Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

21 Juni 2015

, , , , ,

Tateyama Kurobe Alpine Route, The Never Ending Fun along The Route

Meski bukan berada di waktu paling ideal, saya beruntung saat datang ke Tateyama Kurobe Alpine Route. Salah satu atraksi utama di jalur yang berada di Chubu Mountain National Park, Jepang ini masih dapat dinikmati. Bukan tanpa alasan saya merasa beruntung. Meski rencana keberangkatan saya ke Jepang mendadak, saya datang di saat snow wallTateyama masih cukup tebal.

The famous snow wall
Snow wall Tateyama atau disebut juga snow corridor adalah dinding salju tebal di sisi jalan pada jalur Tateyama Kurobe Alpine Route. Dinding salju ini dapat mencapai ketinggian 20 meter di pertengahan bulan April hingga awal Mei. Saya yang datang di akhir Mei masih dapat menikmati dinding salju setebal 10 meter yang masih membuat bus-bus yang melintas tampak kecil.

Cute train signs at Toyama Station
This cool grandpops suddenly strike a pose knowing I'm taking photo of him :)
Tateyama Cable Car, connecting Tateyama Station with Bijodaira
View during Tateyama Highland Bus route from Bijodaira to Murodo

Untuk menuju daya tarik utama Tateyama Kurobe Alpine Route ini, saya berangkat dari Toyama sejak pagi hari dengan menggunakan kereta dan turun di Tateyama Station. Dari sinilah jalur Tateyama Kurobe Alpine Route dimulai, jalur panjang yang menghubungkan Tateyama dengan Ogizawa.

Beautiful view in Murodo
Yang menarik, dalam jalur Tateyama Kurobe ini ada banyak moda transportasi yang mau tidak mau harus dicoba, karena setiap bagian dalam jalur ini menggunakan moda transportasi yang berbeda, mulai dari cable car untuk menuju ke Bijodaira, kemudian dilanjutkan dengan Tateyama Highland Bus hingga melewati Tengudaira dan snow wall Tateyama persis sebelum Murodo.

(Almost) all white during Tateyama Highland Bus route
Di saat menjelang musim panas, salju di Pegunungan Tateyama masih tebal. Saya dan teman-teman dapat menikmati jalur jalanan dengan salju yang semakin tebal saat kami menyusuri area ini dengan bus, dan kemudian setelah menembus terowongan yang "memotong" Gunung Tateyama, kami sampai di stasiun Daikanbo dimana moda transportasi yang paling menarik sudah menanti.

Incoming! and everybody is so excited!
Look at this stunning view! Saw this during Tateyama Ropeway ride
Tateyama Ropeway dapat menampung hingga 80 orang dalam sekali tempuh. Ropeway ini melintang sejauh 1,6 kilometer dengan ketinggian hingga 488 meter dan tanpa satupun menara penyangga di antara dua stasiun yaitu Daikanbo dan Kurobedaira. Tateyama Ropeway mencatat rekor sebagai ropeway tanpa penyangga terpanjang di Jepang, namun keseruan naik ropeway ini adalah pemandangan di sekeliling yang begitu indah!

Meski hanya tujuh menit, saya sangat menikmati melihat sekeliling dari dalam cart Tateyama Ropeway. Gunung Tateyama yang diliputi salju, danau yang biru dan hamparan putih salju yang sangat mempesona. Kami, lagi-lagi beruntung mendapat posisi terbaik persis di depan jendela.

First entry to Kurobe Dam and people can't stop seeing the dam
Dari Kurobedaira saya dan teman-teman melanjutkan dengan Kurobe Cable Car hingga ke Kurobeko dan dari sini kami berjalan kaki melewati Kurobe Dam yang sangat besar. Kurobe Dam berada di Tateyama-Kurobe Alpine Route dan merupakan bagian dari pembangkit listrik tenaga air yang dimiliki oleh Kansai Electric Power Company. Dam ini dibuat sejak tahun 1956 dan selesai di tahun 1963, jauh sebelum Tateyama-Kurobe Alpine Route menjadi jalur favorit turis Jepang dan mancanegara.

Kurobe Dam ini menampung air dari Sungai Kurobe dan air dari salju yang mencair di pegunungan di Tateyama dan Akazawa. Jika datang di akhir Juni hingga pertengahan Oktober, pintu dam akan dibuka dan memperlihatkan derasnya air yang mengalir keluar dari dam hingga membentuk pelangi.

You can see the observatory area on the left
It just beautiful!
Meski datang di saat pintu air belum dibuka, dam setinggi 186 meter ini tetap mempesona. Air yang biru dengan latar pegunungan indah dan salju yang masih menutupi sebagian puncak gunung. Jika ingin melihat lebih jelas kita dapat berjalan ke dek observasi sekitar 15 menit menaiki tangga untuk melihat Kurobe Dam secara luas, namun saat itu saya sudah mesti mengejar jadwal naik Kanden Tunnel trolley bus sehingga tidak sempat naik ke dek observasi.

We're having superb FUN!
Tanpa terasa jalur panjang Tateyama Kurobe Alpine Route sudah saya lewati dengan berbagai moda transportasi yang berbeda. Dalam satu hari saya sudah menggunakan 5 jenis kendaraan yang berbeda, di medan yang beragam pula. Tateyama Kurobe Alpine Route surely a must visit in Japan!

@marischkaprue - would love to visit Tateyama again on different season

NOTES
  • Anda harus mengikuti jalur dan moda transportasi yang disediakan dalam Tateyama Kurobe Alpine Route karena ada berbagai moda transportasi dalam rute ini mulai dari kereta, cable car, highland bus (dengan bus ini kita akan mengunjungi snow wall), tunnel trolley bus, ropeway, cable car, trolley bus lagi hingga local bus (jika rute dari Toyama dengan exit di Ogizawa).
  • Akan lebih efektif jika membeli tiket dari tour dengan paket tiket kereta dari Toyama dan semua tiket moda transportasi pada Tateyama Kurobe Alpine Route ini karena ada yang harus sesuai schedule (Tateyama Ropeway). Di paket ini juga kita dapat memilih apakah hanya akan beli tiket dalam semua rute Tateyama Kurobe Alpine Road, atau ditambah dengan tiket Shinkansen dari Tokyo (atau kota lain). Booking reservasi tiket dan tiket Shinkansen akan diantarkan ke hotel kita menginap di hari pertama, misalnya hari pertama di Tokyo maka tiket akan diantarkan ke hotel, tiba di Toyama kita tinggal menukar bukti booking tiket dengan tiket asli di Dentetsu Toyama Station di bagian Information Center Train Bus Intercity Bus Ticket (lokasi di depan Doutor Cafe).

• Paket tiket ini dapat dibeli di beberapa tour yaitu Wendy Tour, Golden Rama, Panorama dan Indo Citra Tamasya namun yang saya tahu fixed harganya di Wendy Tour yaitu 255 USD, ini paket Tateyama Kurobe Alpine Route + Akomodasi di Toyama (karena mesti berangkat sejak pagi jadi opsi terbaik adalah menginap dahulu 1 malam di Toyama), sementara jika include dengan tiket Shinkansen PP menjadi 440 USD. Cek lengkapnya di sini
  • Contact Wendy tour melalui email layanan@wendytour-jkt.com atau telp di 021-29426820. Alamat kantor di Mediterania 2, Tower F Kios F2, Jl. Tanjung Duren No.5, Jakarta Barat 11470.

Fahmi (catperku.com) mengatakan...

Kurobe dam kalau lagi cerah lebih bagus ternyat :| dulu waktu kesana udah sore, jadi agak gelap gitu~

cindy ambar m mengatakan...

wow keren banget pemandangan nya ..

Anonim mengatakan...

Hai Mbak Marischka!
Salam kenal.
Di antara beberapa spot yang disinggahi di jalur tateyama Kurobe Alpine Route, daerah mana yang kita alokasikan waktu lebih lama untuk lihat pemandangan ya, Mbak?