Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

3 Oktober 2014

, , , , ,

Let's Save The Pink Beach!

Share


"Koralnya sudah banyak yang hancur"

Saya cemberut melihat kondisi koral saat snorkeling di Pink Beach, Flores

a lot of broken corals, can you see that?

Masih ada sejumlah karang indah yang memberikan saya kesempatan untuk mendapatkan foto-foto menarik di bawah laut, namun sebagian karang terutama yang dekat dengan pantai sudah rusak sebagian besar.


"Dahulu karang di sini bagus sekali, bahkan kapal tidak boleh merapat ke darat," ujar teman saya yang beberapa tahun lalu mengunjungi Pink Beach dan cukup terkejut saat melihat kondisi koral di Pink Beach saat ini.

Pink sands on Pink Beach


Saya memperhatikan banyak kapal kecil yang menjadi "ojek" untuk turis pindah dari kapal besar ke pantai. Pink Beach sudah jadi objek wisata yang terkenal karena keunikan pasir di sini. Pasir dari karang merah bercampur dengan pasir putih sehingga berwarna pink saat terkena air laut yang menyapu pantai setiap ombak datang, sungguh pemandangan yang unik karena kita terbiasa dengan pasir putih, coklat dan hitam.



Pink Beach berbentuk cekungan, warna pink terlihat sejak kapal merapat mendekati pantai dan terlihat banyak wisatawan baik lokal maupun asing yang menikmati pantai ini.

"Ada yang malah berdiri di koral," ujar teman saya. Saya jadi ingat pernah memarahi orang yang tidak saya kenal karena ia berdiri di koral.

You probably won't see this anymore if you don't care
Bukannya sok-sok jadi aktivis namun koral perlu waktu sangat lama untuk tumbuh kembali, ada beberapa koral yang membutuhkan waktu tahunan untuk tumbuh satu sentimeter saja. Bayangkan betapa banyaknya koral yang patah karena dipegang, diinjak, ditabrak dan jika terus terjadi saya pikir tidak akan ada lagi koral cantik di Pink Beach. Sayang sekali jika Pink Beach hanya jadi pantai yang indah di atas permukaan saja.

Recipe to make a pink beach: red sands from red corals, white sands, mixed it

Tidak ada yang melarang snorkeling di Pink Beach, saya bahkan senang berbagi keseruan melihat bawah laut yang begitu indah. Namun ingat untuk ingat golden rule saat snorkeling atau menyelam: jangan menyentuh, jangan menginjak. 




Selalu lebih menyenangkan menikmati dengan mata, dengan kamera untuk jadi memori yang bisa anda bagi dengan teman-teman dan tentunya kita akan selalu ingin berkunjung ke tempat yang indah, bayangkan jika anda datang lagi dan kondisinya sudah berubah, tentu menyedihkan.

Please start caring :)

@marischkaprue - just some girl who loves to see the colorful coral reef


4 comments:

Anonim mengatakan...

sayang banget. karna gak jago renang, aku lebih suka ngapung ngandelin pelampung drpd harus nginjak karang.

About my journey mengatakan...

pantainya keceh yaaa....
sayang dibawahnya coralnya hancur gitu, ikut sedih bacanya apa lagi liat lsg :'(

Vika Felina mengatakan...

Kereennnn pink beach nya
Pengen kesana semoga taon dpn kesampaian :D

Uda Indra mengatakan...

Aduuuuh benar-benar menarik sekali, semakin pengen kesana tapi belum bias-bisa...
Ayo jaga kelestariannya, biar bisa dinikmati oleh yang lain...

Thankss for sharing..

Indra
http://udaindra.blogspot.com/