Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

16 Oktober 2014

, , , , ,

Guess What at Puerto Princesa Subterranean Underground River

Share



"Play with your imagination," ujar guide yang menemani kami di kapal kecil berkapasitas tujuh orang saat lampu senter memperlihatkan bentuk-bentuk stalagmit dan stalagtit yang ada di Puerto Princesa Subterranean Underground River.


"Ini kaya alien sis"
"Ini telur aliennya nih"
"Yang ini bapak aliennya lagi tidur"

Saya dan teman saya, Cicilia asik berimajinasi membayangkan bentuk-bentuk batuan yang muncul dari atas dan sisi dalam gua. Bagi kami bentuk-bentuk ini bagaikan sarang alien dengan telur-telur alien yang belum menetas. Mungkin kami memang terlalu banyak menonton film sci-fi.

"Ini seperti paha ayam," ujar guide kami saat kapal melewati salah satu sisi sebelum masuk ke area chamber besar di tengah. Saya memiringkan kepala sedikit, memang bentuk batuan itu seperti paha ayam KFC, untungnya kami belum lapar saat itu :)



Terletak sekitar 80 kilometer utara kota Puerto Princesa, Palawan, Filipina, Puerto Princesa Subterranean Underground River merupakan salah satu atraksi utama bagi turis yang datang ke Palawan. Berada di area Taman Nasional Puerto Princesa Subterranean River, sungai yang melewati gua ini merupakan salah satu situs geologis yang dilestarikan oleh UNESCO karena kekayaan jalur sungai yang melewati gua, serta deretan batuan kapur yang membentuk landscape di area ini.



Jalur masuk ke underground river tidak sulit. Dari pesisir pantai saya hanya perlu berjalan kaki di jalur yang telah dibuat rapi, tangga kayu dan jalanan yang menuju ke area semacam laguna di tengah hutan hujan tropis yang dipenuhi long tailed macaque, atau monyet yang "menyapa" sejak kami turun di pesisir pantai.



Dari laguna kami menaiki kapal kecil dengan dipandu guide lokal dan masuk ke kegelapan. Satu orang yang posisinya di depan akan menjadi lighting men or women, memegang dan mengarahkan senter ke berbagai area di dalam gua yang dipenuhi stalagtit dan stalagmit.

Dari jalur yang lebih sempit kami mengarah ke area besar seperti chamber dengan batuan membentuk bukit di sisi kanan, kemudian mengarah ke jalur kecil lagi sebelum berputar balik.

Bats sleeping area
Keseruan dari menyusuri underground river adalah bermain imajinasi. Batuan di dalam gua dapat menjadi apa saja, sesuai bagaimana liar imajinasi anda bermain. Jangan lupakan kelelawar yang sesekali terlihat terbang, atau tertidur nyenyak di langit-langit gua.

This place could be Batman's cave or Alien's nest, depend on your imagination

@marischkaprue - choose alien over Batman

NOTES:
  • Puerto Princesa Subterranean Underground River terletak di Sitio Sabang, Barangay Cabayugan, sekitar 80 kilometer di area utara kota Puerto Princesa.
  • Harga tiket untuk menikmati underground river tour: 900 PHP (Phillippines Peso) per person
  • Thanks to Philippines Department of Tourism, see more about Philippines on their website here
Me & Cicilia, we met a lot of "Aliens" inside the underground river ;)

1 comments:

Leo Pekanbaru mengatakan...

dua_duanye Cakep..
blog_nye Cakep, apalagi yg punya!!!
gak pengen kenalan hanya iseng doank, haalaaah...
wasallam.