Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

6 Oktober 2014

, , , , , , , , , ,

Komodo Profesional

Share


Saya dan teman-teman berjalan melewati tanah dan rerumputan yang sebagian telah mengering. Kami mendekat ke arah sungai kecil dengan aliran air yang hanya sedikit saja. Kadal berukuran sangat besar sedang minum di tepi sungai. Saat kami datang "kadal raksasa" itu tidak lama langsung bergerak ke arah kami. Sontak, kami mundur, cemas jika binatang besar itu mendekat.


Suddenly it stop drinking
and came toward us
Next thing he (or she) did was posing :)
Namun beberapa langkah, reptil itu berhenti dan mendongakkan kepala. Ia berpose dengan anggun seakan tahu persis apa yang kami perlukan untuk kebutuhan foto. Bahkan kepalanya bergerak beberapa kali, dari kiri ke kanan ke arah kami semua yang mengelilingi membentuk setengah lingkaran, seakan tahu kami ingin mendapatkan foto kepalanya dari tampak depan.

Gotta keep cool when human take some pictures of me
Does this saliva makes me looks awesome?
"Komodo di sini profesional," ujar ranger yang menemani kami di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo di Flores, Nusa Tenggara Timur sambil tersenyum. Saya ikut tertawa, apalagi tidak lama si komodo mengeluarkan liurnya sambil tetap berpose.

The view from Rinca Island, with deadly komodos plus deadly gorgeous view also
"Nah, dia tau persis kebutuhan kita," ujar saya yang langsung asik mengambil foto komodo "profesional" itu dengan liurnya yang khas, liur dengan 58 spesies bakteri, termasuk bakteri ganas Pastuerella multocida yang mematikan. Konon, tikus yang disuntik dengan ludah komodo langsung mati seketika.

Dari liur penuh bakteri itulah komodo mendapat predikat predator mematikan, berbahaya karena satu gigitan komodo yang penuh bakteri tersebut dapat melumpuhkan mangsanya.

If those komodo have instagram, they will post this pic with hashtag #lunch
Another menu for Mr or Mrs Komodo
This ranger (and us) aren't on the menu
Namun tenang saja, komodo "profesional" ini tidak doyan manusia. Dia punya berbagai "menu" di Pulau Komodo, mulai dari rusa, babi hutan, hingga kerbau. Tapi tetap saja, perlu berhati-hati dan jaga jarak dengan komodo serta ikuti instruksi keselamatan dari para ranger.

"statue" of komodo's victims
Got enough good photo bro?
And yes you can visit this place wearing a mini dress, as long as you can run with it
Saya asik mengambil foto komodo yang berpose cukup lama. Setelah kami semua puas mengambil foto, mulai dari wide, close up, tampak depan, tampak samping, komodo mulut menutup, komodo mengeluarkan liur dan berbagai angle lainnya, reptil ini kemudia bergerak dan berjalan menjauhi kami. Mungkin ia pikir tugasnya sudah selesai. Dia memang komodo profesional :)

@marischkaprue - wondering if she can be as professional as the komodo in Komodo Island

NOTES:
  • Anda dapat melihat langsung komodo di habitat aslinya di Pulau Komodo dan Pulau Rinca di Taman Nasional Komodo, Flores, NTT
  • You can see komodo dragons on their natural habitat in Komodo Island and Rinca Island in Komodo National Park, East Nusa Tenggara.
  • Having this trip with Tukang Jalan, dengan budget Rp. 1,9 juta per orang (sailing dari Lombok menuju Labuan Bajo, sudah include makan 3x sehari). Untuk info trip serupa hubungi Tukang Jalan di +6281 806898303/ 081315890191 atau email di tuk4ng.jalan@gmail.com
  • Untuk menuju ke Labuan Bajo dari Jakarta melalui penerbangan transit di Bali. Harga tiket Jakarta - Bali sekitar Rp. 600 ribu (one way), sementara harga tiket Bali - Labuan Bajo sekitar Rp. 1 juta (one way). Total tiket Jakarta - Labuan Bajo PP sekitar Rp. 3,2 juta.
  • Jika ikut trip sailing dari Lombok menuju Labuan Bajo maka tiket yang diperlukan dari Jakarta ke Lombok (sekitar Rp. 700 ribu) dan Labuan Bajo - Jakarta sehingga total budget tiket sekitar Rp. 2,3 juta.
More about Komodo and RINCA ISLAND, see here  

RELATED STORIES FROM KOMODO NATIONAL PARK:
DIVING IN KOMODO: 

Don't just see the komodo dragons, you gotta trek up to the top of the hills to see stunning view
Visit Rinca Island with them, see how fun they are? :)

1 comments:

Maz Teguh mengatakan...

keren foto-fotonya