Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

14 Juni 2015

, , , , , , , , ,

Kurobe Dam: Beauty to Power

Share


Jalur Alpine Toyama-Kurobe dapat dikunjungi di berbagai musim dan yang menarik adalah di musim yang berbeda maka yang didapatkan pun akan berbeda, misalnya snow wall hanya bisa dilihat di pertengahan bulan April hingga bulan Juni (meski di bulan Juni salju sudah tidak tebal). Sementara di musim panas justru merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung ke dam tertinggi di Jepang yaitu Kurobe Dam.




Kurobe Dam berada di Tateyama-Kurobe Alpine Route dan merupakan bagian dari pembangkit listrik tenaga air yang dimiliki oleh Kansai Electric Power Company. Dam ini dibuat sejak tahun 1956 dan selesai di tahun 1963, jauh sebelum Tateyama-Kurobe Alpine Route menjadi jalur favorit turis Jepang dan mancanegara.




Dam ini dapat diakses melalui Cable Car dari Kurobedaira menuju stasiun Kurobeko dan anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 15 menit menyusuri jalur dam hingga ke pos station Kurobe Dam.





Kurobe Dam ini menampung air dari Sungai Kurobe dan air dari salju yang mencair di pegunungan di Tateyama dan Akazawa sehingga di akhir Juni hingga pertengahan Oktober pintu dam akan dibuka dan memperlihatkan derasnya air yang mengalir keluar dari dam hingga membentuk pelangi.





Saya datang di saat pergantian musim sebelum musim panas sehingga pintu air di Kurobe Dam ini belum dibuka, namun dam setinggi 186 meter ini tetap mempesona. Air yang biru dengan latar pegunungan indah dan salju yang masih menutupi sebagian puncak gunung.






Sangat menyenangkan melihat betapa tinggi dan masifnya struktur Kurobe Dam, struktur buatan manusia yang menutup sebagian lembah pegunungan.





Jika ingin melihat lebih jelas kita dapat berjalan ke dek observasi sekitar 15 menit menaiki tangga untuk melihat Kurobe Dam secara luas, namun saat itu saya sudah mesti mengejar jadwal naik Kanden Tunnel trolley bus sehingga tidak sempat naik ke dek observasi.





Maybe someday I’ll come during summer to see the rainbow from the observation deck, why not? J

@marischkaprueher life is more colorful than rainbow

NOTES

KUROBE DAM
Tateyama Kurobe Alpine Route

OPENING SEASONS
16 April - 30 November (Kurobe Dam Sightseeing Season)
26 Juni - 15 Oktober (Kurobe Dam Water Release Season)
  • Untuk mengunjungi Kurobe Dam, anda harus mengikuti jalur dan moda transportasi yang disediakan dalam Tateyama Kurobe Alpine Route karena ada berbagai moda transportasi dalam rute ini mulai dari kereta, cable car, highland bus (dengan bus ini kita akan mengunjungi snow wall), tunnel trolley bus, ropeway, cable car, trolley bus lagi hingga local bus (jika rute dari Toyama dengan exit di Ogizawa).
  • Akan lebih efektif jika membeli tiket dari tour dengan paket tiket kereta dari Toyama dan semua tiket moda transportasi pada Tateyama Kurobe Alpine Route ini karena ada yang harus sesuai schedule (Tateyama Ropeway). Di paket ini juga kita dapat memilih apakah hanya akan beli tiket dalam semua rute Tateyama Kurobe Alpine Road, atau ditambah dengan tiket Shinkansen dari Tokyo (atau kota lain). Booking reservasi tiket dan tiket Shinkansen akan diantarkan ke hotel kita menginap di hari pertama, misalnya hari pertama di Tokyo maka tiket akan diantarkan ke hotel, tiba di Toyama kita tinggal menukar bukti booking tiket dengan tiket asli di Dentetsu Toyama Station di bagian Information Center Train Bus Intercity Bus Ticket (lokasi di depan Doutor Cafe).

  • Paket tiket ini dapat dibeli di beberapa tour yaitu Wendy Tour, Golden Rama, Panorama dan Indo Citra Tamasya namun yang saya tahu fixed harganya di Wendy Tour yaitu 255 USD, ini paket Tateyama Kurobe Alpine Route + Akomodasi di Toyama (karena mesti berangkat sejak pagi jadi opsi terbaik adalah menginap dahulu 1 malam di Toyama), sementara jika include dengan tiket Shinkansen PP menjadi 440 USD. Cek lengkapnya di sini
  • Contact Wendy tour melalui email layanan@wendytour-jkt.com atau telp di 021-29426820. Alamat kantor di Mediterania 2, Tower F Kios F2, Jl. Tanjung Duren No.5, Jakarta Barat 11470.



  •  Saya datang ke Tokyo menggunakan Japan Airlines, they provide great services, food and free flow wine ;)

3 comments:

theodore great mengatakan...

Wahh asiknya, bendungan pun bisa dijadikan tempat wisata :)

Jalan-jalan di Asia Afrika

Cumilebay MazToro mengatakan...

Aish keren banget yaaaaa bendungannya trus gunung salju di ujung nya. Tapi gw ngilu liatnya, kmrn baru liat film san andreas yg menghancurkan bendungan akibat patahan itu ihik ihik

Ren mengatakan...

Dasyat juga binaan dam ni ye.