Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

22 Oktober 2015

, , , , , , , , , , , ,

Haji Mangku Cave and The Amazing View Inside it

Share


"Don't judge a book by its cover, don't judge a pond by its narrow appearance from outside"

What's hidden inside here might surprise you

Kunjungan ke Pulau Maratua ini bukan kali pertama saya menghampiri pulau indah yang berada di ujung Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur. Namun saya selalu percaya, setiap trip akan memberikan pengalaman yang berbeda dan bahkan kita dapat selalu menemukan hal yang baru meski di destinasi yang sama.

The beautiful Maratua Paradise Resort
Sembat cave in Maratua Island
Pulau Maratua terkenal dengan pasir putih yang membentang luas dan penginapan di atas air laut yang indah. Tapi eksplorasi Pulau Maratua tidak hanya di laut dan pantai saja. Pulau panjang yang "melengkung" membentuk huruf C dengan sudut tajam ini memiliki berbagai gua yang timbul dari pergerakan lempeng bumi yang membuat bagian laut terangkat sehingga kita juga dapat dengan mudah menemukan batu-batu karang keras sepanjang trekking di Pulau Maratua.

Salah satu gua terindah di Pulau Maratua bernama Gua Haji Mangku, simply karena yang menemukannya adalah Bapak Haji Mangku. Tidak sulit untuk sampai ke Gua Haji Mangku, dengan speed boat kami berhenti di bibir pantai dan melanjutkan berjalan kaki sekitar 10 menit saja.

Hari itu cuaca cukup mendung sehingga warna air terlihat hitam. Saya memperhatikan cerukan memanjang dengan air yang mengisi sehingga terlihat seperti kolam kecil. Dari atas, Gua Haji Mangku terlihat biasa saja namun saya sudah excited karena pernah melihat postingan teman saya, Wira Nurmansyah tentang gua ini di saat cuaca sedang sangat bagus.




Saya langsung terjun ke hamparan air di bawah yang terlihat sangat segar. Jika tidak ingin loncat, ada jalan lain dari sisi kanan melalui celah gua. Sebenarnya nama "gua" kurang cocok karena bagian atas terbuka dan hanya sedikit celah yang tertutup dan membentuk gua, namun jika kita free dive atau menyelam di sini, pemandangan di bawah benar-benar seperti di dalam gua, kiri dan kanan adalah dinding batu dan sejumlah batu besar juga memberikan pemandangan yang seru.




Free dive di Gua Haji Mangku serasa masuk ke dalam gua, namun tanpa resiko seperti benar-benar di dalam gua. Jika ingin lebih menikmati kedalaman "gua" ini kita juga bisa menyiapkan alat selam dan diving di Gua Haji Mangku. Kedalaman danau memanjang ini sekitar 20 meter, saya dapat melihat dengan jelas batang-batang pohon besar di dasar danau karena air di Gua Haji Mangku sangat jernih.


I even went here twice in a day :D
Di beberapa sisi terdapat celah di dalam air yang membentuk lorong ke sisi lain danau. Gua Haji Mangku memberikan sensasi seru seakan-akan menelisik underwater cave di Yucatan, Mexico, at least untuk pemula seperti saya ;)

@marischkaprue - underwater cave diving is one of her bucket list

NOTES

WHERE
Gua Haji Mangku
Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

HOW TO GET THERE
Cara termudah adalah dengan naik kapal ke pesisir pantai dekat gua (sekitar 15 menit naik speed boat dari Maratua Paradise Resort), berhenti di sisi pantai (terdapat tanda pohon yang diikat dengan kain putih sebagai penanda jalan masuk), kemudian jalan kaki sekitar 10 menit saja

TIPS
Bawa masker, snorkel dan fin supaya dapat menikmati sedikit sisi dalam Gua Haji Mangku ini

Terios 7 Wonders, the team explore Borneo with Daihatsu Terios to show you amazing nature, culture and places in Borneo. Derawan is the final spot of Terios 7 Wonders 2015: Borneo Wild Adventure


9 comments:

Unknown mengatakan...

Cakep ... suka banget ama tempat ini

Lina W. Sasmita mengatakan...

Ya ampuuun cakep banget sih tempatnya. Berharap dapat segera ke sana.

nasrudin ansori mengatakan...

haiii mba Prue,,, ini Anas di Banjarmasin..mudahan msh ingat..:D

btw, selalu kangen ama Maratua..kangen laut biru nya, semua nya....

keren artikel nya..

eh ada bang Cumie..

ady mengatakan...

keren banget kak prue

Cupit mengatakan...

keren banget,, jadi kepengen..

seventh news service mengatakan...

keren prue..pengen kesana deh

Reshie mengatakan...

wahhh,, mantep nih... rencanakan budget dulu

Astari mengatakan...

Tadi baru baca article mba yang menyelam bangkai kapal di SuperAdventure.co.id, keren.. langsung liat lagi yang disini, suka scuba diving juga ya.. ikutan donkk

Sodiq mengatakan...

Keren banget emg yaa ya mba goa haji mangku tuh, duh saya pengen banget bisa kesana