Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

17 November 2012

, , , , , ,

Cooking Class di Sanur

Share



Jujur saya, saya tidak bisa masak. Paling maksimal masak nasi goreng, itupun rasanya hanya enak bagi diri sendiri hihi. Padahal, ayah saya jago masak lho, mulai dari sup, masakan yang cukup rumit, sampai kue dan roti ia kuasai cara memasak dan meraciknya.

Meskipun berada di level "hanya pede masak air dan masak mie instan," saya ini tipe penikmat makanan. Perut dan lidah ini cenderung tidak rewel untuk makan berbagai masakan dengan rasa yang berbeda, dan ini keuntungan saat jadi traveller, karena saat berkeliling seringkali kita tidak bisa memilih makanan dan mesti makan apa yang tersedia di lokasi.

Nah, awal bulan ini saya trip ke Sanur, Bali, dan disana saya ikut cooking class. Yap, cooking class atau kelas memasak. Hmm, jangan bayangkan cooking class yang rumit ya, bisa bisa chef pengajarnya stress sampai banting banting kompor kaya Gordon Ramsey kalau muridnya saya hihi.



Bahan bahan hasil belanja di pasar.
Tenang saja karena ada Executive chef dan asistennya yang siap membantu
 
Di kelas memasak ini saya "dibimbing" untuk membuat dua menu masakan yang citarasanya khas Bali: pepes ikan Bali dan sop ikan campur bumbu Bali. Meski 70 persen waktu saya hanya melihat chef Made Gunawan meracik, kadangkala saya bantu mengulek bumbu, catat - hanya mengulek, bukan meracik. Namun jadinya ada dua menu yang sumpah enak banget - mungkin karena campur tangan saya hanya sedikit hoho.

Lokasi cooking class persis di pinggir pantai
Sepertinya chef Gunawan mentertawakan "keahlian" memasak saya :)
Cooking class ini pasti lebih seru kalau rame rame, bisa saling ejek (bayangkan teman anda pake celemek dan topi chef) dan sibuk ngulek, belajar masak (kalau rame rame mungkin Chef Made Gunawan hanya akan mengarahkan, tidak mungkin meracik buat semua murid kan).

Beres cooking class kita dapat menu yang bisa dipraktekan di rumah, plus sertifikat untuk pamer "yes, do I look like Masterchef candidates?" ha!

Sumpah, ini saya yang masak!
Sertifikat lulus kelas memasak, SAH!
Jangan lupa pamer hasil masakan di social media *tweeting*
Satu hal yang menarik lagi, sebelum cooking class, peserta rame rame belanja bahan dulu di pasar tradisional di Sanur, buat turis bule mengunjungi pasar bisa jadi pengalaman yang sangat menyenangkan :)

Udah kaya kandidat Masterchef belum? :D
Kebanyakan foto disini foto narsis, maklum ga pernah pakai celemek dan topi chef, jadi rasanya cetar cetar membahana gitu haha.

@marischkaprue - penikmat makanan, belum jadi peracik dan pembuat makanan.

*photos by Fandi Ramadhi*

Wanna see videos during the process? watch here:



Notes:
  • Cooking Class yang saya ikuti di Griya Santrian, Jln D Tamblingan 47, Sanur, Bali. Untuk info jadwal dan biaya cooking class (karena ada paket paket yang berbeda harga) bisa hubungi mereka langsung ke 0361-288181 atau ke website www.santrian.com.
  • Rame rame pasti lebih seru kalau ikut cooking class, nanti bisa minta chefnya pilih "the best masterchef wannabe" hihi.
  • Udah beres langsung masakan bisa dinikmati di pinggir pantai, pepes ikannya enak banget lho, saya sampai habiskan satu porsi besar, yum!

2 comments:

ChoiR hUdA mengatakan...

Sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan.Apalagi tempat belajarnya di Sanur, tempat yang menyenagkan bagi mereka yang tidak menyukai keramaian. Congratulation Prue....Alangkah beruntungnya dia yang jadi suami dari seorang pemilik bibir seksi Marischka Prudence.

nengbiker mengatakan...

kayaknya gayanya uda pas buat jadi chef di tipi2 kuliner itu (^^)v