Profesi travel blogger – yes, saya menyebutnya profesi saat sudah
menghasilkan dan menjadi pekerjaan utama – terkadang dilihat dari hal yang
manis dan enak-enak saja, padahal blogging layaknya media lain, adalah media
untuk menyajikan konten-konten menarik bagi pembaca. Bedanya dengan media
konvensional (koran, tv, majalah), kami –blogger – adalah media yang sangat
personal, dimiliki sendiri, dikerjakan sendiri (kadang dengan bantuan team) dan
si blogger adalah brand dari blognya sendiri.
Layaknya media, blogger
mesti “bersaing” untuk mendapatkan atensi. Bayangkan, ada berapa banyak blog di
seluruh dunia, di pembaca melalui mesin pencarian menemukan artikel-artikel
blog kita, di luar mereka yang sudah mengenal si blogger.
|
Between so many interesting and sweet content, how yours stand out? |
Mengapa atensi itu penting?
Bukankah kita ngeblog untuk diri sendiri saja? Untuk kepuasan diri?
Seperti media, konten yang
baik tanpa atensi bagaikan tayangan baik tanpa rating, yang memang
ujung-ujungnya menjual. Blog yang “laris” akan jadi acuan, brand akan melirik
dan (bagi travel blogger), kesempatan untuk bepergian semakin besar, it’s a
win-win solution untuk blogger, sponsor dan pembaca.
|
Bloggers see, listen, discuss, and write |
Saya sudah beberapa kali
mendengar tentang SEO, namun di workshop #TribeSkyscanner Asia Pasifik yang
diselenggarakan di Singapura Maret 2016 ini, pentingnya SEO benar-benar saya
ketahui.
Let’s start with Apa itu SEO?
Search Engine Optimization
Search atau SEO adalah optimalisasi pencarian untuk menaikkan “ranking” blog (atau
website) kita di mesin-mesin pencarian seperti google.
Mengapa SEO penting? Apa keuntungan dari blog kita
muncul di mesin pencarian?
|
People wander, type and search, how to make your article in the first page? |
Semakin tinggi peringkat
blog kita maka pengunjung akan semakin banyak tentunya. Bayangkan misalnya
orang yang punya konten tentang Pantai Ora di Maluku itu banyak, namun jika
blog kita bisa ada di halaman pertama google search, maka tentunya semakin
banyak orang yang “mampir” ke blog kita, artinya traffic bertambah, kunjungan
meningkat, blog semakin dikenal dan jadi referensi dan secara “bisnis” menarik
bagi sponsor, just like tv dengan
rating AC Nielsen mereka.
Bagaimana optimalisasi ini dilakukan? Cara menaikkan
SEO?
Selain konten yang baik dan
“nyambung” dengan judul, untuk membuat artikel kita “visible” ada beberapa cara
yang dapat dilakukan:
Mengerti karakter pembaca:
Jika pembaca kita mostly di Indonesia, pengguna bahasa Indonesia, pencarian
kemungkinan besar dilakukan dalam bahasa Indonesia, jadi tags atau label pada
draft posting blog lebih baik ditulis juga dalam bahasa Indonesia untuk menarik
pencarian dalam bahasa Indonesia.
Editorial Calendar: kurang lebih seperti konsistensi, dengan perencanaan konten dan
penjadwalan yang baik, blog akan lebih optimal dan lebih google friendly,
semakin banyak artikel kita dengan konten yang baik dan sesuai, maka akan lebih
mudah masuk dalam mesin pencarian
Understand Market Keyword Research: Ini dilakukan oleh Skyscanner, sebagai situspencarian tiket worldwide, Skyscanner melakukan riset untuk mengetahui keyword
apa yang digunakan oleh orang-orang saat mencari informasi mengenai tiket
pesawat, dengan kita mengetahui keyword, again ini akan lebih mudah masuk dalam
mesin pencarian.
Konten berkualitas: Sebagaimanapun baiknya tingkat visibility blog kita, jika konten tidak
nyambung, maka orang akan cepat menutup laman website kita dan beralih, yang
berarti one click tersebut tidak menjadi another click in the future.
Fresh Content: Destinasi yang sudah sangat touristy pasti sudah banyak ditulis dan
artikel mengenai destinasi itu akan sangat banyak. Cobalah menulis mengenai
destinasi-destinasi tidak umum yang belum banyak ada di pencarian, maka saat
pembaca mencari destinasi tersebut, kemungkinan besar mesin pencarian akan
mengarahkan pembaca ke blog kalian.
Jangan Gunakan Konten Duplikat atau Berulang: Mesin pencarian biasanya secara otomatis akan
“menyingkirkan” konten-konten duplikasi, jadi jangan copy paste ya, percuma
saja :)
Keyword Bervariasi: Ragam kata yang digunakan akan sangat membantu menaikkan SEO artikel
kita. Jadi jangan hanya gunakan satu kata untuk menjelaskan satu hal pada satu
artikel, variasi kata ini selain lebih menyenangkan untuk dibaca, juga
meningkatkan SEO kita, karena pencarian biasanya dilakukan dengan kata-kata
yang berbeda, bagi orang-orang yang berbeda, jadi kemungkinan mesin pencarian
akan tetap mengarahkan pada blog kita.
That’s about SEO, tampak
rumit namun sebenarnya dapat dilakukan dengan cara membuat hal-hal tersebut
jadi rutinitas saat menulis dan posting.
Another thing about scanning the opportunities?
NETWORKING!
Meski kita senang bekerja
sendiri, menulis sendiri saat sepi, menikmati me-time dengan menulis dan
posting, networking itu perlu dilakukan. Kita tidak bisa duduk manis, posting
dan berharap berjuta-juta orang akan datang ke blog kita, client akan langsung
antri dan sebagainya, we need to gain the
network.
How?
|
Sharing opinion and stories, networking in a fun way! |
Know and learn: Saya selalu senang mengenal blogger-blogger lain, kita selalu dapat
belajar dari sesama blogger, terinspirasi dan memacu kita untuk lebih baik.
Tidak selalu kita harus mengetahui konten mereka, kadang yang menginspirasi
adalah cerita hidup mereka dan konsistensi, saya percaya kesuksesan tidak
datang begitu saja tanpa kerja keras, those well known bloggers get what they
having now from hardwork, I’m learning so much from them. Di workshop
Skyscanner saya bertemu dengan berbagai blogger dan pegiat sosial media dari
berbagai negara, knowing them is also
building network!
What They Expect?: ketahui apa yang ada di pikiran client juga, meski blogger identik dengan
penulis, kita mesti jadi sales & marketing juga yang berhubungan dengan
client. Mengetahui apa ekspektasi client bukan berarti kita harus mentah-mentah
menerima brief dan melakukan persis apa yang diminta, justru dengan mengetahui
kita dapat bernegosiasi agar bisa mendapatkan win-win solution dengan artikel
yang menarik, bermanfaat bagi pembaca, sesuai dengan karakter kita namun juga
mengakomodir apa yang ingin disampaikan client, it’s not impossible if you try :)
Masih banyak pelajaran lain
yang saya dapatkan dari workshop #TribeSkyscanner ini, namun layaknya strategi
marketing, membuat market penasaran adalah salah satu cara meraih atensi, maka
informasi lainnya akan saya share di Blogger Tips berikutnya, keep posting folks!
@marischkaprue – creating content, consuming life experiences
PS:
Thanks to Skyscanner for
inviting me to this workshop
|
Ibis Bencoolen Singapore, simple, stylish and comfy |
|
The Handy Smartphone aka wifi router |
|
This is gold (yeay to wifi tethering!) |
Satu hal yang paling saya suka dari Ibis Hotel Bencoolen selain
letaknya yang strategis adalah adanya Handy Wifi yang disediakan di kamar,
smartphone ini bisa jadi router wifi yang bisa dibawa kemana-mana sehingga
tidak perlu beli kartu lokal ataupun roaming, Handy Wifi ini juga dapat
digunakan untuk beberapa device, I can write and uopload blogpost from my
gadget anywhere in Singapore, that’s what
bloggers need right?
***