Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

8 Februari 2016

, , , , , , , ,

WHAT TO DO IN GUJO: Make Your Own Food Sample

Share


Saat berkeliling Jepang, kita akan menyadari bahwa semua restoran, cafe dan berbagai tempat makan di Jepang selalu menyediakan informasi menu dengan display di depan dengan sample makanan yang berbentuk seperti aslinya. Food sample atau food replica ini mempermudah kita memilih makanan bahkan sebelum melihat menu.

This ain't real food :D
Gujo Hachiman yang berada di Prefetur Gifu, Jepang, merupakan daerah asal pembuatan food replica, bahkan hingga kini lebih dari 60% food replica di Jepang dibuat di Kota Gujo. Semuanya berawal dari ketertarikan seorang warga Gujo, Takizo Iwasaki saat melihat tetesan lilin jatuh ke air yang dingin. Tetesan lilin itu langsung menjadi bentuk yang mirip dengan bunga. Dari melihat tetesan lilin itulah, Takizo berkreasi membentuk berbagai replica dari lilin. Ia juga kemudian membuat perusahaan Takizo Group yang mengkhususkan dalam pembuatan food replica. 


Dari perusahaan Takizo itulah, Gujo berkembang menjadi pusat pembuatan food replica, dari bahan lilin dan kemudian saat ini menggunakan bahan vinyl resin yang lebih tahan lama dan lebih mudah dibentuk.

Shokuhin Sample Sosaku-kan Sample Kobo
Shokuhin Sample Sosaku-kan Sample Kobo





Saat berada di Gujo, saya tentunya tidak mau ketinggalan melihat langsung pembuatan food replica. Kami menuju Shokuhin Sample Sosaku-kan Sample Kobo, toko dengan bangunan tua berusia 150 tahun ini dipenuhi dengan berbagai sample makanan yang sudah menjadi souvenir di bagian toko. Selain itu, di sini kami juga bisa belajar membuat food sample dengan mengikuti workshop food replicas mulai dari membuat es krim lengkap dengan cup, sweet tarts hingga tempura.







Waktu pembuatan food sample sederhana ini sekitar 20 hingga 50 menit, kita diajarkan mengenai tahap demi tahap pembuatan food replica seperti cara menuangkan bahan vinyl resin di air dingin untuk mendapatkan bentuk lapisan tepung pada tempura, hingga cara membuat kembang kol yang benar-benar tampak seperti aslinya. Workshop inipun sangat sederhana jadi bentuk-bentuk yang dibuat memang untuk kita yang ingin mencoba untuk pertama kalinya.



All these replicas seems so real!

Amazing detail on this crab replica!
Hal menarik lain di Shokuhin Sample Kobo ini juga adalah berbagai food sample yang dipanjang cantik di toko ini. Berbagai mangkuk ramen yang terbuat dari vinyl resin, ikan segar yang tampak seperti asli, hingga kepiting besar yang dibuat sangat detail dengan memperlihatkan setiap helai bulu yang menutupi cangkang kepiting ini, keahlian food replica maker di Gujo memang luar biasa! Maybe we'll accidentally tries to eat these food sample if we didn't know that it's just a replica.

@marischkaprue - enjoying her real journey

WHERE
Shokuhin Sample Sosaku-kan Sample Kobo
956 Hashimoto-cho, Hachiman-cho
Gujo-shi, Gifu, Jepang
T: +81-575671870

GETTING THERE
From Nagoya
Dari Nagoya Station ke Minoota Station dengan Limited Express Hida 7 (40 menit)
Dari Minoota Station ke Gujo Hachiman Station dengan Nagaragawa Railway for HOKUNO (sekitar 1 jam 10 menit)
total ticket price ¥3.670 (one way) 

PRICE
Workshop tempura making ¥1.290

TOUR
Untuk membantu booking tiket pesawat, tiket shinkansen, hotel dan tour guide selama di Jepang (jika dibutuhkan), Anda dapat menggunakan jasa travel yang ada di Indonesia. Pembelian JR Pass (jika berencana keliling Jepang) juga dapat dibeli melalui agent resmi di Indonesia.

Pembelian dapat melalui:

WENDY TOUR
Mediterania 2, Tower F Kios F2
Jl. Tanjung Duren No. 5
Jakarta Barat 11470 
T: 021 294 26820
email: layanan@wendytour-jkt.com


Get free guide book to Central Japan here  

***

3 comments:

bukanrastaman.com mengatakan...

gilaaaa detail banget ya kak...


keceeee

virtha mengatakan...

itu saking detailnya saya jadi laper liat nya hahahah

Dita Indrihapsari mengatakan...

woaww.. keren banget replika crab-nya... seruuu bisa ikutan workshop di sana.. :)