surely a place to stop and refill your sense of art!

STAY - WHERE?

I would surely recommend Odakyu Hotel de Yama yang memiliki pemandangan Danau Ashi dan Gunung Fuji, we can enjoy the view straight from our room! Di bulan Mei, bunga azalea di area taman hotel akan mekar dan membuat view yang sangat berwarna-warni (I came on January, so it's a good idea to revisit this hotel).

Hakone is surely a good idea, saya bahkan berencana mengajak keluarga dan teman-teman saya untuk menikmati berkeliling Hakone. Jika dua hari dirasa kurang, we can add more days, ada juga Hakone Freepass yang berlaku untuk 3 hari jadi kita dapat menikmati lebih lagi! So, who's planning to go to Hakone this year?

@marischkaprue - will need another romancecar trip with her best people later!


NOTES

1. Odakyu Shinjuku Department store
Sebelum atau sesudah mengunjungi Hakone, apabila ingin berbelanja bisa mengunjungi Odakyu Departement Store. Odakyu Department Store langsung terhubung dari stasiun Shinjuku lewat pintu keluar sebelah barat (West Exit). Di tempat ini terdapat barang-barang branded serta macam-macam kosmetik dan pakaian. 


2. Inbound-League
Dekat dari Stasiun Shinjuku terdapat Inbound League yang merupakan serviced place yang diperuntukkan untuk orang asing. Terdapat share house serta penyewaan ruang meeting. Selain itu juga terdapat fasilitas tempat solat (free), shower room (berbayar), rental sepeda (berbayar), loker penitipan (berbayar) terdapat juga free wi-fi.


Odakyu Limited Express Romance Car
http://www.odakyu.jp/english






3 comments:

Glentina Pasaribu mengatakan...

Jepang salah satu destinasi impian saya yang sampai sekarang masih belum terwujud.
Wahh.. baca review ini bikin saya jadi makin semangat pingin kesana.
Hakone pemandangannya bagus2 ya. Boleh nih masuk dalam dreamlist saya.

Thanks for sharing (",)

Ainun mengatakan...

wish list dulu Hakone nya, jepang kalo cuman beberapa hari kurang

tour jrpang mengatakan...

untuk liburan ke jepang saat ini tidak sesulit dulu..tiket pesawat juga sudah terjangkau