Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

13 Februari 2016

, , , ,

TRAVEL TIPS: COMFY DURING WINTER

Share


Sejujurnya saya bukanlah tipe yang tahan dingin (baca: maklum, anak pantai). Saya ingat usai menyelam saya gemetar karena kedinginan dan Ferry tampak bingung melihat saya kedinginan sementara ia sama sekali tidak merasa dingin. Memang sebagian orang lebih punya daya tahan yang tinggi terhadap dingin, dan sebagian lagi seperti saya (atau bahkan lebih parah hehe). Namun, ke-“tidak-kuat-an” kita ini jangan sampai menghambat rencana dan keinginan untuk menikmati destinasi-destinasi indah di wilayah yang bersuhu rendah. Berikut beberapa tips untuk menikmati wilayah dingin, bahkan hingga suhu minus.

OUTFIT



Hal utama yang paling penting untuk kenyamanan tentu saja pakaian kita. Gunakan pakaian berlapis saat traveling ke wilayah yang dingin. Saat winter trip saya selalu menggunakan long john (dalaman berupa atasan dan celana panjang dengan bahan yang “berbulu” di bagian dalam sehingga menghangatkan badan). Namun long john saja tidak cukup, gunakan baju pelapis selanjutnya usai long john agar badan tetap hangat.

TIPS: LAYERS

Looks like a normal outfit but I'm actually wearing 4 layers to keep me warm :)
Pakaian berlapis-lapis akan lebih menahan suhu badan dibandingkan satu baju atau jaket tebal. Mungkin memang ribet menggunakan 3-4 lapis pakaian, namun percayalah, repot di awal saat mengenakannya lebih baik dibandingkan menderita kedinginan sepanjang hari.

What I do: jika suhu minus (brr!) saya biasanya menggunakan hingga 4 atau 5 lapis baju: long john – tshirt – atasan tangan panjang – coat / jaket. Sementara untuk bawahan saya menggunakan hingga 3 layer! Long john – celana legging (bahan celana legging yang ketat cukup ok untuk menahan panas tubuh) – celana panjang lain (bisa bahan kain atau jeans, I know jeans dingin namun jika kita sudah menggunakan layer di dalamnya maka tidak masalah).

More tips: bawa jaket windbreaker untuk additional saat angin kencang, pada musim dingin biasanya yang paling menyiksa itu angin yang sangat dingin, jadi windbreaker yang digunakan sebelum coat tebal akan sangat membantu.
Gunakan syal untuk melindungi leher agar tetap hangat :)

TIPS: KEEP YOUR EARS AND HANDS WARM

Warm ear = Happy winter
Bagian tubuh yang mudah terasa dingin adalah telinga, tangan dan kaki. Gunakan penutup telinga di cuaca yang cukup ekstrim, Anda tidak perlu memakai terus penutup telinga ini, cukup dibawa dan saat suhu terasa sangat dingin, telinga yang hangat akan sangat membuat lebih nyaman. Sementara untuk tangan gunakan sarung tangan (jangan yang longgar karena akan percuma).

More tips: terdapat sarung tangan dengan bahan screen finger sehingga kita tetap dapat menggunakan smartphone tanpa melepas sarung tangan (ada di toko-toko semacam Daisho).

TIPS: PROPER SHOES

I know you want a stylish photo during winter and we – girls – can’t help ourself imagining nice boots for winter, but still it should be a proper shoes. Seperti apa sepatu yang tepat?

Sesuai dengan lokasi

Hooray to dry and warm feet inside out shoes!
Tentu saja kita boleh menggunakan heel boots ala Syahrini namun saat jalanan penuh salju, heels runcing sangat tidak disarankan karena tidak stabil dan sangat rawan tergelincir di jalanan yang licin. Saat berjalan di atas salju juga pastikan sepatu yang kita gunakan dari bahan yang tidak menyerap air karena salju yang menempel di sepatu dapat meleleh dan membasahi bagian dalam sepatu dan kaki kita, kaki yang dingin ditambah suhu minus benar-benar penderitaan, percayalah.

Sementara untuk kenyamanan gunakan sepatu yang hangat, ada beberapa sepatu dengan lapisan bulu di bagian dalam yang benar-benar menghangatkan kaki.

WARMER

This is my SAVIOR during winter trip!

Warmer ini berupa pouch kain dengan bagian dalam berisi semacam pasir dan dijual di dalam kemasan, saat kemasan plastik dibuka dan warmer terekspose dengan udara, warmer akan menjadi hangat.

Warmer yang ideal adalah yang tahan hingga 10-12 jam, ada berbagai jenis dan ukuran, sebagian dapat ditempelkan di baju hingga diselipkan di kaus kaki. Warmer ini akan tetap hangat jika dipasang di lokasi yang tidak langsung terkena udara luar, jadi selipkan di antara celana jeans (namun jangan langsung menempel ke badan), di sepatu, tempelkan di perut (yes ini sangat nyaman) atau punggung, dan terutama siapkan dua warmer di kantong kiri dan kanan untuk tangan kita agar tetap hangat! Winter worry no more!

Where to buy? Biasanya warmer ini ada di toko-toko alat outdoor (untuk naik gunung), atau dijual di convenience store seperti Seven Eleven, Family Mart dan toko-toko serba ada lainnya. Harganya pun cukup murah, rata-rata untuk pack isi 10 harganya sekitar Rp. 25.000,- hingga Rp. 40.000,- (di Jepang). Sementara di toko outdoor lebih mahal (saya pernah membeli Mega Warmer dengan harga sekitar Rp.20.000,- per piece (sangat jauh bedanya), namun tentu tergantung beli di mana dan di negara apa, saat winter biasanya dijual lebih murah.

WARM DRINK = MORE COMFY

Jika ada extra room di tas atau bepergian dengan mobil atau bus tour, tidak ada salahnya membawa minuman hangat, atau segelas wine (jika Anda tidak keberatan minum alkohol) juga akan menghangatkan badan :)

That’s it, beberapa tips untuk tetap nyaman di musim dingin, jangan sampai winter trip jadi tidak menyenangkan karena kita tersiksa kedinginan, remember, to prepare is always better :)

@marischkaprue – winter is one of her wonderland

7 comments:

NiaNastiti mengatakan...

Baru tau ada warmer, bisa dicoba buat naik gunung nih kalau ga jalan2 ke negara yang punya winter season :D

coretan perjalanan kita mengatakan...

wah di Indo ternyata juga warmer juga ya, kirain cuma ada di luar aja kak.

Idah Ceris mengatakan...

Aku pingin ngerasain pakai baju berlapis 4, Kak. Doakan bisa ujan2an salju, ya. :D

BlDSouvenir mengatakan...

wah tipsnya menarik banget ni.
bisa jadi refrensi buat persiapan jalan" ke luar..
hehehehehhe

fanny fristhika nila mengatakan...

Wah, baru tau ttg warmer nih mba... coba cari ah... akunya sih termasuk pecinta dingin, makanya tiap traveling k negara 4 musim aku slalu milih winter :D.. summer a big no bgt lah.. secara indo udh panas, jd ga tertarik nyobain panas2an di negara org :p Dan aku trmsuk ga kuat kena panas..

tp feb thn dpn krn pgn ajak anak pertamakali ngerasain salju, jd agak kuatir ama persiapan buat dia nya.. moga2 dia kuat juga sih.. warmer ini cocok kyknya utk si kecil juga..

Nonton Film Box Office mengatakan...

amazing place!!

OKTARI PRADITA mengatakan...

Buka web http://inpitro.com/ melayani
– Pembuatan Seragam
– Pembuatan Seragam Sekolah
– Pembuatan Seragam Kerja
– Pembuatan Seragam Olah Raga
– Pembuatan Seragam Lapangan
– Pembuatan Kaos oblong & Taslan
– Pembuatan Polo Shirt Sablon & Bordir
– Pembuatan Jaket Katun, Hoodie, Parasit
– Pembuatan Kemeja Sablon & Bordir
– Pembuatan Baju Olahraga
– Pembuatan Jersey Futsal
– Pembuatan Jas Lab, Almamater, Dokter
– Pembuatan Seragam Olahraga, Training Pack
Banyak penawaran menarik untuk Anda