Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

10 Februari 2016

, , , , , , , ,

GUJO Guide: Where - What - When

Share


Gujo lebih dikenal sebagai tempat asal tarian Gujo Odori yang terkenal. Di musim panas pada saat festival, Gujo dipenuhi warga Gujo yang menari non stop di jalanan Kota Gujo, beserta turis yang dapat ikut menari sepuasnya sambil bercanda seru menikmati kemeriahan festival yang telah berlangsung sejak 400 tahun lalu ini.



Namun di musim lain, Gujo adalah kota yang tenang tanpa hiruk-pikuk turis. Di Gujo anda dapat berjalan kaki dan merasa sangat tenang, tanpa keramaian sambil menikmati jalanan dengan bangunan-bangunan klasik Jepang.


Found this semi-European house in the old town :D
Anybody wants a Godzilla tempura?
Di luar festival musim panas Gujo Odori, kota ini memang belum dikenal sebagai destinasi wisata, namun Gujo punya beberapa hal menarik yang dapat menjadi stopover saat berkeliling Central Japan.

WHERE



Gujo Hachiman berada di sisi sungai Yoshida di Prefektur Gifu, Central Japan. Akses dari kota besar untuk menuju Gujo adalah dari Nagoya. Selama berkeliling Gujo kita akan sering melewati Sungai Yoshida, di musim panas air sungai lebih tinggi dan di beberapa sisi anak-anak lokal Gujo dapat terjun ke sungai menikmati kesegaran sungai di musim panas.

WHAT ARE THE ATTRACTIONS

Gujo Castle



Saat berkeliling Kota Gujo, kita akan melihat castle yang berada di atas bukit. Gujo Hachiman Castle dibangun pada tahun 1559 oleh Endo Morikazu, namun di tahun 1870 bangunan ini pernah dihancurkan ada masa Restorasi Meiji. Gujo Castle baru kembali dibangun pada 1933.

Old Town



Jalanan di Kota Gujo sangat menarik untuk berkeliling. Salah satu area menarik adalah Old Town dengan rumah-rumah kayu yang berdekatan. Di area ini kita akan menyadari bahwa di setiap rumah terdapat ember yang digantung di dekat pintu. Gujo pernah mengalami kebakaran hebat yang meluluh-lantakkan hingga separuh area kota ini di tahun 1652 sehingga "trauma" itulah yang menyebabkan di setiap area depan rumah terdapat saluran air dan ember untuk antisipasi kebakaran.

Gutter Full of Fishes



Selain memiliki saluran air dimana-mana, Kota Gujo juga memiliki banyak area dengan saluran air yang dipenuhi ikan-ikan koi besar. Bagi warga Gujo mungkin ikan-ikan yang memenuhi "got" ini sudah biasa, namun bagi saya sangat menarik melihat ikan-ikan koi yang berharga mahal di Indonesia, memenuhi saluran air di berbagai sisi Gujo.

WHAT TO DO

Sebagai "rumah asal" pembuatan food replica, Gujo memasok lebih dari 60% food sample yang digunakan di berbagai restoran di Jepang. Di Gujo, kita juga dapat mengikuti kursus singkat membuat food sample di Shokuhin Sample Sosaku-kan Sample Kobo.

956 Hashimoto-cho, Hachiman-cho
Gujo, Gifu, Jepang
T: +81-575671870

Learn Some Gujo Movement (Gujo Odori Dance)


Sebagai kota yang terkenal dengan Gujo Odori Festival di musim panas, kita yang datang tidak di masa festival tetap dapat melihat bagaimana tarian Gujo Odori yang atraktif dilakukan di Gujo Hachiman Hakurankan, bangunan berwarna oranye ini merupakan museum tentang sejarah Gujo Hachiman dan tarian Gujo Odori.


Di Gujo Hachiman Hakurankan kita juga dapat melihat demonstrasi tarian Gujo Odori yang atraktif selama 15 menit. Selama tarian berlangsung, penari juga akan menjelaskan 10 gerakan yang berbeda pada Gujo Odori. Tarian ini sangat Atraktif dengan hentakan sepatu kayu yang menghasilkan ketukan ritme yang bersemangat.

Gujo Hachiman Hakurankan
50 Hachimancho Tonomachi
Gujo, Gifu, Jepang

WHEN

Gujo during summer (July - August)
Gujo during winter (December - February)

Masa paling menarik untuk mengunjungi Gujo adalah di musim panas pada periode festival dimana kota ini dipenuhi warga Gujo yang menari 24 jam lamanya. Namun jika ingin menikmati kesederhanaan kota dan ketenangan, kita dapat datang di musim yang berbeda. Pada musim dingin di Gujo, kita dapat menikmati pemandangan Sungai Yoshida yang diliputi salju di berbagai sisinya.




Sebagai kota kecil, Gujo punya daya tarik tersendiri. Memang Gujo bukan tipe kota yang ideal untuk singgah berhari-hari. Meski mungkin lebih cocok untuk stopover, kota kecil yang indah ini dapat memberikan pengalaman yang berbeda.

@marischkaprue - she cannot dance very well but she won't say no to festival

WHERE
Gujo berada di Prefektur Gifu, Central Japan

GETTING TO GUJO
From Nagoya
Dari Nagoya Station ke Minoota Station dengan Limited Express Hida 7 (40 menit)
Dari Minoota Station ke Gujo Hachiman Station dengan Nagaragawa Railway for HOKUNO (sekitar 1 jam 10 menit)
total ticket price ¥3.670 (one way) 

TOUR
Untuk membantu booking tiket pesawat, tiket shinkansen, hotel dan tour guide selama di Jepang (jika dibutuhkan), Anda dapat menggunakan jasa travel yang ada di Indonesia. Pembelian JR Pass (jika berencana keliling Jepang) juga dapat dibeli melalui agent resmi di Indonesia.

Pembelian dapat melalui:

WENDY TOUR
Mediterania 2, Tower F Kios F2
Jl. Tanjung Duren No. 5
Jakarta Barat 11470 
T: 021 294 26820
email: layanan@wendytour-jkt.com


Get free guide book to Central Japan here  

4 comments:

vigomilandi mengatakan...

Sungai dan saluran airnya bersih. Jepang, Jepang.

fanny fristhika nila mengatakan...

ya amppun mbaa... aku ga kebayang kalo got2 di indo penuh ama ikan begituuuu :D. hahahahaha, ludes dlm semalam pasti..

cantik bgt nih kota.. ^o^

coretan perjalanan kita mengatakan...

wah coba saluran air di Indo sebening ini :D bagus banget ini kak.

ulfah mengatakan...

Tempat yang keren banget. Asri...sejuk dan bersih....