Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

31 Oktober 2014

, , , , , , , , ,

Wonderful Trip, Indonesia Only: Misool

Share


Setiap kali bepergian saya tidak pernah berhenti bersyukur tinggal di Indonesia. At least saya tidak perlu paspor dan melintasi benua untuk menikmati pantai dan laut luar biasa milik Indonesia. Melihat Indonesia adalah hal yang membuat saya ketagihan, semuanya terjadi dengan sendirinya jika anda bepergian keliling Indonesia.

Lenmakana, Misool with its pristine beach
Biasanya saya memilih untuk mengunjungi tempat yang berbeda setiap kali trip, namun pada #IndonesiaOnly project yang merupakan kolaborasi dari Google+ dan Kementrian Pariwisata danEkonomi Kreatif (Saat project ini dicetuskan, masih dalam masa Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebelum berubah nama), saya memilih destinasi yang sudah saya kunjungi sebelumnya yaitu Misool.


Mengapa Misool? Ah ada terlalu banyak alasan mengunjungi surga di selatan Raja Ampat, Papua Barat ini. Saya menyebut Misool sebagai pecahan surga yang jatuh di bumi. Misool adalah area dengan berbagai spot yang akan membuat anda terbelalak dan terpesona kemudian berkata satu hal: Indonesia indah! dan saya tidak melebih-lebihkan, sama sekali! :)

Berikut alasan anda HARUS mengunjungi Misool setidaknya sekali sebelum mati. Yes! (saya mengambil quote ini dari teman saya, Moory)

Misool, The Land of Cone Stone

I called it Nature's Waterpark, the Balbulol, see the stunning aerial photos from Balbulol here
Ada batuan yang sangat menarik di Misool; batu berbentuk kerucut berukuran besar yang ada di beberapa lokasi, seperti Balbulol dan Dafalen. Batuan ini sebagian berbentuk kerucut sempurna dan cukup rapih, seakan-akan "seseorang" membuatnya, dan berada di beberapa lokasi, "muncul" dari laut di sela-sela pulau-pulau karang khas Raja Ampat.

How can you not say "OH MY GOD" when you see this?
Cone stone ini seakan ditata dengan apik, sebagian menyebut Christmas tree karena bentuknya. Apapun anda menamakannya, sangat menakjubkan melihat batuan (jika saya tidak dapat menyebutnya pulau) berukuran belasan hingga puluhan meter menjulang tinggi di antara laut dangkal berpasir putih. Misool bagaikan surga yang ditata apik oleh siapa lagi selain empunya dunia ini, The Mighty up there, apapun agama atau kepercayaan yang anda anut.

Piece Of Heaven Fell in Yapap

Yapap with its "floating" rocks is just beyond words
Saya menyebut lokasi ini sebagai pecahan surga yang jatuh ke bumi dan dapat kita nikmati hingga kini. Yapap adalah area dengan formasi bebatuan dan pulau-pulau yang sangat random bentuknya. Saat menyusuri Yapap lokasi terbaik di kapal adalah di atas, dengan pemandangan 360° dimana anda dapat melihat betapa bervariasi bentuk pulau dan batuan yang "muncul" di permukaan laut, spektakuler!

Dipping in is a must, staying dry here is a sin
Yapap juga punya kolam renang alami terbaik, satu area dengan air laut yang dangkal, satu hingga dua meter saja dengan pasir putih di bagian dasar yang membuat "kolam renang" ini berwarna turquoise, dengan beberapa koral sebagai pemanis area. Yapap's nature pool dikelilingi pulau-pulau karang sehingga cenderung lebih tenang. Jika datang di waktu yang tepat, Yapap's pool benar-benar tenang tanpa arus, anda dapat mengambang dan menikmati surga di dunia!

God is either very Happy or very much Crazy when He create Misool

Look at this view!
Saya pernah berkata:

"Entah Tuhan lagi happy banget atau lagi 'high' banget saat membuat Misool"

Misool bagaikan kreasi masterpiece, sulit untuk bercerita tentang Misool tanpa akhirnya mengeluarkan kata-kata bombastis dan puitis untuk menjelaskan sejuta keindahannya. Jika ini adalah karya seniman, maka Misool adalah karya terbaik, masterpiece, setidaknya dari semua seascape yang pernah saya kunjungi, Misool paling indah dilihat dari pemandangan di atas laut (sayangnya saya belum punya kesempatan untuk menyelam di Misool jadi untuk bawah laut saya belum punya hak untuk berkata mana yang terbaik untuk menyelam).

Sunset just across Harapan Jaya village
"floating" rocks in Yapap
View from Harfat point, this kind of scenery is everywhere
Mungkin sunset di Misool bukan sunset terbaik di Indonesia, namun pulau-pulau cantik dengan pasir putih dan air nan jernih, serta formasi pulau karang yang mempesona, Misool layak masuk jajaran 5 tempat terbaik di Indonesia.

Breath taking and Fun

Fun with the jellyfish, I edit the photo, the water is actually blue greenish, not dark black
Jika anda berpikir ubur-ubur tak menyengat hanya ada di Pulau Kakaban dan di Palau, maka anda harus mengubah daftar tersebut. Misool punya bahkan lima danau penuh ubur-ubur tak menyengat, namun hanya dua yang dapat diakses oleh turis hingga kini.


Meski belum ada tangga untuk membantu akses masuk ke danau ubur-ubur ini dimana saya dan teman-teman harus memanjat bebatuan karang untuk sampai di tepi danau, saat anda masuk semua terbayarkan. Berada di Danau Lenmakana yang penuh ubur-ubur tidak menyengat bagaikan berada di alam lain, dengan ubur-ubur yang lucu dan mengundang berbagai kesenangan saat dapat menyentuh makhluk yang biasanya menyengat ini.

The Best of Papua: Warm Welcome

Jangan melihat tangan yang kekar serta kulit yang legam, penduduk Misool ramah saat anda tersenyum dan menghargai mereka. Saya dan teman-teman yang tinggal di homestay pulau Harapan Jaya otomatis berinteraksi dengan warga karena selama lima hari kami tinggal di antara mereka.

Wawan, our favourite Misool mini warrior :)
Tawa anak-anak Misool yang renyah, senyum hangat saat ikut bermain bersama mereka, serta mata berkaca-kaca dari Wawan, anak kecil Misool saat "satu RT" mengantar kami ke dermaga di hari kepulangan.

I WILL BE BACK

Dua kali mengunjungi Misool terlalu banyak? tidak. Saya, dan teman-teman belajar banyak dari trip ini. 

Rizal's big smile

The girl with the cutest dimple
Kami belajar bahwa Indonesia terlalu indah dan terlalu sayang jika dikotori dengan kebiasaan menyampah tanpa perduli, kami belajar bahwa pertemanan dapat terjadi dalam waktu sangat singkat saat kebahagiaan dan tawa dibagi bersama, kami belajar bahwa meskipun tampak hidup jauh lebih sederhana dengan keterbatasan, kebahagiaan warga daerah mungkin justru lebih besar dari warga Ibukota.

You don't define happiness by what you don't have but by what you have. These kids have excellent view everyday
Photo taken by Lotus Andika, using my camera
"Kalau tidak ada uang untuk beli kelereng, kami pakai buah kecil ini," ujar Ami, anak perempuan Misool yang sangat pintar untuk anak seusianya.

Harry dan Anna, teman saya semangat membeli kelereng dan membagikan pada anak-anak Misool yang disambut kesenangan luar biasa dari anak-anak ini.


Kebahagiaan itu sederhana. Berbagi kebahagiaan itu mendatangkan kebahagiaan lebih besar bagi diri sendiri.


Misool tetap surga bagi saya, entah di spot-spot breath taking, ataupun di desa sederhana tempat kami menginap.

@marischkaprue - she fell in love with Misool and it keep going strong

 Photo by Ferry Rusli & me. Aerial photo & video by Ferry Rusli

Thank you Google+ and Indonesia.Travel for this project! Let's promote more of Indonesia!

NOTES:
  • Misool terletak di area Selatan Raja Ampat. Misool adalah salah satu pulau dari 4 pulau utama di Raja Ampat, area di Pulau Misool dan sekitarnya ini juga disebut Misool.
  • Misool located in the southern area of Raja Ampat. Misool is one of the 4 main islands in Raja Ampat. The area around Misool Island is also called Misool.
  • Untuk menuju ke Misool ambil penerbangan menuju Sorong. (Penerbangan Jakarta - Sorong biasanya via transit di Makassar, budget Rp. 4 juta PP). Dari Sorong dilanjutkan dengan speed boat selama 4-5 jam perjalanan.
  • To reach Misool, take a flight to Sorong (Flight from Jakarta to Sorong usually via Makassar. The usual ticket price for return ticket Jakarta - Sorong - Jakarta is around 350 USD). From Sorong you can continue with speed boat, around 4 to 5 hours boat trip.
  • Terdapat homestay Harfat Jaya di Pulau Harapan Jaya, Misool dengan budget sekitar Rp. 400.000,- hingga Rp. 500.000,- per orang per hari.
  • There is a homestay in Harapan Jaya Island, Misool. Harfat Jaya homestay cost about 34 USD to 43 USD per person per day.
  • Sewa kapal ke Misool sangat mahal sehingga untuk mendapatkan budget trip sekitar 6 juta selama 5 hari, anda harus share hingga 20 orang dalam satu kali trip. Lebih baik ikut penyedia trip seperti Wisata Raja Ampat yang menyediakan Misool Trip dengan budget di bawah Rp. 6 juta (exclude tiket pesawat). Contact Wisata Raja Ampat di +62852 960 43961 atau PIN BB di 2A495979. Trip biasanya diadakan 2-3 kali dalam setahun, antara di bulan Mei, Oktober dan Desember.
  • Renting a speedboat to Misool is highly expensive, to get a 509 USD budget for 5 days exploring Misool, you will need to share speedboat cost with around 20 person on one trip. I suggest you to join open trip such as Wisata Raja Ampat who provide Misool Trip with budget under 509 USD (exclude plane ticket). You can contact Wisata Raja Ampat through +62852 960 43961 or Blackberry PIN 2A495979. The trip usually takes time in May, October and December.
  • Penginapan yang tersedia hanya homestay, pilihan lain adalah Misool Eco Resort dengan rate Rp. 5,8 juta per orang per hari. 
  • The only accomodation available is homestay, for more comfortable choices you can stay at Misool Eco Resort with rate around 492 USD per person per day.
ABOUT MISOOL:
My visit to Misool is a collaboration with Google+ and Indonesia Travel
See more about Misool on my daily feed in G+


You can also WIN a FREE TRIP from Indonesia Travel, a 5D/4N free trip to West Sumatera, all in
See more details about the fun competition here

GIVEAWAY! (CLOSED)

Give any comments below and also write your twitter account, I'll send two T-shirt from Raja Ampat for two comments randomly selected :) 

CONGRATS to @adisn84 & @gembellganteng, I'll send you T-shirt from Raja Ampat, please check your twitter account :)

***


22 comments:

Dee An mengatakan...

Amazing! Misool bener-bener layak untuk masuk dalam daftar 5 tempat terkece, bukan cuma di Indonesia.. Tapi juga di dunia.
Semoga suatu hari nanti saya punya kesempatan untuk menikmatinya langsung dengan mata kepala saya sendiri... Aamiin..

Dee An | @dieend18 | www.adventurose.com

Karina Melias mengatakan...

AAAAAAA
So amaze me, kak, bujubuseeet, keren banget !
Inilah kenapa aku pengen banget keliling indonesia walaupun backpackera, tapi masih mahasiswa belum bisa menghasilkan penghasilan sendiri jadi masih dalam wishlist nih. Misool keren banget, ya iya lah, Raja Ampat !

Harus banyak melakukan doa dan berusaha buat keliling Indonesia. Hip Hip :)

Salam,
Karina Melias
@sailemanirak

angkisland mengatakan...

Missol menyimpan sejuta harapan dan pelita untuk berdoa di missoll great destination

Delon Lim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Delon Lim mengatakan...

Makin bulet tekad taon depan harus jalan dan nyelam di Misool. Thanks for sharing stories sis

@delonlim

Priska Mia mengatakan...

Well written! Bikin ngeces pengen!

@to_twit

arievrahman mengatakan...

Anjislah keren banget si Misool, dan gue belum pernah ke sana. Hahaha.

Semoga tahun depan bisa ke sana, dan termasuk diving juga :D

PS: Koh Ferry boleh pinjem drone-nya gak?


-@arievrahman

Lynn mengatakan...

OMG it's so breathtaking :'''D
suka banget sama foto-fotonya Koh Ferry yang pake drone, keren banget euy dan beda karena belom pernah liat itu sebelomnya :D

Cheers,
Lynn | @cathlinw

Ranie Sanada mengatakan...

WOOOOOOWW..!!
Speechless (*o*)

Ranie
@sanadaranie

bukanrastaman mengatakan...

bedoa dalam hati dan berusaha meyakini suatu saat pasti Tuhan membawa Saya kesini...


Sungguh ini luar biasa kak..


@bukan_rastaman

Tyo Rahmat Ar-Rasyid mengatakan...

Misool merupakan salah satu surga kecil yang berada di indonesia mungkin benar bahwa saat sedang menciptakan missol Tuhan sedang bahagia banget. lengkap sudah disana semuanya ada alam yang indah, laut yg bening, karang yg cantik dan keraifan lokal yang sungguh luar biasa menjadikan itu sempurna.
Doakan saya supaya bisa sampai disana hehe :)
salam @gembellganteng

Ika Andayanie mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ika Andayanie mengatakan...

Appreciated banget untuk program #IndonesiaOnly project yang diadakan oleh Google+ dan Kementrian Pariwisata danEkonomi Kreatif ini yang mengenalkan lebih banyak destinasi indah wisata Indonesia.

Cerita yang disharingkan Ka Prue sangat lengkap dan membuat tertarik untuk juga melihat langsung keindahan alam Misool dan beriteraksi dengan penduduk sekitar yang ramah-ramah.

@iandayanie

adinugraha mengatakan...

Huhuhuhuhu....salah banget pagi-pagi baca artikel ini, jadi kepengen masuk layar monitor biar bisa nyampe di Misool dengan segera.

Doain aku biar suatu hari bisa ke Misool juga ya kak Prue, doain juga biar bisa dapet T-shirt Raja Ampatnya hehehehhe

Adi Nugraha | @adisn84 | adinugraha84.blogspot.com

Indrawati h mengatakan...

Keren banget, bener-bener no 1 di dunia

Indrawati h mengatakan...

pengen someday bisa kesana if money doesn't matter... hmmm

Indrawati|@PrisciKaori|

aquarief mengatakan...

It's a Big WOW.
Ga ada kata yang bisa mendiskripsikan Surga Indonesia dan dunia ini.
I love it, you love it and everybody love it.

@aarievo / arievo.tumblr.com

febri andi mengatakan...

Amazing, can't believe that in Indonesia, with a such beautiful nature, I've add misool on my "must visit" list.
And thanks for the info mba' Prue, keep spread the beauty of Indonesia.

See you soon misool!!!
@Febrian_DC

Ismie Nurbarina mengatakan...

Raja ampat udah dari dulu jadi destinasi impian. Pastk kesana suatu saat nanti, bahkan harus.

Ngebaca blog post ini bikin makin gak sabar kesana. Misool, Yapap, amd other amazing place, wait me.

twitter: @iszzme

Anggi Widyasari mengatakan...

Foto-foto dan tulisannya keren banget Kak! Sangat menggambarkan keindahan Misool.
Really a paradise on earth! Dan hanya ada di Indonesia ;) Wajib banget masuk bucket list!
Semoga saya diberi kesempatan untuk bisa mengunjungi surga dunia ini segera.. Aamiin :)

@widyaanggi

sulis tianto mengatakan...

Keren foto fotonya jadi pingin ke sana
Twitter @tiantosurizu

Tony mengatakan...

betapa indahnya negara yang kita miliki ini, namun kadang kita tidak terlalu memperhatikannya